80 total views,  1 views today

Kami para guru memotivasi seluruh santri Pesantren Media untuk berprestasi dengan karya, bukan semata berkarya dengan prestasi. Mengapa? Sebab, yang terpenting itu berkarya terlebih dahulu, prestasi belakangan. Kami ingin menanamkan pemahaman bahwa berkarya itu butuh proses. Seringkali bahkan memakan waktu lama. Selain itu, konsistensi dalam berkarya diperlukan. Itu sebabnya, setiap pekan mereka mengerjakan tugas rutin membuat desain grafis, tulisan, dan fotografi/videografi. Proses mengasah keterampilan ini kami menyebutnya berkarya. Ada jejak karya para santri setiap pekannya. Dipajang di blog dan juga di akun Instagram khusus karya santri.

Tentu saja, karya mereka bervariasi, ada yang kurang bagus, ada yang cukup bagus, ada yang sudah bagus, dan bahkan terlihat makin bagus karena terasah melalui tugas. Ini sebagai pembuktian dari Ikrar Santri Pesantren Media poin ke-9 atau poin terakhir, yakni “Berkarya untuk Kemaslahatan Umat”. Maka, tidak perlu menjadi juara dalam lomba tertentu untuk bisa menghasilkan sebuah karya, atau malah baru berkarya jika ada lomba tertentu sambil berharap memenanginya. Tidak. Setiap pekan adalah momen untuk berkarya, meski hasilnya belumlah yang terbaik. Namun, pesan yang dibuat dan dipublikasikan adalah bagian dari prestasi menebarkan manfaat bagi kemaslahatan umat.

Insya Allah, jika rutin mengerjakan tugas setiap pekan sesuai arahan dan targetnya, maka akan terlatih untuk terus berkarya dan memiliki target. Target karya yang harus menjadi lebih baik dari tugas ke tugas yang diberikan. Insya Allah.

Bila ingin ikut lomba? Silakan saja. Kami memfasilitasi dan mendukung. Adakalanya, seusia mereka memang butuh tantangan di luar. Semoga bukan sekadar unjuk gigi belaka sebagai bagian dari eksistensi diri tanpa kendali. Namun, ikut dalam lomba sebagai bagian dalam melatih kompetisi dan ikut membawa nama pondok di event tersebut, agar bisa dikenal dunia luar.

Alhamdulillah, sudah banyak karya rutin dan juga karya yang meraih prestasi sebagai pemenang di ajang lomba yang selama ini dikuti sejak Pesantren Media ini berkiprah untuk menebar manfaat kebaikan dan kemaslahatan umat.

Saat ini pun, beberapa santri kami izinkan untuk ikut lomba di ajang SMENTION 2020. Semoga mendapat hasil terbaik. Namun tetap berkarya rutin tanpa lomba harus menjadi prioritas dan ajang pembuktian dalam jejak menebar manfaat yang sesungguhnya. Semangat!

Salam,

O. Solihin

Mudir Pesantren Media

By osolihin

O. Solihin adalah Guru Mapel Menulis Dasar, Pengenalan Blog dan Website, Penulisan Skenario, serta Problem Anak Muda di Pesantren Media | Menulis beberapa buku remaja | Narasumber Program Voice of Islam | Blog pribadi: www.osolihin.net | Twitter: @osolihin | Instagram: @osolihin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *