96 total views,  1 views today

Bangun pagi, hmm, masih banyak ya yang susah bangun pagi (termasuk saya, h3h3). Kenapa sih kita itu susah bangun pagi? Karena kitanya kurang tidur atau karena kita malas? Jawabannya bisa jadi kedua-duanya.

Yang pertama. Disaat kita kurang tidur, tubuh kita yang bekerja selama seharian penuh menginginkan istirahat, dan waktu yang dibutuhkan tubuh untuk istirahat pasti lebih panjang, ini bisa jadi salah satu penyebab kenapa kita susah bangun.

Didalam Islam, pola istirahat seperti ini tidak dibolehkan. Karena Allah SWT sudah menciptakan malam untuk istirahat dan siang untuk berkerja. Contohnya di QS. Al-Mu’minun : 61 yang artinya; “Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang…”

Yang kedua. Kalau kita malas untuk bangun pagi, bukan mungkin lagi bahwa kita sudah diganggu oleh Setan. Seringnya, setan-setan itu membisikkan ke telinga kita untuk menunda-nunda bangun kita.

Faktor yang lain bisa juga disebabkan karena kita belum merasa bahwa bangun pagi adalah sesuatu yang special. Contohnya, jika kita ingin naik pesawat, kita memaksa diri kita untuk bersiap-siap lebih awal bahkan dua jam sebelumnya, karena kita menganggapnya penting.

Nah, kalau kita juga menganggap bahwa bangun pagi juga adalah sesuatu yang penting, maka kita akan menyegerakannya. Dalam bangun pagi itu sendiri juga banyak keistimewaannya, seperti: Shalat Tahajjud, Shalat Qobla Shubuh dan lain-lain.

Jadi, mulailah dari sekarang, kita menjaga dan merawat tubuh kita lebih baik lagi, juga menganggap bangun pagi sebagai sesuatu yang istimewa.

Sekian, Terima kasih~ [Taqiyuddin Abdurrahman Leboe, kelas 9]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *