Akhirnya, Pulang Juga

459 views

Sabtu, 4 Agustus  2012

Hari ini aku pulang ke Banjarmasin.

“Putri……… ayo sahur…..” Teh Ikha membangunkan aku.

“Iya,” aku pun terbangun.

Aku pun segera mengambil baju putihku dan kerudung biru keabu-abuan, baju dalaman dan alat mandi. Aku pun segera ke kamar mandi. Setelah mandi aku memakai lagi jaket coklatku dan memakai kaus kakiku. Setelah itu aku makan sahur. Tetapi aku tidak bisa makan sahur. Kenapa? Aku juga tidak tau apa penyebabnya. Aku cuma  makan kurma saja kalo tidak salah aku cuma makan 3 biji kurma. Setelah itu aku di perintahkan teh Ikha untuk segera ke mesjid. Sesudah sholat aku pun pulang kerumah, aku menyiap-nyiapkan barang. Umi Lathifah pun datang. Beliau adalah istrinya Ustadz Umar Abdullah di Pesantren Media ini.

“Putri sudah beres semuanya?” Umi bertanya kepadaku.

“Iya “ jawab aku

“Ya sudah umi ke kamar sebelah dulu ya?”

“Iya”

Umi pun ke kamar sebelah. Aku pun ikut. Aku liat bawa barangan Siti  banyak lebih dari 3 lah. Terus  aku kembali ke kamar .

“ Yang hari ini pulang ke depan segera” kata salah satu temanku.

Aku pun segera ke depan  untuk mengambil kartu pengenal Pesantren Media. Di depan kami bercanda-canda berfoto-fotoan. Pokoknya asyik banget.

ooOoo

Jam  menunjukan pukul 06.00 WIB, Ustadz  Umar  memerintahkan kami untuk membawa barang masing-masing. Aku mengangkat koperku ke luar.

“Putri, coba mana bawaannya?”

Aku pun membawa bawaanku ke hadapan Ustadz Umar.

“Ini” aku menunjukan barang bawaanku.

“ Ok. Ini koper besar ditaruh di bagasi pesawat ya?” ustadaz Umar memerintahkan untuk koper besar ditaruh di bagasi.

“Iya”

Semuanya pun diperiksa. Aku pulang bersama teh Dini yang pulang ke Banda Aceh, teh Via (Noviani Gendaga) yang pulang ke Samarinda, Teh Maila (Nurmaila Sari) dan Wigati yang pulang ke Riau. Dan, yang sama seperti aku pulang ke BJM (Banjarmasin) ada Siti dan Kak Abdi. Setelah selesai Ustadz Umar menjelaskan rute perjalan kami. Kami pun berangkat. Aku bersalam-salaman kepada teman-teman dan teh-teh. Setelah selesai kami segera berangkat. Waktu di perjalanan sekitar 2 jaman lah. Aku juga nggak ingat soalnya di perjalanan aku tertidur, jadi aku kurang tahu.

Aku terbangun di dekat Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta. Setelah sampai di bandara kami bersalaman kepada Ustadz Umar. Sesudah itu Kak Abdi dan Teh Via melakukan check in. Kami menaruh tas di bagasi pesawat. Tas yang aku bawa beratnya 15 kg, Siti 11 kg, dan Kak Abdi aku tidak tahu, kayaknya sih 14 kg.

Tak lama, kami masuk ruang tunggu. Namun pesawat yang akan menerbangkan kami ke Banjarmasin ditunda sampai jam 14.20.  Aku pergi dari pesantren sekitar jam 7 an sedangkan sampainya jam 9 berapa jam itu aku nunggu? Lama kan? Ya Allah beteeeee banget. Nggak kuat sampai-sampai aku pengen batal puasa tapi nggak dibolehin sama mamaku. Aku mintanya sampai nangis-nangis.

ooOoo

Akhirnya, jam menunjukan jam 14.10. Waktunya berangkat. Aku dan kawan-kawan memasuki pesawat. Aku di pesawat tidur juga tapi bukan aku aja sih. Tapi Siti juga tidur, Kak Abdi juga tidur. Aku punya rahasia loooh. Jangan kasih tahu ya. Kak Abdi kan dengerin musik di pesawat. Pesawatnya sebentar lagi tinggal landas. Nah beberapa menit aku melihat-lihat. Nah terus aku mau tidur. Ya Allah musik Kak Abdi keras banget. Nggak bisa tidur. Aku sudah dengar bunyi pesawat, eh tambah suara musik lagi. Tapi lama-lama sih aku masih bisa tidur. Eh, jangan bilang sama Kak Abdi ya. Nanti dia kesinggung lagi. Hehehe…

Setelah mengangkasa di atas ketinggian 32 ribu kaki,  akhirnya sampai juga di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin. Alhamdulilah, seneng banget hati aku. Wow kota tersayangku. Apalagi sama abang bolo-bolo hehehe. Aku pun mengambil tas di bagasi. Tapi bukan aku yang ambil, melainkan Mbak Nurul. Setelah itu aku bertemu sama keluargaku. Hatiku senang banget. Gimana gitu yah. Sampai di rumah eh buka puasa deh. Enak makannya terasa enak makan bersama keluaraga.

ooOoo

Minggu,5 Agustus 2012

Hari ini aku ke kubur neneku bersama adik-adiku dan papahku. Naik mobil sih. Kubur neneku ternyata nggak berubah. Tapi aku senang sudah bisa lihat kubur nenekku dan datukku meskipun aku tidak bisa melihat mukanya tidak apa-apalah. Itu pun aku bersyukur. Setelah itu aku ke rumah omku dari kakekku. Banyaklah. Oya, waktu itu aku pulang tarawih aku pengen bikin mie keriting. Aku cari kemana-mana sama adikku, papah dan mama. Tapi nggak dapat-dapet juga ya udah nggak apa-apa lah!

ooOoo

Senin, 6  Agustus 2012

Hari ini aku pergi naik mobil mengantar papahku ke kantor karena mamaku ingin memakai mobilnya untuk pergi ke pasar. Kan hari ini ada BukBer sama tema-temanku di rumahku. Aku mengantar papahku terus menjemput mama Andut, terus baru ke pasar. Beli-beli. Setelah Ashar teman-temanku datang tapi yang duluan sih akhwat, nah baru ikhwan. Ya Allah aku kangen banget sama temen-temenku tapi mereka semua berbeda rata-rata semuanya pernah pacaran. Heh kenapa? Yah, bingung. Ya sudah aku lebih dekat sama Kak Fuah Kak Aida dan Mbak Nurul. Alhamdulilah acaranya berjalan dengan lancar. Setelah  acara itu selesai aku pun bercanda ria dengan keluarga besarku. Hehehe pengen aku terulang lagi.

ooOoo

Selasa, 7  Agustus 2012

Hari ini aku cuma ngerjain tugas  menulis dan bermain-main bersama adikku.

ooOoo

Rabu, 8  Agustus 2012

Hari ini aku pusing. Tugas tahfidz baru 1 ayat. Waduh masih banyak yang belum. Dan, hari ini aku juga lagi sebel sama yaya. Iih nyebelin tahu. Tapi hari ini tadi aku diajak mamaku ke pasar Ahad. Mamaku membelikan aku baju baru hehe. Aku senang banget tapi hari ini makan terasa tidak enak karena papahku buka puasa dengan teman-teman kantornya di Hotel Mercure. Iiiiih enak banget siiih. Sabar yahhhhhhh. Aku nenangin diri. Hehehe..

ooOoo

Kamis, 9 Agustus 2012

Hari ini mamaku pergi kerumah kakekku (almarhum), tapi sih ada kakak mamaku yang tinggal di situ. Padahal itu diwariskan sama mamaku dan kakak mamaku yang sering kupanggil mama ina tapi dia tidak mempunyai rumah. Jadi mamaku santai ajah. Oya, kakaknya mamaku juga anak, namanya Kak Rizki. Nah, aku paling dekat ama dia.

Di hari ini aku dapat kabar. Katanya sih keluargaku dari Marabahan ada yang sakitnya. Nggak tauh sakit apa. Terus ditanya sama orang alim katanya wasyi nggak dibersihin. Tapi nggak tahu juga sih. Katanya wasyi tu seperti pisau tapi aku juga nggak tahu. Jangan dipikirin ah…

Mamaku pulang dari rumah itu. Terus cerita, katanya sih ada penyakit kista  di gusi. Tapi aku juga nggak tahu. Mudah-mudahan ajah lekas sembuh yah. Amin. Mamaku pulang bawa roti, susu abang, dan es krim eh tapi es krimnya keduluan abang. Jadinya diembat abang deh hehe. Kesel deh aku.

ooOoo

Jumat, 10  Agustus 2012

Hari ini sebenarnya aku mau ke Gramedia Veteran. Tapi nggak jadi. Mamaku kecapean. Mau tidur katanya sih. Habis sahur aku muraja’ah. Subuh hari aku main-main sama abang dan yaya. Main sepeda sih. Setelah papah ku berangkat ke kantor aku pun nonton film sama yaya. Sesudah nonton film aku tidur deh sampai ba’da Jumat aja sih. Setelah itu baru aku mengerjakan tugas menulis. Tapi aku nggak bisa ngirim tulisan ke Ustadz Oleh Solihin, guru menulisku di Pesantren Media. Papahku belum ngisiin pulsa modemnya. Tadinya mau ngebeliin, tapi katanya nggak ingat. Cape… deh…

ooOoo

Sabtu, 11 Agustus 2012

Hari ini aku buka puasa di tempat omku. Om Hadi.  Di Jalan Bali, bukan di Bali lho. Hehehe.  Aku naik Karimun Estilo ke sana bersama mama, papah, abang, dan yaya.  Sampai di sana aku diperintahkan memotong semangka. Jadi laper nih. Setelah  memotong semangka aku keluar ketemu sama Acil Syipa, Acil Rina dan Acil Dina. Terus Kak Aldi datang, abahnya dan Paman Roni. Aku pun duduk di samping Acil Syipa. Emm… aku masukkin es buah ke gelas sama Acil Syipa. Aku minta banyakin nata decoco biar enak. Waktu berbuka pun terdengar. Aku pun segera makan. Ya Allah pedes banget. Wah, rasanya ingin mencret.

Sampai di rumah emang beneran mencret. Aku bolak-balik ke toilet. Aduh. Aku diperintahkan sama mama buat tidur. Aku pun langsung tidur.

ooOoo

Minggu, 12  Agustus 2012

Hari ini aku di rumah aja sama mama Ina. Papah, mama, abang, yaya pergi ke pasar. Aku di rumah saja tapi pagi-pagi aku jalan-jalan ke depan  kompelek saja pakai kendaraan Vario hehehe. Lama juga sudah tak menaiki kendaraan ini. Dan di rumah aku banyak hal yang aku lakukan.

ooOoo

Senin,13 Agustus 2012

Hari ini aku membantu papah ku membersihkan mobil. Aku, papah, yaya, abang bagi tugas. Papah ngelap-ngelap, aku nyapu-nyapu sama yaya. Nah si abang tugas becek-becek hehehe.  Eh, aku tetap mencret terus. Duh sakit perut jadinya. Aaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh sakit. Cape juga bolak balik ke toilet. Ah, cobaan. [Saknah Reza Putri, santriwati Pesantren Media Kelas 1 SMP]

Catatan: tulisan ini sebagai tugas menulis diary di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

catatan diary menulis

Penulis: 
author

Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait

  1. author

    allamdulilahhirabil alamin, ya allah hamba bersyhukur atas kebesaran allah swt atas apa yg di berikan semua semuanya kepada keluarga kami.
    ya allah bila di izin kan sekali lagi hamba meminta berikan berkah, rahmat dan hidayah kepada saudara2 saya yg telah membibing dan menjaga anak saya.
    harapan saya semoga anak yg di amanah kan kepada saya menjadi anak yg berguna untuk agama, muslimin muslimat, bangsa dan kelurganya amain yarrabal alamin.

Tinggalkan pesan