Waktuku & waktumu sama.

651 views

Waktu atau Masa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian. Jenis-jenis pengukur waktu atau jam adalah: Jam matahari, Jam Analog, Jam Digital.

Waktu luang itu sangat penting. Namun, banyak yang tidak dapat memanfaatkannya dengan baik. Ada yang menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak perlu. Ada yang menyibukkan diri dengan meribetkan diri dengan pekerjaan yang simple. Ada juga yang membuat kewajiban terlalaikan, dll. Jujur aku, pernah melakukan itu (menyia-nyiakan waktu luang) dan sekarangpun masih pernah.

Padahalni, waktu merupakan guru terbaik lho. Berikut kutipan bijak mengenai waktu.

“Waktu merupakan penasihat paling bijak yang pernah ada”, Pericles.

“Waktu adalah sesuatu yang paling kita inginkan, namun sesuatu yang kita gunakan paling buruk”, William Penn. William Penn mungkin berkata seperti ini karena beliau telah merasakan ruginya menyia-nyiakan waktu. Dan bagi yang belum sadar akan pentingnya waktu, pasti akan membuang-buang waktunya yang sebentar untuk hal yang nggak penting.

Seperti kata Ralph Waldo Emerson “Saat ini, sama seperti saat-saat yang lain, merupakan waktu yang berharga, jika kita tahu apa yang harus kita lakukan dengan waktu yang ada.  Jadi, setiap detik yang kita lewati itu berharga. Hannya saja banyak yang belum menyadarinya dan banyak juga yang tidak tahu bagaimana caranya membuat setiap detik itu menjadi berharga.

Memanfaatkan waktu itu “Tidaklah cukup untuk menyibukkan diri anda; semut pun sibuk. Pertanyaan nya adalah, apa yang menyibukkan anda?Henry David Thoreau.

Oleh karena itu, cobalah membuat agenda untuk pekerjaan yang akan kamu lakukan. Karena, dengan adanya agenda kamu akan tahu apa yang akan kamu lakukan dengan waktu luangmu. Pilihannya ada dua, kamu memilih diam atau bergerak?

Tapi ingat, jangan mengagendakan pekerjaan dalam satu waktu. Seperti kutipan kata berikut “Melakukan 2 hal bersamaan sama artinya dengan tidak melakukan sesuatu” oleh Publius Syrus.

[Nurmaila Sari, angkatan ke-2, janjang SMA, Pesantren Media]

CARANYA KUTIPAN KATA nurmaila SIA-SIA waktu

Penulis: 
author
Nurmaila Sari | Alumni, santriwati angkatan ke-2, jenjang SMA | Asal Pekanbaru, Riau | @nurmailasarii

Posting Terkait