487 total views,  1 views today

Untitled-1.psd

Hampir semua manusia di bumi ini, pasti sudah mengenal internet. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai lansia dan anak yang masih berumur 2 atau 3 tahunpun sudah mengenalnya.

Semua hal yang diciptakan oleh manusia, pasti memiliki pengaruh negatif dan pengaruh positivnya. Contohnya ya internet. Berikut ini akan dijelaskan apa sifat negativ dan positiv dalam penggunaan internet.

Pengaruh Positif Penggunaan Internet

  1. Bisa menghubungkan dengan kerabat yang jauh. Sekarang ini sudah banyak jejaring sosial yang bisa menghubungkan kita dengan kerabat kita yang rumahnya jauh dari rumah kita. Dan biasanya, supaya bisa menghubunginya untuk sekarang bisa menggunakan jejaring sosial dan itu juga jika kita atau kerabat kita mempunyai salah satu jejaring sosial. Contohnya, Facebook, Twitter, Yahoo! Messenger, Gmail dan masih banyak lagi.
  2. Bertambahnya ilmu pengetahuan. Melalui internet, orang-orang bisa mendapatkan lebih banyak mendapatkan pengetahuan. Misalnya, ada tugas dari sekolah yang belum kita ketahui, tinggal dicari aja di mesin pencarian yaitu, Google. Di sana kita akan mendapatkan banyak sekali apa yang kita cari.
  3. Informasi yang cepat. Untuk mendapatkan informasi, kita harus membuka situs-situs berita. Contohnya, Kompas.com, antaranews.com, yahoo.com dan situs berita lainnya. Misalnya, seperti berita tentang jatuhnya meteor di Russia beberapa minggu yang lalu. Dengan sangat cepat, berita itu bisa menyebar hingga keseluruh dunia, termasuk Indonesia.
  4. Sebagai hiburan. Misalnya, kita bosan dengan aktivitas sehari-hari yang kita miliki. Kemudian kita ingin menghiburnya dengan bermain game online. Itu gampang saja. Kita tinggal mencari game yang ingin kita mainkan di situs-situs yang banyak game onlinenya.

 

Pengaruh Negatif Penggunaan Internet

  1. Terbuangnya waktu dengan percuma. Jika kita terus-terusan bermain game online atau chattingan dengan kerabat kita, tentu saja akan membuang waktu dengan hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.
  2. Terjadinya prostitusi online. Contoh yang paling dikenal oleh masyarakat dunia adalah prostitusi online. Salah satu contohnya ada di Indonesia lebih tepatnya di kawasan Bogor. Dan anehnya salah satu germonya adalah seorang mahasiswa dari IPB (Institut Pertanian Bogor) yang menyewakan para gadis yang masih berumur belasan tahun.
  3. Bisa mengurangi kesehatan. Biasanya, jika kita sudah ketagihan bermain game online dan online di jejaring sosial kita akan lupa dengan waktu yang kita miliki. Contoh kecilnya tentang makan. Misalnya, sejak bangun tidur kita sudah bermain game online atu online di jejaring sosial, ketika disuruh makan oleh orangtua kita, biasanya kita akan bilang ‘iya mah sebentar lagi’ dan itu hanya alasan aja supaya kita bisa melanjutkan main game dan online lagi. Terus kita begitu aja dari pagi sampe malem dan belum ada makanan sedikitpun yang masuk ke mulut kita. Otomatis, kita pasti akan terkena penyakit maag.

Cara Menggunakan Internet dengan Baik

  1. Bermain game dan chattingan dengan kerabat bisa dilakukan disaat waktu yang benar-benar kosong atau untuk sekedar melepas penat aja.
  2. Sebelum internetan, sebaiknya makan dulu atau sambil makan cemilan supaya perut tidak kosong dan tidak mudah terkena penyakit maag.
  3. Harus menggunakannya untuk hal-hal yang penting saja dan dianjurkan bisa memberikan pesan-pesan yang mempunyai nilai-nilai keagamaan.

Itulah kira-kira yang bisa saya tuliskan mengenai internet. Walaupun hanya sedikit, semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

[Cylpa Nur Fitriani, santri angkatan ke-1 jenjang SMP, Pesantren Media]

Catatan: tulisan ini sebagai tugas menulis feature di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

By anam

Ahmad Khoirul Anam, santri angkatan ke-2, jenjang SMA di Pesantren Media | Blog pribadi: http://anamshare.wordpress.com | Twitter: @anam_tujuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *