Tranportasi? Apa Sih?

517 views

Transportasi? Seperti pernah dengar. Hus, semua orang juga menggunakan transportasi kali. Transportasi itu apa sih? Transportasi itu ada berapa macam? Ada dampak negatif sama positif gak? Kaloada dampak negatifnya apa solusinya?

Transportasi adalah sebuah kendaraan yang digerakan oleh manusia atau mesin untuk ditumpangi manusia dan barang. Transportasi itu disebut jasa. Jasanya adalah memindahkan kita manusia, ketempat dari kita berasal ke tempat tujuan kita. Tidak hanya kita saja, barang kita juga. Misalnya, Donny mau mengirim sembako untuk adeknya di luar negri. Donny harus mencari supir bis yang bisa diperacayainya untuk mengantarkan barangnya. Tapi, sekarang tidak usah capek-capek mencari supir yang dipercayai. Doni bisa memiliih salah satu jasa antar barang seperti PT. POS, PT. TIKI, JNE Ekspress, ESL Ekspress. Di Yogyakarta, Semarang, Solo sudah disediakan sudah dikembangkan jasa kirim Joglosemar. Tentu saja jasa-jasa ini harganya berbeda-beda, sesuai dengan kecepatan dan ketepatan kirim. Demikian macam-macam jasa pengiriman.

Transportasi digunakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bisa kita lihat di kehidupan sehari-hari . Kebanyakan manusia sekarang lebih suka menggunakan kereta . Karena harganya yang murah dan cepat. Sebagaimana yang dikatakan oleh Mba Jannah.

“Saya lebih suka menggunakan kereta. Karena lebih cepat, lebih murah dan tidak macet. “ Kata Mba Jannah  yang sedang sibuk membaca komik Tintin di laptopnya.

Kalo menggunakan kereta takut kecelakaan yang Bintaro kemaren. Yah, itu sih udah takdir Allah. Kalo kita menggunakan kereta,  takut-takut meledak. Kalo kita menggunakan kendaraan,  bisa tabrakan dengan kendaraan orang lain. Menggunakan kapal, bisa tenggelam. Menggunakan pesawat, bisa jatuh. Menggunakan bis , bisa jatuh ke jurang. Semua itu sudah takdir Allah. Makanya ketika kita hendak meninggalkan rumah kita harus membaca do’a. Do’a waktu ingin keluar rumah. Dan juga kita harus membaca do’a berkendaraan. Agar kita selamat di pelajaran. Jangan lupa juga, berwudhu. Karena apabila kita mengalami kecelakaan. Dan kita meninggal. Insya Allah kita Khusnul Khotima. Dan semoga kita menjadi orang, yang meninggalnya dalam keadaan Khusnul Khotimah. Amin.

Di Negara-negara termaju, mereka menggunakan kereta dan taksi  di bawah tanah. Penduduk di sana jarang yang  mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar lebih suka menggunakan angkutan umum sebagai tranportasi .

Nah, alat tranportasi itu dibagi menjadi tiga. Alat tranportasi udara, adarat, dan laut. Transportasi darat pasti sudah taukan? Yaitu transportasi yang beroprasi di darat. Misalnya, angkotan umum, bis, busway, metro mini, kopaja, damri, kereta api, bajaj, becak, taxi, bemo, helicak, delman dll. Transportasi udara? Pasti jugakan, pesawat. Transportasi laut? Pasti juga taukan, kapal, feri , perahu(gak semua perahu) dll. Masih banyak lagi teman.

Teman-teman, setiap barang atau lainnya pasti ada dapak negatif dan positifnya kan? Ya dong? Masa nggak? Nah berarti terus berkembangnya alat tranportasi umum ini ada dampak negatif dan positifnya.

Dampak positifnya adalah:

Dengan diterapkannya ilmu pengetahuan alam dan teknologi modern, orang dapat membuat sarana transportasi,misalnya sepeda bus,kereta api,kapal laut,pesawat terbang,dan lain-lain.Sarana transportasi tersebut sangat efektif dan efisien dari pada memakai alat transportasi pada zaman dulu,misalnya kuda,naik kereta kuda,atau kapal layar.

Dampak negatifnya adalah:

  • Timbulnya pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara.Hal tersebut dapat diakibatkan dari konstruksi alatnya maupun ulah orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalam menggunakannya.
  • Sarana transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak bumi menyebabkan  luka atau iritasi pada mata,kulit,saluran pernafasan,serta paru-paru.
  • Dengan perkembangan teknologi,perubahan alam menjadi tidak estetis.
  • Pencemaran suara dan pencemaran udara dapat mengganggu psikologis maupun fisiologis manusia.
  •  Berkurangnya lahan-lahan pertanian yang produktif karena dipakai untuk menampung kebutuhan akan jasa transportasi.

Maka solusinya adalah lebih baik kita menggunakan angkutan umum , agar tidak banyak orang yang menggunakan kendaraan dan polusi udara tidak tercemar. Jangan lupa berdo’a kepada Allah dan minta perlindunganlah kepada Allah karena Allah lah Maha Pelindung, tidak ada pelindung yang lebih hebat dari pada Allah. Dan gunakan sepada, agar  lebih sehat. Dan tidak memakan biaya yang banyak. Jagalah bumi ini, agar Allah sayang kepada kita.

[Saknah Reza Putri , santri angkatan ke-1, jenjang SMP, Pesantren Media]

artikel karya santri

Penulis: 
author
Saknah Reza Putri | Santriwati Pesantren MEDIA angkatan ke-2, kelas 3 SMP | Asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan | Twitter @PutriAisyara

Posting Terkait