247 total views,  1 views today

Jum’at,17 Agustus 2012

Hari ini adalah hari kemerdekaan Indonesia yang ke 67. Horee !!

Agustusan euy !! tapi nggak rame kaya tahun-tahun lalu. Mungkin karena barengan sama bulan puasa kali ya. Emang bener sih. Biasanya kalo Agustusan, di sekitar rumah suka ada lomba-lomba gitu. Ya,kaya lomba balap karung,makan kerupuk,bawa kelereng dll. Aku inget dulu pernah ikut lomba makan kerupuk cuma nggak menang,hehe. Habis ketinggian sih.

Kalo Agustusan yang sekarang nggak ada lomba-lomba kaya gitu lagi.

Lagipula siapa juga yang mau ikut lomba,orang lagi puasa. Hehe. Biasanya di pinggir-pinggir  jalan suka banyak bendera merah putih. Tapi kalo sekarang mah  jarang malah di deket rumah aku nggak ada.

Aku inget temen aku pernah bilang gini,sekarang itu bukan merah putih tapi merah hijau,haha. Tau nggak artinya? Merah itu ya warna bendera negara kita. Sebenernya sih ada warna putih juga. Terus kalo yang hijau itu warna ketupat. Jadi hari kemerdekaan Indonesia itu barengan sama puasa. Kaya sekarang ini. Benerkan ?

 

Sabtu,18 Agustus 2012

Yeah ! hari ini adalah hari terakhir puasa dan besok udah lebaran. Asyiik !

wah,di rumahku lagi sibuk-sibuknya nih nyiapin buat besok. Hari ini aku bantu mama masak.  Bikin ketupat,sate sama ayam bakar buat buka puasa. Tiap buka puasa terakhir kelurgaku emang suka masak itu. Malah udah jadi menu wajib,hehe. Hari ini keluarga kakakku juga dateng, jadi kami buka bersama. Wah,seru banget ! aku seneng.

Selain seru malam ini juga rame banget. Malam ini kan malam takbiran. Semua orang bertakbir menyebut asma Allah sambil mukul bedug. Allahu Akbar ! Allahu Akbar ! Allahu Akbar ! Laa ilaahaillaahu Allahu Akbar ! dada aku bergetar ngedengernya. Nggak cuma itu,petasan sama kembang api juga ikut nyambut hari Raya besok. Wih,rame banget. Lama-lama telingaku jadi sakit,hehe.

Oh iya,biasanya tiap malam takbiran di pasar harga barang murah-murah. Tapi aku jarang ke pasar kalo malam takbiran. Sebenernya tadi mau pergi,tapi nggak jadi ah. Males. Lagian mendingan uangnya buat nanti kalo jalan-jalan,hehe. Kalo adeku jadi ke pasar,katanya sih mau beli baju. Sedangkan aku di rumah. Ngemil sambil nonton film Avatar. Sampe aku tidur jam 11 malem. Aku nggak sabar loh buat besok. Aku harus bangun pagi-pagi. Makanya aku set alarm.

Minggu,19 Agustus 2012

Diary,hari ini adalah hari lebaran.Yeah ! hari yang aku tunggu-tunggu

Dateng juga. Tapi sayangnya aku telat bangun tidur. Padahal aku udah set alarm jam 3 pagi, tapi tetep aja kesiangan. Mungkin karena semalem tidur jam 11 kali ya,hehe. Mama aku juga tumben nggak bangunin aku. Jadi aku nggak shalat tahajjud sama wittir deh. Padahal kalo di Pesantren jam 3 aku suka bangun.

Kaya biasanya, kalo habis shalat ID, keluargaku suka salam-salaman sama tetangga. Kalo mereka masih di rumah,ya kami datengin. Tapi sih biasanya mereka udah ada di luar rumah. Kadang kami suka bagi-bagi makanan kaya ketupat,semur daging sama sayur gitu. Ya,saling mencicipi lah. Tapi sekarang mah bagi-baginya cuma sama keluarga deket aja. Kalo dulu sih sama tetangga juga.

Nah,kalo udah salaman,kami balik ke rumah. Yang lain ada juga yang langsung ziarah. Kalo aku,habis salaman langsung makan ketupat sayur. Hehe. Habis lapar sih. Padahal biasanya kami suka makan bareng-bareng. Mama sama yang lain nunggu kakakku dulu. Katanya sih mau ke rumah. Tapi,karena mereka lama akhirnya makan juga,hehe.

Keluarga paman sama bibi juga dateng. Jadi,tambah rame deh. Dan biasanya mereka suka ngasih uang. Asyiik !! Alhamdulillah. Makan udah,uang juga udah dikasih,sekarang giliran kami ziarah ke makam almarhum kakek. Tempatnya nggak jauh ko,tinggal ngelewatin 1 rumah aja. Itu rumah bibi aku. Rumahnya sebelahan sama rumah aku. Nggak jauh kan ?

Habis ziarah,kami istirahat dulu. Terus jam 11nya aku sama ade beli bakso di Sawargi. Wahh,baksonya gede banget. Namanya bakso dobel. Udah gitu pedes lagi. Ya,sesuai sama seleraku,hehe. Tapi aku pake sambelnya kebanyakan lagi. Jadi,bibir aku merah banget. Untungnya aku minum es jeruk,jadi seger lagi deh. Aku yakin,nanti pasti sakit perut. Haduh. Maafin aku ya perutku.

Malemnya,aku di marahin mama  karena sakit perut. Haduh,sakit banget. Aku bolak-balik ke WC,hehe. Dari dulu aku emang suka pedes. Tapi sekalinya makan yang pedes,suka sakit perut. Ternyata makan yang pedes itu,enak di lidah tapi sakit di perut. Tapi aku nggak kapok-kapok,hehe.

 

Senin,20 Agustus 2012

Hari ini aku pergi ziarah sama keluarga aku. Tempatnya lumayan jauh.

Pekuburan Cina di Gunung Gadung, Bogor

Kami perginya pagi-pagi sekitar jam 6. Tapi nunggu keluarga bibi dulu. Ternyata mereka lama banget datangnya. Udah lama nunggu,akhirnya mereka datang juga.

Yang pertama kami ziarah ke makam nenek di Babakan. Karena cuma beda kampung aja,jadi kami perginya jalan kaki. Untung masih pagi,udaranya seger banget.  Jalan yang biasa kami lewati yaitu lewat kuburan Cina. Kami sih udah biasa kalo lewat situ. Di deket rumah aku aja ada.

Tapi ada juga loh kuburan Cina yang ngabisin tanah warga.  Huh,lega pisan. Aku nggak tau  berapa hektar. Yang jelas itu luas banget. Jadi kuburannya mah cuma satu,kecil lagi. Yang luas itu tamannya loh. Masa ada lapangan golfnya. Terus ada kebun buah naga,sama ada sayuran apa gitu,aku nggak tau namanya. Pokoknya banyak deuh. Dulu mah itu teh leuweung. Mani keueung pisan loba tangkal  awi. Nggeus mah poek deuih. Loh ko jadi bahasa Sunda?? Hehe.

Iya beneran. Yang punyanya orang kaya lagi. Tiap tahun suka dateng. Kadang ada tentara yang latihan di situ. Malah waktu itu ada kaya lomba mobil Ferrari gitu. Ferrarinya bagus-bagus loh. Terus kadang si pemiliknya suka naik helikopter,nanti turunnya di situ. Dulu aku pernah masuk ke situ. Eh,malahan sering tiap sore. Sekalian maen sama temen. Hehe. Tempatnya emang bagus,indah dan sejuk sih. Banyak binatangnya. Tapi sekarang mah warga nggak boleh lagi masuk lagi. Ikh,sebel. Aku fikir,coba kalo tempat itu dijadiin kaya kebun Raya gitu, atau kebun binatang, pasti banyak yang dateng. Lumayakan uangnya.  Terus nantinya daerah rumah aku terkenal,hehe. Ya,itulah tadi sedikit cerita tentang “kuburan/taman yang tidak ada namanya”hehe.

Nah,udah jalan naik turun,akhirnya nyampe juga di makam nenek. Huuft…. dinginnya. Emang sih dari tadi pagi udah dingin. Untung aku pake jilbab sama kerudung yang panjang. Eh,ada yang lucu loh waktu mau pulang. Kami kan lewat turunan,terus sepupu aku jatuh di turunan itu. Mungkin karena jilbabnya kepanjangan kali. Yang lucunya itu dia jatuh kaya habis ngeluncur sambil bilang gini : UMMIII…..

udah gitu suaranya sambil memelas lagi. Hehe. Aku sama yang lain langsung ketawa. Haha.

Udah ziarah ke makam nenek,kami ziarah ke makam kakek di Lebak Nangka. Tempatnya sih nggak terlalu jauh,tinggal jalan kaki aja. Tapi yang bikin cape itu turunan sama tanjakannya. Bikin pegel kaki,hehe. Udah ziarah terus kami pulang. Waktu nyampe di gang rumah aku, ada orang gila loh. Aku sama ade  takut. Untung dia cuma duduk aja,nggak jail. Dulu,aku sama ade pernah jatuh dari sepeda gara-gara tetanggaku bilang ada orang gila. Huuh,padahal mah nggak ada.

 

Selasa,21 Agustus 2012

Bersama kawan lama

Diary,hari ini aku seneng banget. Aku sama temen-temen  maen ke rumah Enah di Rancamaya.Tapi cuma  6 orang,yang lain pada nggak bisa. Walaupun cuma 6 orang tapi tetep seru.  Pertamanya kami janjian dulu di gang rumah Fuji jam 9. Masih di Rancamaya sih tapi kalo rumah Enah masih jauh. Aku berangkat bareng Maryani. Yang nyampe baru Momon. Aku sama yang lainnya nyusul. kami udah nyampe,tapi tinggal Novi yang belum. Kata dia angkotnya lama. Ya,mau nggak mau aku sama yang lain harus nunggu. Satu jam kemudian,akhirnya Novi nyampe juga. Lama banget kan? Aduh,aku sama yang lain udah pada bosen tuh  kelamaan nunggu.

Semuanya udah nyampe. Oh iya,sebelumnya kami minal aidzin wal faidzin dulu,hehe.Terus kami langsung  jalan ke rumah Enah. On the way,kami jalan sambil cerita-cerita. Aku ketawa-ketawa denger cerita Novi. Lucu habisnya. Sebenernya kami udah pernah ke rumah Enah. Jalannya ya,lumayan jauh. Tapi karena sambil ngobrol jadi nggak kerasa. Pasti Enah udah nunggu-nunggu dari tadi. Kasihan,hehe.

Akhirnya nyampe juga. Aku pangling lihat Enah loh. Habis udah lebih dari 1 bulan nggak ketemu. Selama di sana aku sama yang lain di ajak keliling loh. Ke sawah,ke sungai  dll. Tapi sebelumnya kami makan bakso dulu biar nggak laper,hehe. Sambil  jalan,kami ketawa-ketawa. Tadinya sih lagi cerita tentang profesi kami nanti,cocoknya jadi apa. Terus Fuji bilang,Lulu cocok jadi mak beurang/dukun beranak. Ya,kami ketawalah.

Ternyata kami kelilingnya sangat jauh loh. Sampe-sampe kakiku lecet. Udah pengen cepet-cepet nyampe di rumah Enah lagi. Huuh. Kaki kami pegel banget. Udah perut sakit karena ketawa-ketawaan terus di jalan. Malah habis dari rumah Enah,kami di suruh mampir ke rumah Fuji. Duh,tambah cape deh. Apalagi Novi,dari tadi dia udah marah-marah sendiri. Hehe. Duh,pokoknya hari ini tuh seru banget. Asyik lagi.  Ya,walaupun cape. Hehe.

 

Rabu,22 Agustus 2012

Diary,,,

Hari ini aku cuma diem di rumah. Istirahat. Habis kemaren kan udah keliling rumah Enah. Kakiku pegel-pegel loh. Waktu tidur semalem aja,kakiku udah kaya diapain gitu,hehe. Gempor kali ya. Sebenernya kemaren itu aku kena marah,mungkin pulangnya kesorean kali ya. Tapi nggak apa-apa deh namanya juga orang tua pasti khawatir kalo anaknya belum pulang.

Oh iya,kemaren waktu di rumah Enah aku sama yang lain itu mau bikin acara gitu. Acaranya hari Minggu besok kami mau maen ke Kebun Raya Bogor. Tapi hari Sabtunya,kami nginep di rumah Enah. Ya,kalo aku sih ok-ok aja tapi nggak tau deh dibolehin apa nggak. Lagian kalo berangkat dari rumah Enah,jalannya jauh. Ya,walaupun pemandangannya indah banget.

Tapi dipikir-pikir kayanya nggak bolehen sama mama. Mending jalan-jalan sama keluarga dulu deh. Soalnya habis lebaran ini,aku belum jalan-jalan keluarga. Hehe. Mungkin hari Mingu nanti ,insya Allah.

 

Kamis,23 Agustus 2012

Diary….

Hari ini aku nganter temenku Maryani ke warnet. Katanya dia mau ngerjain tugas sekolahnya gitu. Aku juga sekalian nyelesain tugas aku. Ngirim diary sama catatan perjalanan. Harusnya sih dari kemaren-kemaren ngirimnya,tapi aku belum punya modem.  Bisa sih ke warnet. Cuma  waktu itu aku males ke sana, jauh soalnya. Ntar di marahin mama lagi. Jadinya baru sekarang. Aduh,aku nggak enak nih sama ustadz Oleh,hehe.

Aku sama dia pergi ke Rama net di Cipaku. Deket SMPku juga. Oh iya,diaryku belum aku kasih foto. Fotonya masih ada di Hp. Jadi harus dipindahin dulu. Tapi di sana nggak ada katrider. Aku juga nggak punya kabel data. Aduh,aku bingung. Gimana nih tugasku? Ya,jadinya aku baru ngirim yang catatan perjalanan nya aja. Huuft. Karena di warnet itu nggak bisa,jadi kami pindah ke warnet lain. Tapi kami makan bakso dulu,hehe. Ah,enaknya pedes lagi. Terus kami ke Qintar net. Ternyata di situ ada katrider. Alhamdulillah. Eh,tapi pas dicobain ko nggak bisa? Yaaahh….. mungkin udah rusak kali. Huuft,gagal lagi deh. Ikh,sebel. Yaudah jadinya aku buka internet aja sekalian update berita,hehe.

Kalo Maryani,dia ngerjain tugas mtk gitu. Kata gurunya sih disuruh diketik nanti diprint. Ternyata lama juga ngetiknya. Ya,namanya juga ngetik angka sama huruf. Kalo udah bisa mah pasti cepet. Apalagi dia ambil jurusan administrasi perkantoran. Harus jago ngetik. Dulu,aku juga pengen masuk jurusan itu loh. Bisa kerja di kantoran,hehe. Karena Maryani belum ngerti semua simbol mtk,jadi dia ribet sendiri. Pusing katanya. Huh,aku aja yang cuma ngeliatin dia ngetik kaya gitu udah pusing. Apalagi dia.

Aku kasian ngeliat dia, jadi aku bantu ngedikte. Di warnet itu kami 3 jam lebih. Lama juga ya? hehe. Tapi daripada aku ninggalin dia sendiri,mending aku tungguin. Eh,pas pulang teh dimarahin sama mama. Huuft. [Siti Muhaira, santriwati Pesantren Media, Kelas 1 SMA]

Catatan: tulisan ini adalah tugas menulis diary di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

By Administrator

Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Kp Tajur RT 05/04, Desa Pamegarsari, Kec. Parung, Kab. Bogor 16330 | Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA | IG @PesantrenMedia | Channel Youtube https://youtube.com/user/pesantrenmedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *