Bahan Pangan; Cabai

138 views

Berbagai macam bahan pangan produk lokal di Indonesia banyak yang bisa kita jumpai. Dari beras, ikan, daging, sayur, buah hingga rempah-rempah. Indonesia kaya akan bahan pangan, karena memiliki tanah dan lahan yang bisa ditanami berbagai tumbuhan dan pengembangbiakan hewan. Musim di Indonesia sangat mendukung kesejahteraan pangan untuk memenuhi kebutuhan penduduknya. Namun, kenapa masyarakat masih saja mengeluhkan tentang kelangkaan dan harga yang kini melambung tinggi? Contohnya seperti cabai.

Meurut saya, itu dikarenakan pemerintah masih mengimpor bahan pangan termasuk cabai. Kenapa cabai harus diimpor? Di Indonesia bisa menghasilkan cabai yang berkualitas. Dengan banyaknya lahan untuk penanaman, maka semakin banyak juga pendapatan masyarakat kalangan bawah untuk penjualan, para pedangang bersaing dengan harga murah dan para konsumen atau pembeli mudah mendapatkan kebutuhannya dengan baik.

Mahalnya harga cabai di wilayah Jabodetabek lebih tinggi dibanding daerah lain. Kini harganya berkisar 150-160 ribu rupiah. Alasan pemerintah dibalik tingginya harga cabai karena cuaca yang terus menerus turun hujan, tidak mendukung untuk mendapatkan cabai yang melimpah, katanya. Tapi apa itu alasan yang patut kita acukan?

Pengambilan gambar menggunakan kamera Canon EOS 1100D & Lensa EFS 18-55mm ISO 600. Dengan subjek  pengambilan Close Up atau jarak dekat.

[Amilah Shalihah A, Santriwati Kelas II SMA]

Cabai foto jurnalistik fotografi jurnalistik Pangan Tomat

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan