64 total views,  1 views today

Guys, berbicara masalah orangtua. Tentu kalian sangat menyayangi merekakan. Mereka tidak pernah berputus asa untuk memberikan kebahagiaan kepada kita. Meskipun bagi mereka itu adalah suatu hal yang sulit.

Apalagi bagi kita yang jaraknya jauh dari orangtua. Rindu, khawatir, takut dan lain sebagainya selalu berkecamuk tak menentu dalam hati kita. Kadang tanpa kita sadari, orangtua kitapun sama halnya seperti kita. Hanya saja, mereka tidak bisa berbuat apa-apa kecuali berdoa untuk kita dan menjadikan handhone sebagai alat untuk mengutarakan rasa rindunya.

Tapi sekarang coba  kita renungkan. Handphone. Sekarang ini, handphone makin canggih guys. Ada  Android, Blackberry dan handphone keren lainnya yang menyediakan fitur gila-gilaan. Sampai-sampaI kita lupa untuk memberikan kabar ke orangtua kita yang menghkhawatirkan kita di rumah.

Bahkan, kadang kita suka tidak acuh terhadap mereka. Disaat mereka benar-benar mengkhawatirkan kita dan rindu kepada kita, kita malah seenaknya tidak mengangkat telpon dari mereka. Membalas sms pun enggan. Alhasil, kita telah menyiksa mereka dengan perasaan rindu yang tidak terbalas. Hanya doa yang bisa mereka utarakan untuk melepaskan rasa rindu mereka. Ya Allah, nggak kebayang banget guys, betapa sedihnya hati mereka diperlakukan seperti itu.

Maka dari itu guys, jika kita benar-benar menyayangi mereka, cobalah luangkan waktu kita untuk dekat dengan mereka. Entah itu lewat sms atau telpon, yang pasti rasa khawatir dan rindu mereka bisa terbalas.

Ingat guys, surga itu berada di telapak kaki ibu. Ibu adalah sekolah pertama bagi kita. Ibu adalah sesosok wanita yang berjuang dengan keras melahirkan, merawat, menjaga dan selalu ada untuk kita, disaat kita tengah sakit, marah, sedih dan senang. Begitupun ayah. Tanpa adanya ayah, kita tidak mungkin bisa berada di dunia ini. Ayah juga berperan penting loh guys dalam keluarga. Ayah berusaha banting-tulang menafkahi kita dan memberikan apa yang kita mau.

Ayah juga tidak pernah menunjukkan rasa lelahnya kepada kita. Wajah ayah selalu ceria ketika kita menyambut ayah di depan pintu. Mencium dan memeluk adalah hal yang biasa dilakukan ayah kepada kita, untuk melepaskan rasa lelah yang saat itu tengah ia rasakan.

PERINTAH UNTUK BERBUAT BAIK KEPADA ORANGTUA

Guys, perlu kita perhatikan. Ternyata, Islam pun memerintahkan kepada kita untuk berbuat baik kepada orangtua. Islam melarang setiap anak untuk berkata “Ah”, karena itu adalah salah satu perkataan kasar, yang membuat hati mereka terluka.

Berikut Dalilnya:

23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia[850].

Jadi, pesan yang ingin saya sampaikan sekarang adalah berbuat baiklah kepada orangtua. Jangan sekali-kali kamu lebih mementingkan dirimu sendiri dan acuh kepada kedua orangtuamu yang sangat mengkhawatirkan dan merindukanmu. Yang lebih penting nih, berkatalah yang baik kepada mereka. Karena sekali berkata “Ah” saja, itu sudah membuat hati orang tua kita terluka. Sedangkan islam melarang hal itu.

(Novia Handayani, Santri Angk.1 Pesantren Media (3 SMA))

 

 

By novia

Novia Handayani, santriwati angkatan ke-1, jenjang SMA | Alumni tahun 2014, asal Cimanggis, Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *