Semangkuk Sekoteng

614 views

Ting-ting..ting…ting

Suara dentingan itu sejak seminggu ini mengisi ruang dengar ku saban malam hari di Bogor yang sejuk.

Lidah ku penasaran ingin mengecapi bagaimana rasanya.

“Mang, sekuteng !!”

Bapak-bapak setengah baya itu langsung berhenti dan meletakkan keranjang ganda yang ia pikul tepat didepan pondokan ku.

“Mang, semangkok ya…!”

Dengan 4 ribu rupiah saja, kita bisa mereguk kenikmatan surgawi. Cuaca Bogor pada malam hari yang acap dingin sehabis turun hujan, membuat minuman ini sangat cocok untuk menghangatkan tubuh.

Minuman ini terdiri dari potongan dadu roti tawar, kacang tanah bakar, kacang hijau rebus, ditambah dengan biji agar-agar merah lalu disiram dengan kuah jahe hangat dan tak lupa ditambah susu kental manis. Hmm.. anda bisa ketagihan dibuat oleh ramuan minuman tersebut.

Ada yang tau nggak minuman ini berasal darimana?

Pasti kalian yang pendatang baru di Bogor, seperti aku juga mengira minuman ini khas Bogor. Usut punya usut, minuman ini ternyata berasal dari Indramayu, Jawa Barat.

Minuman yang berasal dari kota yang terkenal tarian tradisional nya itu memiliki banyak khasiat dan faidah. Diantaranya nya adalah bisa menghangatkan tubuh ( so pasti..jahe gitu loh ). Kandungan jahe juga ampuh untuk menolak angin atau mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Campuran susu didalamnya  juga selain untuk mempermanis minuman, kandungan kalsium didalamnya membantu pembentukan tulang dan gigi serta mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh.

Kompisisi kacang hijau didalamnya sangat bermanfaat juga sebagai zat besi yang tinggi serta protein nabati yang kaya antioksidan untuk mencegah kanker dan mampu menghalukan kulit. Bagi ibu hamil dan menyusui, kacang hijau ini membantu memenuhi asam amino dan merangsang produksi ASI.

Krenyesan kacang tanah dalam sekuteng ini telah lama dikenal sebagai lemak nabati yang baik untuk jantung.

So, buat apa lagi mengkonsumsi minuman buatan luar negeri? Selain mahal, tidak sehat pula. Mari dari sekarang kita mengkonsumsi dan mencintai produksi dalam negeri.

Apalagi minuman jahe memang asli made in Indonesia dan minuman jahe ini adalah minuman bagi para penghuni syurga lo… sebagai mana terdapat dalam kitab suci Al-Quran dalam surah Al-Insan ayat ke 17. “Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe. “

Nah tunggu apa lagi jika ada suara tin-ting-ting atau apalah segera panggil dan reguk kenikmatan semangkok sekuteng….[Dini Purnama Indah Wulan, santriwati angkatan ke-2, jenjang SMA, Pesantren Media]

Catatan: tulisan ini sebagai bagian dari tugas menulis di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

menulis sekoteng

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait

  • Desain Grafis karya Hanan Nuha Bunayya pesantren media jenjang

  • awal yang baik pasti berakhir baik jadi lakukanlah awal

  • Cara mengikat ilmu adalah dengan catatan. Aku membiasakan diri