Photo of The Week: Tak Lagi di Pinggir Jalan

616 views

Judul: Tak Lagi di Pinggir Jalan
Lokasi Pemotretan: Jl. Guntur Melati, Garut, Jawa Barat
Tanggal Pengambilan: 19 Februari 2012

Pukul: 11:59 WIB

angkot

Sekapur Sirih

Dulu, biasanya orang segan untuk berbuat salah atau melanggar peraturan. Kini, rasa-rasanya nilai-nilai itu sudah mulai bergeser dan luntur. Tak ada lagi perasaan malu apalagi takut berbuat salah atau melanggar peraturan.

Termasuk dalam hal menaik turunkan penumpang seperti yang ada dalam foto di atas. Sopir angkot tenang saja berhenti di tengah jalan dan menaikkan penumpangnya. Tak ada lagi rasa bersalah dan malu telah mengganggu pengemudi lain di belakangnya. Atau tak ada lagi kekhawatiran apakah perbuatannya itu bisa mencelakakan orang lain.

Semua ini terjadi akibat prinsip hidup ‘masa bodoh’. Masa bodoh dengan peraturan-peraturan. Masa bodoh dengan kepentingan orang lain. Atau mungkin, masa bodoh dengan Tuhan.

Ah, seandainya seluruh manusia di dunia ini merasa diawasi oleh Allah, maka mungkin polisi lalu lintas tak perlu lagi mencetak surat tilang. Termasuk dalam kasus-kasus lain, mungkin tidak diperlukan lagi penjara, hakim, jaksa, algojo, dan lain sebagainya.

[Farid Ab, santri jenjang SMA, Pesantren Media]

angkot kesadaran lalu lintas

Penulis: 
author
Farid Abdurrahman, santri angkatan ke-1 jenjang SMA (2011) | Blog pribadi: http://faridmedia.blogspot.com | Alumni Pesantren MEDIA, asal Sumenep, Jawa Timur

Posting Terkait