Reportase Yayasan Panti Asuhan Khairotuddaroin

409 views

Bulan Muharram, salah satu dari beberapa bulan suci kaum muslim. Sering kali disebut dengan “Lebaran Anak Yatim” di kalangan masyarakat Indonesia. Merupakan momentum yang tepat bagi mereka yang merasa “lebih” dalam urusan materi, membagikan sedikit dari rezeki yang dimiliki untuk menyantuni anak-anak yatim.

Sedikit berbeda dengan tahun lalu, Pesantren Media pada “Lebaran Anak Yatim” tahun ini ikut berpartisipasi dalam acara Santunan Anak Yatim, bekerja sama dengan Rohis SMK Pelita di sebuah Yayasan Yatim Piatu Khairotuddaroin. Sebuah yayasan yang baru didirikan tahun 2011 pada bulan Agustus. Letaknya di Jl. Cibanteng nomor 16 RT 1/3, Ciampea. Biasanya para santri hanya dimintai sumbangan seikhlasnya berupa uang/barang layak pakai, yang nantinya akan dijualkan dan uang hasil penjualan diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Santri perwakilan dari Pesantren Media berjumlah 9 orang. Terdiri dari 6 orang ikhwan (Hawari, Shalahuddin Umar, Rizki Yannur Tanjung, Fadlan Turi, dan Difa Raihan Habibi) dan 4 orang akhwat (Siti Muhaira, Noviani Gendaga, Zahrotun Nisa, dan Cylpa Nur N.F.). Serta didampingi Ustadz Farid Ab. Tak ketinggalan Teh Junnie Nisfiyanti, koordinator acara. Ada juga Taqiyuddin, anak dari pendiri Pesantren Media, Alm. Ustadz Umar Abdullah.

Para santri diminta untuk mengisi acara hiburan dengan 2 buah lagu “asli” Pesantren Media dan 2 buah puisi. Pembacaan puisi dibacakan oleh Noviani Gendaga dan Zahrotun Nissa (penulis). Dua lagu yang dibawakan yaitu “Tribute to Rasulullah” dan “Andai Saja Beriman”. Alat music yang dimainkan ada 2 gitar, 2 pianika, dan satu perkusi. Juga 2 vokalis yaitu Hawari dan Umar.

Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 1 jam lamanya. Dimulai berangkat dari pesantren jam 10, kami mencari-cari tempat acara diadakan. Karena ketidaktahuan diantara kami semua, kami sempat kerepotan mencari lokasi. Alhamdulillah, ada utusan dari anak Rohis SMK Pelita menunjukkan tempatnya.

Acara dimulai dari perkenalan panitia, pembacaan susunan acara, pelantunan ayat suci Al-Quran, beberapa sambutan, tausiyah, hiburan, dan acara inti yaitu pembagian santunan pada anak yatim yang datang. Acara berakhir sekitar pukul 5 sore.[]

[BONUS FOTO]

PA4    PA3

PA2  PA5

 

[Zahrotun Nissa santriwati angkatan ke-3 jenjang SMA, Pesantren Media | @zaninoshukyieYS]

Lebaran Anak Yatim Panti Asuhan pesantren media reportase Yayasan Panti Asuhan Khairotuddaroin zahrotun nissa

Penulis: 
author
Zahrotun Nissa, santriwati angkatan ke-3 jenjan SMA, kelas 2 | Asal Tegal, Jawa Tengah

Posting Terkait

  1. author
    Hawari4 tahun agoBalas

    Acaranya seru!

Tinggalkan pesan