Loading

Photografi portrait adalah jenis fotografi yang banyak dilakukan oleh para pemula. Fokus dari fotografi ini adalah wajah seseorang. Ini tidak berarti fotografer cukup memotret bagian wajah yang bersangkutan saja lalu selesai, tetapi fotografi portrait berusaha menangkap sisi artistik dari karakter wajah seseorang yang disertai dengan kemunculan rasa pada foto yang diambil. Sehingga, foto yang direkam tampak hidup dan bercerita seperti halnya sebuah karya sastra. 

Pengambilan melalui camera 60D Lens 14mm ultra wide di studio Jogjakarta



1. Headroom

Headroom merupakan ruang yang tersedia antara bagian tepian frame dan bagian atas kepala subyeknya. Usahakan agar ruang kosong di atas kepala tidak terlalu banyak sehingga diperoleh jarak yang pas dan jepretan yang menarik. Jika perlu, Anda bisa potong bagian atas kepala agar tampak full di frame dengan cara di crop sedikit. Cara lain ialah, coba bergerak mendekat ke arah subyek, lalu zoom in, dan isi space tersebut dengan wajah dengan orientasi landscape maupun portrait. 



Kamera 60D lens fix 50mm 1/8 di studio jogjakarta

2. Fokus pada Mata Subyek

Bagian sentral wajah seseorang adalah mata. Mata mampu bercerita bagaimana suasana hati seseorang. Fokus pada sorot mata baik itu dengan cara mata memandang ke arah lensa maupun ke arah yang lain entah ke kiri maupun ke kanan. Cobalah teknik foto full frame jika ingin fokus pada bagian mata obyek. Ikuti rule of third dengan posisi mata berada pada sepertiga bagian frame. 

kamera Sony alplah 58x lens fix 50mm ditambah lighthing merah

3. Ekspresi Candid

Nggak gampang ya foto candid. Obyek seolah-olah tidak sadar bahwa dirinya sedang di foto. Foto candid dengan kualitas yang bagus memiliki kriteria alami, spontan, dan tidak di buat-buat. Hasil akhir dari foto tersebut adalah subyek berekspresi selepas mungkin, apa adanya dan menjadi dirinya sendiri. Caranya? Yuk, temukan momen dimana subyek berekspresi senatural mungkin. 

kamera sony alpha 58x lens fix 50mm

4. Cahaya yang Bagus

Pencahayaan yang terang dan jelas belum tentu menghasilkan hasil pemotretan yang bagus. Fotografi portrait dengan hasil yang bagus sumber pencahayaannya berasal dari cahaya murni seperti matahari. Beberapa teknik pencahayaan yang digunakan adalah high key lighting (kontras cahaya yang terang), low key lighting(kontras cahaya yang redup), split lighting (menonjolkan pencahayaan dari satu sisi) dan butterfly lighting (menonjolkan sisi kecantikan obyek). 


kamera sony alpha 58x lens fix 50mm

kamera sony alpha 58x lens fix 50mm . Ditambah tempat sampah ke arah objek untuk menghasilkan bayangan

kamera sony alpha 58x lens fix 50mm . Ditambah tempat sampah ke arah objek untuk menghasilkan bayangan

Pengertian portrait photography memang tidak lepas manusia sebagai obyek yang di foto. Untuk hasil maksimal, tips di atas akan sangat membantu.

By Muhammad Qais

M Qais Abdul Qowiy, santri angkatan ke-2 jenjang SMP dan angkatan ke-6 jenjang SMA | Asal Bogor, Jawa Barat | Facebook : Muhammad Qais | Instagram : @mhmmdqais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *