Kebun Raya yang Kutahu

307 views

Novia Handayani (Santri Pesantren Media)

Pada hari Jum’at (02/12/2011), para staf Pesantren Media berlibur ke sebuah tempat wisata di Bogor yang bernama Kebun Raya. Kalian tahu nggak, apa itu Kebun Raya?

Kebun Raya adalah salah satu tempat wisata yang sangat bersejarah di Indonesia. Banyak turis warga Indonesia dan turis asing datang kesana. Kebun raya mulai berdiri di jaman Belanda, yang memberikan sebuah usul untuk mendirikan Kebun Raya tersebut juga warga negara Belanda yang bernama Reindwart.

Salah satu daya tarik utama adalah Bunga Bangkai ( Amorphophalus titanium dari Lahat, Sumatra) yang mulai ditanam 19 Desember 1992.  Saat kami kesana, bunga tersebut sedang diteliti oleh LIPI ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ), saat sedang diteliti, kamipun memberanikan diri untuk bertanya seputar bunga Bangkai tersebut. Katanya, bunga tersebut memiliki tinggi 109 cm, tapi bunganya sudah mulai layu karena bunga tersebut sudah mekar beberapa hari yang lalu dan akan kembali tumbuh lagi seminggu kemudian. Dan kitapun harus berhati-hati bila ingin melihat bunga tersebut dari dekat, karena bunga tersebut ada di sebuah jurang yang licin.

Banyak juga tempat-tempat bersejarah yang ada disana, seperti Museum Zoologi Bogor yang berisi hewan-hewan yang telah diawetkan, seperti Paus Biru ( Contoh ikan Paus di jaman Nabi Yunus ), dan binatang-bintang langka lainnya. Lalu ada lagi nih, sebuah kuburan jaman Belanda yang ada di balik pohon-pohon, dan juga Istana Bogor yang termasuk tempat bersejarah di Indonesia, karena tempat itu adalah tempat berkumpulnya para pejabat dan orang-orang penting di seluruh dunia, dan satu lagi, tempat dilestarikannya tumbuh-tumbuhan dan bunga , seperti bunga Anggrek dan lain-lain.

di Jembatan Surya Lembayung

Di sana juga ada yang namanya jembatan merah, dan jembatan Surya Lembayung dari Indofood. Jembatan Surya Lembayung mulai pertama kali diresmikan 25 Mei 2001. Menurut pengunjung yang datang kesana juga, Kebun Raya Bogor adalah tempat yang sangat pas untuk berwisata, karena tempat tersebut sangat indah dan sejuk. Nah, karena keindahan itulah, banyak pengunjung yang foto-foto disana untuk dijadikan sebuah kenang-kenangan.

Selama kami disana, kami melihat danau yang terhampar di Kebun Raya, di dalam danau tersebut ada salah satu tanaman yang bisa membuat kami mati dalam waktu 5 detik yaitu tanaman Teratai yang ada di atas danau tersebut. Tapi meskipun begitu, kami tetap menganggap bahwa danau tersebut indah dan pas untuk tempat foto.

Di belakang danau tersebut juga, ada sebuah air mancur dan halaman indah di depannya. Biasanya tempat itu adalah objek bagi orang-orang untuk berolahraga lari ( jogging ). Tidak hanya itu saja, disekeliling jalanpun banyak sekali pohon-pohon besar yang berusia ratusan tahun, dan ada juga sebuah daun yang memilik ukuran yang sangat panjang yaitu daun pandan.

Ada juga kejadian-kejadian lucu yang kami rasakan disana, saat kami ingin foto bersama di sebuah jembatan, kami di beri aba-aba oleh Pemimpin Pesantren Media yang bernama Ir. Umar Abdullah untuk meloncat.

Saat kami selesai foto, kami bermain dan foto-foto bareng lagi di sebuah taman yang luas. Suasana taman semakin indah saat ada air mancur yang terletak di tengah taman.[]

kebun raya pesantren media reportase santri

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait