Waktunya Berlibur

313 views

Assalamu’alaikum.. Posting ini seharusnya sudah diupload 10 Juni yang lalu. Tapi karena saat itu sedang ada masalah di webnya, kemudian seminggu kemudian penulis pergi untuk i’tikaf di masjid, akhirnya baru bisa diupload sekarang.

Liburan akhir semester sudah dimulai. Wah.. senangnya.. Waktunya beristirahat untuk menghadapi kelas berikutnya di semester depan. Tapi jangan dikira bahwa libur sekolah artinya libur berkarya juga. Tentu saja tidak. Ada beberapa hal yang haru tetap dilakukan baik ketika sekolah maupun ketika liburan. Apa saja itu?

  1. Tadarus Qur’an

Minimal harus selalu mengulang hafalan. Karena apa? Jangan sampai kita menjadi orang yang di dalam kesehariannya tidak ada Al-Qur’an. Kalau di sekolah mungkin ada waktu khusus untuk menghafal. Tetapi ketika di rumah, jangan sampai sama sekali tidak membuka Al-Qur’an.

  1. Membantu Orangtua

Nah, ketika bertemu orangtua, maka bantulah mereka. Karena ketika sekolah nanti, khususnya yang asrama, maka akan sulit untuk berbakti kepada orangtua. Ketika sempat ada waktunya bersama orangtua, maka gunakanlah untuk berbuat baik kepada mereka.

  1. Tetap Menuntut Ilmu

Walau pun sudah waktunya liburan, kehidupan ini masih berlangsung. Dan yang namanya menuntut ilmu itu adalah setiap saat. Di mana pun dan kapan pun. Bisa belajar apa pun. Karena semakin banyak seseorang menuntut ilmu, maka ia akan semakin menyadari bahwa ilmu yang ia miliki itu sedikit dibanding ilmu Allah.

Dan masih banyak lagi hal-hal yang tidak boleh ditinggalkan ketika liburan. Bahkan kegiatan-kegiatan ini seharusnya semakin ditingkatkan ketika waktu liburan.

[Fathimah NJL, Kelas 2 SMA, Pesantren Media]

Penulis: 
author
Santriwati Pesantren Media, angkatan ke-5 jenjang SMA. Sudah terdampar di dunia santri selama hampir 6 tahun. Moto : "Bahagia itu Kita yang Rasa" | Twitter: @FathimahNJL | Facebook: Fathimah Njl | Instagram: fathimahnjl

Posting Terkait