#4 Ekspresi Diri

688 views

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ekspresi didefinisikan sebagai berikut: eks.pre.si /èksprèsi/ n pengungkapan atau proses menyatakan (memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dan sebagainya). Bisa juga diartikan sebagai pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang.

Nah, ekspresi yang akan dibahas singkat dalam tulisan ini terkait dengan pengungkapan atau proses menyatakan atau memperlihatkan maksud, gagasan, perasaan, pemikiran, dan pendapat. Maka, ekspresi diri seorang muslim seharusnya mengungkapkan gagasan terkait banyak hal yang islami atau setidaknya berbau islami sebagai bentuk memposisikan diri sebagai seorang muslim dan keberpihakannya pada Islam.

Bagi para santri di Pesantren Media, ekspresi diri mereka semestinya terkait erat dengan posisinya sebagai kader dai di bidang media. Sangat khas. Berarti ketika berkarya atau sekadar update status di media sosial, semestinya tetap melek peristiwa dan menilainya dengan sudut pandang Islam sebagai solusinya. Bukan malah terjerembab menjadi bagian dari pusaran informasi dan opini yang tidak islami. Idealnya, menjadi agen pengubah yang handal tersebab secara tsaqafah Islam yang sudah dipelajari dan teknik media yang dimiliki keterampilannya menjadi modal yang cukup untuk melibas opini sesat melalui media dan menyebarkan opini Islam (juga melalui media).

Ekspresi diri seseorang bisa terlihat jelas dari apa yang disampaikan berupa pikiran, perasaan, hasil karya atau sekadar ungkapan ringan di media sosial. Meski mengaku dirinya muslim tetapi malah keberpihakannya justru kepada selain Islam dan doyan nyinyir kepada kaum muslimin, berarti sudah jelas dia ada di posisi melawan Islam dan kaum muslimin. Ekspresi dirinya sangat mudah dilihat dari apa yang disampaikannya ke publik. Itu artinya kita bisa menilai.

Semoga para santri Pesantren Media bisa mengekspresikan diri mereka dalam karya terbaik dan bermanfaat untuk kemaslahatan ummat. Jika belum bisa, minimal tidak mengekspresikan keburukan dalam berkarya. Belajar lagi dan jika sudah siap, total berkarya untuk syiar Islam dan kemuliaan kaum muslimin. Semangat!

Salam,
@osolihin
Mudir Pesantren Media

ekspresi diri Inspirasi percikan santri

Penulis: 
author
O. Solihin adalah instruktur kelas Menulis Kreatif, Pengenalan Blog dan Website, serta Problem Anak Muda di Pesantren Media | Menulis beberapa buku remaja | Narasumber Program Voice of Islam | Blog pribadi: www.osolihin.net | Twitter: @osolihin

Posting Terkait