Praktek Reportase dan Wawancara Santri Pesantren MEDIA

774 views

Rabu, 19 Februari 2014 sebagian santri kelas menulis pemula (SMP dan SMA) melakukan praktek reportase dan wawancara di sekitar Taman Topi dan Stasiun Bogor. Seharusnya, yang mengikuti kelas ini berjumlah 19 orang, tetapi 3 orang santri tidak bisa ikut karena sakit dan juga izin silaturahmi ke keluarganya. Jadi, yang ikut praktek reportase dan wawancara ini adalah 16 orang, terdiri dari 15 orang santri Pesantren MEDIA dan 1 orang ‘santri kalong’ Pesantren MEDIA karena masih duduk di kelas 6 HSG Mutiara Ummat.

Berangkat dari Pesantren MEDIA pukul 07:15 WIB dan berkumpul semua di Taman Topi Bogor pada pukul 07:50 WIB. Perjalanan dari pesantren menggunakan angkot dan memakan waktu sekitar 30 menit. Setelah mendapatkan pengarahan dari guru menulisnya, yakni Ustaz O. Solihin, para santri menyebar untuk mendapatkan orang yang ingin diwawancarainya. Tugas ini berkelompok, dengan maksud agar satu orang yang mewawancarai dibantu oleh seorang temannya untuk merekam atau mengambil gambar. Setelah selesai maka bergiliran untuk melakukan wawancara dengan obyek yang berbeda.

Untuk menjaga keamanan, guru menulisnya berkeliling menyisir wilayah sekitar Taman Topi sekaligus mengambil foto beberapa santri yang sedang melakukan praktek reportase dan wawancara. Hasil lengkap beberapa ‘gaya’ santri Pesantren MEDIA yang sedang melakukan wawancara bisa dilihat pada galeri di bawah ini.

Sebagian besar santri sudah berani secara mental untuk melakukan wawancara dengan obyek yang baru dikenalnya. Sebagian kecil masih malu-malu dan beberapa orang yang hendak diwawancarai memang menolaknya. Akhirnya, Ustaz O. Solihin membimbing mereka yang belum berhasil melakukan wawancara dengan mengajarkan teknik awal bekomunikasi dengan orang yang hendak diwawancarai. Alhamdulillah, semuanya berhasil melakukan praktek reportase dan wawancara. Hasil reportase dan wawancara dari semua santri akan dipublikasi menyusul di blog Pesantren MEDIA.

Ayo para santri Pesantren MEDIA, asah terus kemampuan kalian untuk menguasai teknik media sebagai bagian dari alat untuk menyebarkan dakwah Islam melalui media. Tetap belajar, semangat mencari ilmu dan terus berjuang![]

menulis pesantren media praktek reportase dan wawancara santri taman topi

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait