Internet dalam Kehidupanku

449 views

Assalamu `alaikum, teman-teman. Namaku Fathimah. Kali ini, aku mendapatkan tugas dari Ustadz Oleh Solihin untuk membuat artikel dengan tema, “Aku dan Internet”.

Mengenai Internet, Insya Allah aku sudah mengenal nama itu sejak kecil. Karena, Umi dan Abiku bekerja dengan memanfaatkan sarana internet. Namun, aku baru menggunakan internet ketika aku memasuki jenjang kelas 3 SD. Tapi baru sedikit-sedikit. Aku mulai bermain-main dengan internet ketika umurku memasuki 10 tahun.

Ketika itu, aku kelas 4 SD. Di sekolahku, pada semester genap, kelas 4 dan 5 ada ekstrakulikuler pilihan. Ada kepanduan, saintis, bela diri, dan jurnalistik. Atas kemampuan dan dukungan Umi dan Abi, akhirnya, aku mengikuti ekstrakulikuler jurnalistik.

Di jurnalistik ini, kami membuat mading sekolah. Di mading sekolah, banyak sekali rubrik-rubrik. Kebetulan, aku sering kebagian bagian rubrik Fokus Kita.

Rubrik Fokus Kita diisi artikel-artikel terkini pada bulan ini. Misalnya, bulan Februari topiknya tentang Valentine’s Day, Maret tentang Musik, dan lain sebagainya.

Otomatis dengan begitu, aku harus mengetahui apa-apa tentang topik aktual tersebut. Aku bisa mengetahui dari berbagai hal. Yang paling sering adalah membaca. Dari buku, koran, dan internet.

Sekarang, aku belajar di Pesantren Media. Aku menyebut diriku orang media. Yang harus terus mengetahui berita-berita dunia. Otomatis, aku harus bermain-main dengan internet.

Dalam dunia internet, aku menyukai banyak hal. Aku menyukai web ensiklopedia wikipedia. Aku senang membaca ensiklopedia-ensiklopedia yang belum aku ketahui.

Aku juga menyukai akun wordpress. Karena dengan wordpress, aku bisa berbagi tulisa-tulisan dengan orang-orang seluruh dunia.

Tapi, aku juga menyukai akun-akun jejaring sosial. Misalnya, twitter, youtube, google+, dll.

Dalam sebuah blog, dijelaskan dampak positif dari internet,

  1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
  2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
  3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
  4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
  5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
  6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Adapun dampak negatifnya,

  1. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
  2. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
  3. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
  4. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

(diambil dari pengalaman dan beberapa sumber. ex: kumpulanilmu2.blogspot.com)

[Fathimah NJL, santriwati angkatan ke-2 jenjang SMP, Pesantren Media]

Catatan: tulisan ini sebagai tugas menulis feature di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

fatimah kehidupanku malas

Penulis: 
author
Ahmad Khoirul Anam, santri angkatan ke-2, jenjang SMA di Pesantren Media | Blog pribadi: http://anamshare.wordpress.com | Twitter: @anam_tujuh

Posting Terkait