78 total views,  1 views today

Para santri Pesantren Media sudah sangat mengenal hadits ini. Bukan saja karena sering disampaikan, juga karena penjabarannya ada dalam Ikrar Santri Pesantren Media. Setidaknya ada di poin 2, 4, 5, 6, 7, dan 9. Silakan bisa dicek pada catatan #33, ya. Intinya seputar amal muta’addi (yang manfaatnya dirasakan oleh orang lain)

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti manfaat adalah: guna atau faedah. Jadi, keberadaan kita ada gunanya bagi orang lain. Kehadiran kita menjadi kebahagiaan bagi orang lain. Perilaku kita mencerminkan siapa diri kita, apakah termasuk orang yang memberi manfaat atau justru menabur mafsadat bagi orang lain. Sehingga, layak mendapat sambutan atau justru sambitan. Apakah perbuatan kita membuat orang lain bahagia atau justru sengsara.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ, ةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

“Barang siapa yang memudahkan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat” (HR Muslim)

Para santri bisa memberikan pertolongan atau bantuan kepada sesama kaum muslimin, baik yang dekat maupun yang jauh, atau yang dikenal maupun yang belum sama sekali mengenal. Itu semua sudah diajarkan dan terus diingatkan selama di pondok. Menolong dalam arti sedekah harta atau sedekah tenaga atau sedekah pendapat yang semoga menjadi solusi. Dakwah juga bagian dari amal muta’addi. Berkarya untuk umat kemaslahatan umat. Jadilah orang yang bermanfaat.

Semoga kiprah para santri dalam menebar manfaat senantiasa tetap dilakukan meski sudah jadi alumni alias tak lagi di pondok. Insya Allah.

Salam,

O. Solihin

Mudir Pesantren Media

By osolihin

O. Solihin adalah Guru Mapel Menulis Dasar, Pengenalan Blog dan Website, Penulisan Skenario, serta Problem Anak Muda di Pesantren Media | Menulis beberapa buku remaja | Narasumber Program Voice of Islam | Blog pribadi: www.osolihin.net | Twitter: @osolihin | Instagram: @osolihin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *