135 total views,  1 views today

images (1)

Kamu pernah merasa malas? Jawabannya tentu saja pernah. Setiap orang pasti pernah merasa malas. Malas dalam bidang apapun. Malas berlajar, malas bangun pagi, malas makan, dan lain sebagainya.

Pengertian Malas dalam suatu blog adalah, malas artinya suatu perasaan di mana seseorang akan enggan melakukan sesuatu karena dalam pikirannya sudah memiliki penilaian negatif atau tidak adanya keinginan untuk melakukan hal tersebut.

Maksudnya, orang yang malas akan enggan melakukan apa pun yang ia tidak suka. Ia akan beralasan apapun agar ia tidak melakukan hal itu. Akibatnya, ia tidak akan melakukan apapun.

Apa yang akan terjadi jika malas? Yang paling penting, ia akan menjadi orang yang bodoh. Karena malas belajar. Kita juga akan tertular penyakit karena malas bersih-bersih. Kita juga akan menjadi orang lemah karena malas olah raga dan bangun pagi. Dan masih banyak lagi.

Malas adalah salah satu kebiasaan yang menular. Misalnya, kalau ada teman kita yang belum bangun tidur. Pasti ada aja yang udah bangun jadi ikutan tidur lagi. Atau, kalau ada teman yang mengantuk atau menguap saat pelajaran. Sering kali, teman sebelahnya ikutan menguap.

Malas termasuk salah satu kebiasaan yang sulit diubah. Orang yang malas, akan sulit mengubah dirinya agar menjadi tidak malas. Misalnya, ia malas bangun pagi. Maka, ia akan sulit untuk mengubah kebiasaannya yang malas bangun pagi. Tapi walau begitu, jika ada usaha, kebiasaan malas ini juga akan hilang, kok.

Untuk menghindari rasa malas, kita harus mengetahui hal-hal yang menyebabkan kita malas. Orang malas, karena berbagai hal. Dalam sebuah blog, ia menulis,

1. Dia menyimpan kepercayaan bahwa ia tidak mampu melakukan pekerjaan yang harus ia lakukan dengan baik. Ia percaya dirinya bodoh jadi berusaha seperti apa pun, tidak akan mengubah apa-apa.

2. Dia menghindari kenyataan bahwa hidup ini memang keras.

3. Dia tidak bahagia melakukan pekerjaan itu.

4. Dia percaya bahwa melakukan pekerjaan itu adalah sia-sia.

5. Dia terjebak dalam kesenangan semu/sesaat.

6. Dia sedang terjebak dalam kesedihan yang mendalam.

7. Dia tidak punya / kehilangan harapan.

Untuk penutup, saya akan memberikan tips agar kita tidak terjangkit kebiasaan malas.

1.       Menyadari pentingnya waktu

2.       Bergaul dengan teman yang baik

3.       Membaca kisah-kisah semangat para salaf

4.       Istiqomah mengerjakan amal shalih

5.       Isi dengan kegiatan bermanfaat

(diambil dari beberapa sumber)

[Fathimah NJL, santriwati angkatan ke-2 jenjang SMP, Pesantren Media]

Catatan: tulisan ini sebagai tugas menulis feature di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

By anam

Ahmad Khoirul Anam, santri angkatan ke-2, jenjang SMA di Pesantren Media | Blog pribadi: http://anamshare.wordpress.com | Twitter: @anam_tujuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *