#19 Jejak Karya

213 views

Umur manusia rata-rata antara 60 sd 70 tahun. Ada yang sebelum itu meninggal dunia, ada yang lebih dari usia itu baru meninggal dunia. Maka, alangkah ruginya manusia jika selama itu tak bisa meninggalkan kebaikan, manfaat, dan amal shalih–baik bagi dirinya maupun sesamanya. Cukup bagi kita peringatan Allah Ta’ala dalam al-Quran surah al-‘Ashr. Intinya, manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali yang beriman, beramal shalih, dan saling menasihati dalam kebenaran.

Bagi para santri Pesantren Media, membuat karya ibarat menjejakkan tanda bahwa kalian pernah ada. Bukan saja sebagai penanda bahwa kalian pernah pernah jadi santri karena ada karya terukir di tulisan, desain grafis, film pendek, di buku, atau di berbagai piala usai memenangi lomba-lomba. Tidak sekadar itu. Diharapkan jejak karya para santri itu selama hidup mereka agar ketika ajal menjemput sedang berkarya. Berkarya dalam kapasitas sebagai seorang muslim. Ya, berkarya di sini dalam makna menghasilkan karya berupa amal shalih untuk mendukung dakwah dengan keterampilan beragam teknik media yang berhasil didapatkan saat belajar di Pesantren Media.

Benar. Kita berharap walau usia biologis kita singkat namun usia historis kita panjang hingga akhir dunia agar jejak amal shalih kita terus tercipta. Semoga karya tulis, desain grafis, fotografi, videografi, lagu-lagu ideologis, termasuk di dalamnya hafalan al-Quran dan tsaqafah Islam lainnya yang menyertai teknik media saat berdakwah, menjadi amal shalih yang bukan saja pahalanya bagi diri kita, tetapi manfaatnya bisa ambil oleh generasi setelah kita. Insya Allah.

Yuk, para santri Pesantren Media, buatlah jejak hidup yang lebih berarti dengan karya yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat. Meski tak semua keterampilan teknik media dikuasai ketika lulus, namun pastikan tetap berdakwah dengan kemampuan dasar yang sudah dimiliki. Tetap semangat untuk menambah kualitas diri dengan belajar dan terus belajar. Kita berkejaran dengan ajal. Semoga amal shalih terus kita semai hingga akhir hayat melalui jejak karya terbaik dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Salam,
@osolihin
Mudir Pesantren Media

Inspirasi percikan pesantren media santri

Penulis: 
author
O. Solihin adalah instruktur kelas Menulis Kreatif, Pengenalan Blog dan Website, serta Problem Anak Muda di Pesantren Media | Menulis beberapa buku remaja | Narasumber Program Voice of Islam | Blog pribadi: www.osolihin.net | Twitter: @osolihin

Posting Terkait