Rendang Ayam

1131 views

cimg6475Hari lebaran merupakan merupakan salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Termasuk saya sendiri. Biasanya, hari-hari sebelum lebaran terutama wanita, pada sibuk di dapur. Memasak makanan yang akan dihadangkan di hari raya, baik untuk dikonsumsi sendiri ataupun untuk dihidangkan jika ada tetangga, kerabat ataupun sanak saudara yang berkunjung ke rumah.

Di setiap rumah, di setiap daerah, pasti beda menu wajib saat lebarannya. Kalo untuk makanan utamanya, ada yang memasak rendang, opor ayam, ketupat, soto, dll. Sedangkan untuk kuenya, ada kue nastar, bolu, kastangel, putri saju, kue semangka, kue bolu, dan masih banyak lagi.

Kalo di rumah saya, menu wajibnya ada rendang, bubur samba(sejenis ketupat), dan juga gulai untuk kuah bubur samba nya. Sedangkan untuk kuenya, di lebaran kali ini ada kue nastar, kue semangka, bolu ketan hitam, dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini, saya ingin membagikan sebuah resep kepada siapa saja yang membaca tulisan ini, yaitu resep untuk membuat ‘Rendang Ayam’. Langsung aja ya!

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

1 ekor ayam kampung

3 buah kelapa yang sudah diparut

5 siung bawang putih

¼ kg bawang merah

2 lembar daun salam

4 lembar daun jeruk

1 lembar daun kunyit

3 batang sereh

¼ kg kentang kecil

1 sdm cabai merah giling

½ sdm jahe dan lengkuas giling

 

Cara membuat:

Langkah pertama:

  • Cuci ayam yang sudah dipotong hingga bersih.
  • Peras kelapa yang sudah diparut menggunakan air bersih. Peras hingga 3 kali perasan.
  • Kemudian, haluskan bawang putih dan bawang merah.
  • Cuci kentang kecil, daun salam, daun jeruk, daun kunyit dan sereh. Kemudian rendam kentang kecil supaya mudah dibersihkannya.

Langkah kedua:

  • Masukkan santan kelapa ke dalam panci. Kemudian masukkan bawang putih dan bawang merah yang sudah di haluskan, cabai giling, jahe dan lengkuas giling, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, dan sereh. Aduk hingga merata.
  • Hidupkan kompor dengan api sedang. Aduk-aduk terus supaya santannya tidak pecah.
  • Tunggu hingga santan mengental dan sedikit berkurang santannya.
  • Masukkan ayam sambil diaduk-aduk santannya supaya ayamnya teredam oleh santan. Masak hingga daging empuk dan santannya mengering. Kurang lebih 3 jam waktu yang diperlukan.
  • Kemudian, sekitar 15 menit sebelum matang masukkan kentang kecil.
  • Kalau ayam dan kentangnya sudah empuk, santannya sudah mengering dan warnanya sudah berubah menjadi coklat, matikan kompor dan rendang siap dihidangkan.

Selamat mencoba! [Cylpa Nur Fitriani, santriwati kelas 3 SMP, Pesantren MEDIA]

pesantren media rendang ayam santri tips

author
Cylpa Nur Fitriani | Santriwati Pesantren Media angkatan ke-2, jenjang SMP, kelas 3

Posting Terkait