359 total views,  1 views today

Manusia, adalah makhluk ciptaan Allah yang diciptakan dengan sebaik-baiknya. Dan sekarang, sudah ada sekitar 6 milliar manusia hidup di bumi ini. Dan Allah telah memberikan banyak sekali hal untuk dipelajari oleh manusia. Salah satunya adalah semut. Semut memang hanya hewan yang kecil. Tapi jangan melihat dari segi postur tubuh si kecil ini, tapi kita sebagai manusia yang harus banyak belajar ini harus melihat dari sisi positifnya. Agar kita mendapatkan pelajaran yang berharga disetiap apa yang kita lihat, dengan, rasakan di bumi ini. Berikut adalah beberapa sifat semut yang patut untuk kita pelajari dan kita praktekkan di keseharian kita.

1. Peduli

Peduli dan peka terhadap segala hal yang terjadi dalam lingkungannya serta selalu memelihara rasa cinta kasih kepada sesama.

2. Positif dan antusias

Selalu antusias dalam berpikir dan bertindak demi mencapai tujuan berusaha. Namun segala pemikiran dan tindakan tersebut bersifat positif demi menjaga kelangsungan usaha.

3. Inisiatif
Memiliki inisiatif dalam menjalankan usaha berdasarkan motivasi yang kuat untuk maju dan mencapai tujuan tanpa menunggu komando, dan tanpa menyimpang dari kebijakan perusahaan atau negara.

4. Rendah hati
Berusaha selalu optimis dalam setiap langkah, namun tidak sombong dan selalu menghargai serta menghormati orang yang lain.

5. Kreatif dan inofatif
Selalu kreatif dalam berusaha dengan melakukan berbagai inovasi agar dapat memenangkan persaingan dan menjadi Leader dalam lingkungannya.

6. Disiplin dan bertanggung jawab
Memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap kelangsungan hidup kegiatan usaha. Untuk itu, diperlukan disiplin yang tinggi dalam menjalankan semua peraturan/ketentuan demi mencapai tujuan.

7. Kerjasama
Mampu menjalin kerjasama untuk menggalang kemitraan dengan semua kalangan dalam menjalankan tugas agar sukses mencapai tujuan.

8. Produktif
Bekerja secara profesional, tekun, dan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal.

9. Komitmen dan tabah
Memiliki komitmen yang tinggi terhadap semua keputusan/peraturan dan kesepakatan yang telah ditetapkan serta bertanggung jawab melaksanakannya tanpa tawar-menawar.

10. Komunikatif
Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan menguasai tekniknya secara baik, sehingga mampu menyampaikan segala informasi yang diperlukan tanpa menimbulkan kesalah-pahaman.

Mungkin inilah beberapa pelajaran tentang semut. Tulisan ini hanyalah sebagian kecil dari banyak hal lain tentang semut. Bila teman-teman ingin mempelajari lebih lengkap tentang semut, teman-teman bisa mempelajarinya di dalam Al-Qur’an, Surat An-Naml. Terima kasih sudah membaca postingan ini. Semoga Apa yang kita baca dapat menjadi pelajaran yang berharga dalam hidup kita. Aamiin.

[Rizky Yannur Tanjung, santri jenjang SMA, Pesantren Media]

By Farid Ab

Farid Abdurrahman, santri angkatan ke-1 jenjang SMA (2011) | Blog pribadi: http://faridmedia.blogspot.com | Alumni Pesantren MEDIA, asal Sumenep, Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.