MENGGUGAT ATTITUDE PEJABAT PUBLIK KASUS MENTRI SUSI PUDJIASTUTI

228 views

Sebetulnya ini prilaku ya, nah nanti saya khawatir karena di Indonesia pejabat public tidak akan di lihat ya, mau kita jungkir balik di kamar sendiri, mau ngerokok artinya kita ga tau ya, orang mau minum khamar di dalam rumahnya sendiri tetapi kalau sudah di luar dia berkaitan dengan keadaan social yang ada.

dimasa umar bin khatabada orang yang meminum khamar tapi di dalam rumah itukan enggak ketauan kitakan tidak boleh mengitip apalagi masuk tanpa izin enggak boleh gitu, nah disitu sudah tanggungan dia sendiri nanti dengan Allah SWT.

Tapi kalau dia melakukanya di luar, nah itu yang menjadi persoalan entah dia melakukannya entah tidak sengaja maupun sengaja karena sudah di lakukanya terang-terangan.

Nah kasus yang kemarin itu mentri kelautan dan perikanankita bukan ghibah karena dia melakukanya dengan terang-terangan habis wawancara ngerokok, yap erempuan ngerokok juga nyantai aja begitu setelah selesai wawancara dengan wartawan . tertangkap kamera dan akhirnya menjadi bahan perbincangan di media social.

Selain kebiasaan buruk merokok dia juga punya tato di kakinya. Tatonya apa ya kita enggak tau di media massa di bahas kalau enggak gambar buruk merak ya, lobster.

Kalau menurut aktifis JILitu malah jadi di agung-angungkan diagkatlah ketimbang,Angelina sondak dan Ratu atut tapi nyindirnya ke islam. Terus ratu atutkan koruptor kemudian membandingkan dengan Susan dan Susi.

Tidak lagi memper hatikan akhlaq. Kalau dalam islam ya dua-duanya harus kemampuan ia akhlaqnya juga bagus atau setidaknya kalaupun kemampuan biasa tapi akhlaqnya harus luar biasa dan inilah yang kita bahas.

Menurut pandangan islam ataskasus ini? bagaimana menempatkan pembelajaran akhlaq kemampuan atau skil bagi pejabat public ?

Moderator: Qois dan Musa

Pertanyaan:

  1. Ikhsan : boleh ga kita demo terus minta supaya kedua mentri di gantikan oleh yang lain?
  2. Nissa: apakah sudah ada bukti kinerja susi ini baik?( pertanyaan yang tidak terjawab karena waktu yang tidak cukup)

Jawaban :

  1. Fatimah: bagaiman seharusnya sikap kita setelah tau kasus seperti ini ?

Abdullah kita harus menegur agar tidak seperti itu lagi agar tidak memberi contoh pada yang lain.

Fahmi kasus ini ya, jangan diremehkan harus di tanggapi. Tidak bisa di anggap sepele di tegurlah di apain prilaku seperti ini harus di cegah agar tidak menjadi contoh masyarakat.

Umar suatu kesempatan bahwa suatu kesempatan bahwa yang namanya sistim demokrasi ini rusak. Bahkan pejabat negaranya aja rusak. apalagi masyakatnya. Ditengah-tengah umar menjawab ustad oleh menyanggah” belum tentu ya”. Umar menjawab kembali rakyat yang dipimpin gitu ya kanbiasanyakan seorang pemimpin di ikuti oleh rakyatnya.

Umar menambahkan lagi sebagai contohnya seorang ibu jika ibunya melakukan kesalahan bisa jadi anak mengikuti bahwa naknya menganggap bahwa itu sebuah kebenaran gitu.nah jadi ini menjadi kesempatan buat kita menyadarkan masyarakat bahwa demokrasi itu rusak.bahwa demokrasi telah memilih pemimpi yang tidak pantas buat di contoh masyarakat.

Beberapa karakter pemimpin yang di perlukan punya akhlaq,punya keberanian, terus punya sopan santun. Han jadi dengan adanya kasus seperti ini kita jadi punya kesempatan buat menyadarkan masyarakat bahwa ini hasil dari demokrasi .

 

  1. Ira : Sejauh ini apakah pemerintah sdh menindak lanjuti kasus susi

ustad oleh belum ada klarifikasi dari pemerintah sampai saat ini. masih di cukekin oleh pemerintah tidak ditanggapi artinya ya di biarkan.

  1. Anam : kenapa puji astuti di pilih jadi mentri oleh jokowi?

ihsan mungkin puji astute itu bffnya jokowi mungkin juga karena kedudukannya besar.

Rizki di pilih walaupun tidak sampai lulus sma dia adalah termasuk perempuan yng gigih,ulet,dll..

Lensa indonesia.

Fathimah mungkin ya jokowi ingin membuktikan janjinya kalau dia enggak bagi-bagi kursi.

Ustad oleh politik prinsipnya tidak ada makan siang gratis. Kenapa dia diangkat mungkin ada jasanya setiap kampanye itu memang dia di suplai dananya dari susi keluarin aja uang yang penting gue dapet. Dan itu bagian dari bagi-bagi jatah. Saling menguntungkan diantara mereka

  1. Putri : bagaiman tanggapan masyarakat ketika melihat mentri kperikanan dan pelautan seorang perokok dan bertato?

 

cylpa banyak yang kontra mentri masa begajulan, ngerokok kaya gitu.

Hawari dari tanggapan masyarakat ada yang pro dan kontra. Sedangkan pihak yang pro

Karena alasan kinerjannya bagus.

  1. Umar : Bolehkah seorang wanita menjadi mentri?

kata ihsan ga boleh.

  1. Daffa : Apa solusi islam dalam kasus ini?

umar kan islamkan udah punya solusi. sudah memberi aturan sedangkan manusia membikin aturan sendri manusia harus mengikuti aturan islam . kama semuanya bakal sejaterah. Mentri itu diangkat punya karakter-karakter

  1. Rizki :Dalam islam apa saja syarat apa yang harus di penuhi untuk menjadi seorang mentri?
  2. Fadlan laki-laki .berahlaq.islam.berakal.baligh.harus tau jabatan dia tuh apa, harus cermat.

Salma amanah

Iksan memiliki jiwa kepemimpinan

Fadlan adzim bisa membedakan mana yang haq mana yang batil

Apakah prilaku mentri ini setelah di wawancara apa memang sudh prilakuku sehari”/meremahkan jabatan ini?

  1. ustad oleh ya harus di Tanya itu sama orangnya saya kurang tau apakah dia merehkan jabatan mentrinya. Tapi kalau kita lihat kebiasaan bahwa walaupun dia pindah tempatmungkin dia masih mersa menjadi bos di beberapa perusahaanya sehingga ketika wawan cara dia ngerasanya belum jadi mentri sehingga memang kebiasaan pasti akan kebawa.
  2. Usman : apa dampak negative dari perilaku mentri puji astuti?

 

maila dia bisa membuat perokok bertambah ya seperti yang di katakana oleh ustad Oleh tadi bisa terinspirasi. Banyak jadi panutan masyarakat dan dia bisa akan di contoh.atau menjadi pembenaran atas apa yang dilakukan.

Kesimpulan….

Tadi terkelitik oleh jawaban hawari, memang di kalangan muslimin belum muncul atau belum di pilih oleh orang-orang yang memiliki kempentingan seperti halnya presiden kasus jokowi tetapi memang sistemkapitalisme demokrasi ini enggak akan mungkin memilih orang yang bener.

Ya maksudnya yang beda dengan yang dia inginkan. Walau pun banyak pengusaha muslim ada yang rahmat model itu pengusaha muslim di industry perdagangan juga yang memiliki Panasonic dia orang jepang tapi masuk islam. Bnayk pengusaha yang sekarang ini cuman mungkin enggak terpilih jadi persoalan bukan tidak ada tetapi yang memilki kepentingan ya tidak akan membunuh dirinya sendiri dengan mengambil orang-orang yang akan mengalihkan dia.

Nah itulah dalam demokrasi sehingga memang ini kembali kepada persoalan siapa yang dominan terhadap kepentingan tersebut, islampun sama nanti didalam ke khilafahan tidak mungkinakan mempekerjakan mentri yangrusak atau yang akanmengancam pemerintahan islam sama dia juga tidak akan mempekerjakan orang-orang yang memiliki reputasi untuk menghancurkan bahkan sebetulnya dalam undang-undang ini juga bermasalah dia karena dia menikah dengan Negara jerman yang pemilik mas kapai ituh. Nah dia itu dalam undang-undang depatermen dalam negeri itu tidak boleh seorang pejabat public menikah dengan warga Negara asing karena ke rahasiaan negara.

Sehingga ketika dia meninggal kan dia warga Negara asing kan belum jadi WNI suaminya sehingga bisa jadi bocorkan rahasia Negara ke sana dan itu juga ada undang-undangnya yang dibuat dalam memilih tadi juga menjadi persoalan mungkin lolos juga dari pengamatan yang mencari tim jokowi.juga ada yang mengatakan dia poliandri suaminya tiga tapi itu masih gossip cuman kalauliat gelagatnya menikah dengan orang jerman,swedia,dan satu orang banyumas dan itu masih perlu di klarifikasi walaupu yang ngirim juga dari karyawan dia allahualam lah tapi kita tidak mempersalahkan tapi jika dia bener poliandri jelas itu salahdalam pandangan islam. Kemudian yang terpenting itu dari sisi etitutberarti akhlaq.

Tidak lagi ada lagi pelajaran nantinyakarena yang terpentingkan prestasi yang penting dia bisa kerja ga peduli akhlaqnya gimana kalau kaya gitu percuma ada pembelajaran tentang akhlaq kalau bahsa anak sekolahnya ada budi pekerti itu enggak usah lagi di pelajari yang pentingkan kerja prestasi selesaipersoalan akhlaq itu bukan urusan.

Mungkinini bakal jadi dekontruksi terhadap syari’at islam menghancurkan. Dalam islam tidak hanya mengandalkan pekerjadan kinerja  keahlian tetapi dalam islam yang terpenting itu akhlaqnya kalau mau dipilih dua-duanya lebih bagus, karena yang namanya keahlian bisa di pelajari dengan agak cepat dibandingkan dengan membina akhlaq susah harus dari masih belia.

Itulah kesimpulan akhir dari diskusi kita kali ini saya selaku notulen mengucapkan maaf yang sebar-besarnya jika ada tulisan-tulisan yang tidak lengkap/ ada kesalahan atau ada yang tidak terjawab pertanyaanya kurang dan lebihnya saya mohon maaf

Assalamu’aikum wr.wb

 

author
Chairunisa Bayu Parameswari | Santriwati Pesantren MEDIA, angkatan ke-2, kelas 3 SMA.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan