Sihir Pokemon

232 views

DISKUSI AKTUAL

Rabu, 3 Agustus 2016

  • Moderator: Muhammad Usman & Adam Raditya Pasha
  • Notulen: Amilah Shalihah Army ( Dibantu Fathimah)

TEMA: Sihir POKEMON

PROLOG

Game pokemon go dirilis pada tanggal 16 juli 2016, ditiga negara yaitu Amerika, Australia dan Selandia Baru. Game ini menggabungkan antara kamera dan GPS lewat android atau sejenisnya. Banyak sekali orang yang mengunduh, sampai-sampai server untuk mendownloadnya jebol. Keuntangan dari game ini sudah sampai 9 Triliun-an.

Yang akan dibahas dalam diskusi kali ini adalah seberapa pengaruhnya dari pengguna game ini dan bagaimana pandangan islam tentang hal ini.

 

Pertanyaan:

  1. Fathur: Game pokemon itu kan belum resmi di Indonesia, jatuhnya jadi pihak ketiga, seperti mencuri kalau memainkan game tersebut. Apakah dosa bagi yang main atau pembuatnya?

Jawaban dari:

  • Fathimah: Dosa atau nggak tergantung dari pembuat game ini, kalau pembuatnya merasa aplikasi miliknya dicuri dan gak terima maka yang mencuri itu berdosa. Jadi si pencuri ini menyebarkan aplikasinya lalu didownload oleh orang banyak, maka dosanya akan bertambah banyak.

 

  1. Abdullah: Apakah salah orang membuat game ini? Apa ada niat khusus dari pembuatan game tersebut atau hanya untuk main-main saja?

 

Jawaban dari:

  • Fathimah: Tergantung niat si pembuat game ini, bisa jadi niatnya itu memang untuk hiburan. Atau bisa juga si pembuat ini sudah tau dampak-dampak yang yang akan terjadi tapi tetap disebarkan game ini, berarti memang sudah ada niat khusus.
  • Zadia: Perusahaan dengan orang yang berpengaruh. Banyak profil di dalamnya. Ada yang niatnya lurus, ada yang tidak. Ada juga niat menghancurkan secara tidak langsung.
  • Fathur: Pasti ada tujuan dari pembuat game. Tentunya untuk hiburan. Bisa juga bertujuan mencari keuntungan saja dengan berbisnis dari game ini.

 

  1. Fathimah: Dalam game itu kan ada positif dan negatif. Nah, apa ada positifnya dari game pokemon go? kalau hanya ada dampak negatif, apa solusinya?

Jawaban dari:

  • Abdullah: Game itu pasti ada dampak negatif dan positif. Dampak negatif dari dalam game itu banyak dibanding dampak positif, kalau positifnya kita jadi bisa tau strategi-strategi dalam game tersebut. Kalau solusi, untuk menghilangkan aplikasi game pokemon go tersebutkan gak bisa dari hp nya langsung, pasti harus dari perusahaan pembuat game tersebut. Maka solusi yang tepat adalah akses atau server untuk game pokemon go di Indonesia ditutup, agar tidak bisa diunduh dan dimainkan lagi.
  • Zadia: Dampak positif dari game pokemon go yaitu para gamernya pergi keluar mencari-cari dimana pokemon itu berada, jadinya bisa menghirup udara luar. Kalau gak mereka hanya mengurung diri di dalam rumah masing-masing dan satu dampak positif lagi adalah kita bisa melihat sudut-sudut yang tidak terjangkau oleh mata, seperti orang yang tertangkap basah karena mencuri. Nah.. yang parah dampak negatifnya yaitu mereka yang bermain game ini gak sadar kalau dirinya sedang dalam bahaya misalkan mencari-cari pokemon itu sampai ke jurang, orang yang main game. Solusi efektif dari masalah ini adalah kesadaran diri masing-masing, berusaha untuk menyikapi ini dengan dewasa. Kalau sudah tahu dampak dari bermain game ini, seharusnya bisa bijaksana dan mengikuti aturan agar lebih berhati-hati.

 

  1. Abdullah: Boleh gak kita main game pokemon go dengan berhati-hati dan bagaimana hukum bermain game pokemon go?

Jawaban dari:

  • Fathimah: Kalau main game itu awal nya mubah (boleh), tapi kalau membuat orang lalai maka hukumnya menjadi haram.

 

  1. Bintang: Di Indonesia kan main game pokemon ini ilegal, bagaimana jika ke luar negri yang resmi atau legal?

Jawaban dari:

  • Fathur & Abdullah: Boleh saja, asal jangan sampai melalaikan. Lebih aman kalau kita bermain dimana tempat itu sudah resmi.

 

EVALUASI

Game ini sengaja dirilis di 3 negara saja (Amerika, Australia, dan Selandia Baru), dari 3 negara itu mereka juga mengantisipasi terhadap lonjakan pengunduhan game pokemon go. Ilegal dan legal itu tergantung dari pembuatnya. Mengunduh gratis tapi untuk mainnya tetap membayar. Dari dulu, game adalah salah satu tujuan orang-orang kafir untuk menjatuhkan kaum muslimin. Kenapa orang-orang yang pintar programer tidak membuat senjata saja? Karena sudah terlanjur terjerumus dalam dunia industri permainan. Para programer muslim sangat disayangkan, kenapa tidak diarahkan untuk membangun industri yang lebih bagus melalui komputer. Sekarang tergantung sikap dan pilihan kita, mau mengikuti atau tidak? [Amilah Shalihah Army dan Fathimah NJL, santri kelas 2 jenjang SMA]

game pokemon pokemon go

Penulis: 
author
Santriwati Pesantren Media, angkatan ke-5 jenjang SMA. Sudah terdampar di dunia santri selama hampir 6 tahun. Moto : "Bahagia itu Kita yang Rasa" | Twitter: @FathimahNJL | Facebook: Fathimah Njl | Instagram: fathimahnjl

Posting Terkait

Tinggalkan pesan