Takjil

225 views

Di bulan ramadhan yang suci ini ternyata juga membawa keberkahan bagi para pedagang makanan dan minuman. Sebagian dari mereka yang biasanya hanya mendapat keuntungan pas-pasan, namun di bulan ramadhan mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih dari biasanya dengan menjual dagangannya di pasar takjil. Berbagai macam makanan dan minuman yang di jual di pasar takjil seperti ketoprak, gorengan, gado-gado, cendol, kolak, es buah, bubur kacang ijo, dll.

Takjil menjadi menu favorit di kalangan masyarakat Indonesia saat berbuka puasa. Tidak haya rasanya yang lezat, harganya juga tidak terlalu menguras dompet. Terkadang juga di saat awal bulan ramadhan, takjil di bagikan secara gratis di lampu merah, di pinggir jalan, di masjid, dan tempat-tempat lainnya.

Namun, tidak semua orang mau membeli takjil. Ada beberapa masyarakat yang lebih memilih membuat menu buka puasa sendiri di rumah, ada juga yang beranggapan makanan dan minuman yang di jual di pasar takjil itu kotor dan tidak sehat. Padahal tidak semua menu makanan di pasar takjil itu kotor, tergantung kitanya bisa memilih atau tidak.

Takjil masih menjadi menu andalan dari dulu hingga sekarang. Hanya saja menunya yang berubah-ubah atau lebih bervariasi. Dari tahun ke tahun, pedagang takjil semakin kreatif dalam membuat menu takjil. Dan kini takjil tidak hanya di jual oleh para pedagang, masyarakat yang tidak berprofesi sebagai pedagang pun ikut berdagang takjil di bulan ramadhan. Alasannya untuk menambah uang pemasukan.

Zuyina Hasanah Pesantren Media (Tugas Menulis Pemula)

Penulis: 
    author

    Posting Terkait