242 total views,  1 views today

Foto Bersama Santri Ikhwan dan Santri Akhwat[dropcap style=”white-dropcap steel” rounded=”dropcap-cycle”]M[/dropcap]ulai hari ini, Sabtu, 7 Juni 2014 hingga Ahad, 15 Juni 2014 santri Pesantren MEDIA jenjang SMP dan SMA melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS). Ujian ini dimaksudkan untuk mengukur kemampuan para santri di semua mata pelajaran yang sudah dipelajari selama semester genap, sekaligus sebagai pertimbangan di jenjang berikuttnya, apakah santri yang bersangkutan akan mengulang pelajaran atau melanjutkan pelajaran yang sama di level yang lebih tinggi.

Ujian di Pesantren MEDIA berbeda dengan di sekolah pada umumnya, baik waktu pelaksanaan maupun materi pelajaran. Di Pesantren MEDIA, semua pelajaran bersifat praktis. Ini berbeda dengan sekolah umum (bukan kejuruan) yang porsi teorinya lebih banyak. Mata Pelajaran disesuaikan dengan target untuk membentuk dai bidang media. Itu sebabnya, di Pesantren MEDIA dipelajari teknik menulis (baik teori maupun praktek) yang tentu saja berbeda dengan di sekolah yang kegiatan tersebut disatukan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Di Pesantren MEDIA diberikan porsi khusus. Bahkan untuk menulis di tingkat lanjutan akan diarahkan untuk menulis skenario dan jurnalistik serta script untuk siaran di radio maupun televisi. Selain itu, ada pelajaran fotografi, desain grafis, editing audio dan video, broadcast, pemrograman radio, clothing, olah vokal dan musik, public speaking, dan sejenisnya. 

[infobox style=”alert-success”]Selain pelajaran teknik media, santri Pesantren MEDIA tentunya diwajibkan belajar khas di Pesantren, yakni bahasa Arab, fikih, akidah, akhlak, tahfidz qur’an, tarikh, sirah, nafsiyah, tata pergaulan dan sejenisnya.[/infobox]

Kepada para santri Pesantren MEDIA, selamat menempuh Ujian Akhir Semester dan semoga ilmunya barokah dan menyebar bagi kemaslahatan kaum muslimin. Nah, bagi para pengunjung setia website Pesantren MEDIA dan Blog Santri Pesantren MEDIA, mohon maaf jika selama UAS tak ada posting baru hasil karya santri karena sedang fokus untuk ujian akhir semester.

Salam,
O. Solihin
Kepala SMP dan SMA Pesantren MEDIA

By osolihin

O. Solihin adalah Guru Mapel Menulis Dasar, Pengenalan Blog dan Website, Penulisan Skenario, serta Problem Anak Muda di Pesantren Media | Menulis beberapa buku remaja | Narasumber Program Voice of Islam | Blog pribadi: www.osolihin.net | Twitter: @osolihin | Instagram: @osolihin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *