Sampai Ending!

39 views

Sampai Ending!

Hello, para calon penulis hebat! Gimana tulisannya, udah selesai atau baru setengah jadi? Nah, bagi yang tulisannya belum selesai dan buntu mau dilanjutinnya kek gimana, well, aku mau kasih kalian tips, nih. Yah, kalo bisa sih, setelah ini tulisan-tulisan kalian, khususnya fiksi, bisa selesai dan punya ending. Kalo gak punya, kasian tokoh-tokohnya. Digantung itu, gak enak, loh! Hahaha…

Sama kayak kalian, aku juga sering banget stuck kalo lagi nulis. Khususnya fiksi. Tapi, dari waktu ke waktu, alhamdulillah, deh, yah, aku bisa merumuskan tips sendiri supaya cerita yang dibikin itu selesai sampai ending. Walau kadang alurnya malah gaje dan aneh, sih. Nah, menurut aku justru lebih baik buat nyelesain ceritanya sampai end dari pada benerin alurnya. Soalnya kalo terlalu fokus buat benerin alur, ngga kepikiran lagi, deh, buat nyelesain cerita.

Jadi, penting buat selesain tulisan atau cerita kalian apapun bentuknya, setelah itu baru di rapihin alurnya. Edit sana-sini!

Hal pertama yang harus kalian lakuin supaya tulisan kalian itu selesai adalah merumuskan inti tulisan dari awal sampai akhir. Keliatan susah, yah? Soalnya pake bahasa rumus, sih. Gampang kok, sebenernya! Kalian tinggal tulis, atau seenggaknya inget tulisan kalian itu awalnya mau kayak gimana. Abis itu tentuin konflik atau permasalahan yang mau dibahas atau terjadi pada tokoh. Tulisin juga lika-likunya, karena proses dalam pemecahan itu yang terpenting! Terus kalian tentuin juga solusi terbaik dari yang terbaik buat mecahin konflik atau masalah itu. Nah, baru deh, tulis endingnya kayak gimana! Beres, kan?!

Nah, buat nyelesain sebuah tulisan sampai ending, tahap-tahap ini yang paling penting! Yang kedua fokus buat selesain tulisannya. Jangan asal nyerah aja cuman karena buntu mau nulis apalagi. Sebelumnya kan, udah dirumuskan inti tulisan yang mau ditulis, nah, kalian tinggal menjabarkannya ke tulisan.

Kalau kalian ngga bisa fokus dan tetep stuck di tengah cerita, paksa diri kalian buat menyelesaikan tulisan yang kalian buat. Kalau kalian sudah bisa memaksa untuk menyelesaikan sebuah tulisan dan akhirnya berhasil, isyaallah di tulisan-tulisan berikutnya kalian juga bakal bisa menyelesaikan tulisannya.

Kalau tulisan-tulisan kalian sudah banyak yang selesai sampai ending, kalian bisa membandingkannya. Apa perkembangan yang sudah kalian lalui di tiap-tiap cerita yang kalian tulis. Dari situ kalian pasti bisa memperbaiki yang kurang, termasuk memperbaiki alurnya!

 

[ZMardha] willyaaziza

Penulis: 
    author

    Posting Terkait