Nusakambangan kampung para napi……

648 views

Teman, kabupaten cilacap adalah salah satu kabupaten di provinsi di Jawa Tengah ibukotanya Cilacap. Luasnya mencapai 2.142,59 km2 . Luas ya ? Cilacap memiliki kecamatan sebanyak 24 yang dibagi atas desa dan kelurahan . Desa tersebut tersebar atas 24 kecamatan. Sedangkan kelurahannya ada 13. Kecamatan-kecamatan tersebut adalah Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang, Cimanggu, Karangpucung, Sidareja, Gandrungmangu, Kedungreja, Patimuan, Cipari, Bantarsari, Kawunganten, Jeruklegi, Kesugihan, Maos, Sampang, Kroya, Adipala, Binangun, Nusawungu, Kampung Laut, Cilacap Utara, Cilacap Tengah dan Cilacap Selatan. Kabupaten yang ada di Cilacap adalah Kabupaten Cilacap Barat dan Cilacap Timur. Dan juga ada Kota Cilacap.dan jumlah penduduknya kurang lebih 3000 jiwa.

Pertanian merupakan mata pencaharian perekonomian di Kabupaten Cilacap. Nelayan adalah pekerjaan yang sebagian besar penduduk yang tinggal di pesisir pantai .

Di Cilacap terdapat 6 industri terbesar di antara industri lain :

  1. Pertamina Refinery Unit IV
  2. Pabrik Semen HOLCIM Indonesia Pabrik Cilacap
  3. Pabrik Gula Rafinasi, PT.DHARMAPALA USAHA SUKSES
  4. Pabrik Tepung Panganmas Inti Persada
  5. PLTU Karangkandri
  6. Pengolahan Ikan PT Juifa Internasional

Hasil bumi yang terbanyak adalah dari laut yaitu ikan dan minyak bumi yang terletak di dekat pantai teluk penyu.

 

Lambang Cilacap

Bintang Segi Lima;
Melambangkan keluhuran cita-cita masyarakat Daerah yang berkepribadian Pancasila.

Tugu Pahlawan dengan lidah api diatas gelombang Laut Selatan;
Tugu Pahlawan melambangkan perjuangan heroik masyarakat Daerah dimasa Revolusi 1945.
Lidah api menunjukkan hitungan 5, berarti perjuangan yang berdasarkan Pancasila.
Gelombang Laut Selatan dengan lekuk gelombang berjumlah 4 dihubungkan dengan lidah api (5) berarti bahwa perjuangan yang berkobar-kobar sejak Revolusi 45 berdasarkan UUD 45 dan jiwa juang 45.

Kembang Wijayakusuma;
Merupakan lambang Wahyu Negara pada saat masih berbentuk kerajaan.
Wijayakusuma menjadi nama pengenal khas dan merupakan lambang hidup daerah.
Kembang ini hanya ada dan tumbuh di Cilacap saja (bunga gaib).

Padi dan Kapas;
Melambangkan keluhuran cita-cita masyarakat Daerah mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam mengemban Amanat Penderitaan Rakyat.
Padi dan Kapas bermakna kegiatan masyarakat di bidang pangan dan sandang.
Jumlah butir padi 17 dan kapas 8, dihubungkan dengan Kembang Wijayakusuma yang berkelopak 4 dan berdaun bunga 5, menunjukkan betapa keramatnya Proklamasi Tujuhbelas Delapan Empatlima.

Ikan Hiu;
Ikan Hiu melambangkan Cilacap berada di daerah pantai laut selatan, penghasil ikan, dan sebagian dari masyarakatnya adalah nelayan.

 

Warna Lambang Daerah dan maknanya

Warna Merah Hati  :
keberanian, keuletan, kewaspadaan serta melambangkan perjuangan yang gagah berani

Warna Kuning Emas  :
keluhuran didalam mengemban tugas

Warna Putih  :
kesucian jiwa

Warna Hitam  :
ketenangan dan ketabahan

Warna Hijau   :
kesuburan dan kemakmuran

Warna Biru Laut / Biru Tua  :
Cilacap terletak di pantai selatan, Samudera Indonesia

Seluruh warna menggambarkan kepribadian masyarakat Daerah.
Motto

JALA BHUMI WIJAYAKUSUMA CAKTI

 

JALA                    :  Air, Lautan

BHUMI                 :  Tanah, Daratan

WIJAYAKUSUMA :  Bunga Kejayaan

CAKTI                  :  Ilmu Tertinggi

Artinya adalah :

“Kemampuan membudidayakan bumi, laut, air untuk kemakmuran”

 

Sesuai mottonya, Cilacap Bercahaya, sejak 1986 Kabupaten Cilacap telah memilik lagu sesanti berjudul Cilacap Bercahaya, ciptaan Sumardi HS, lirik ditulis oleh mantan Bupati Cilacap, HM Supardi. Pencanangan Cilacap Bercahaya melalui lagu mars tersebut bertujuan untuk memotivasi masyarakat dalam keikutsertaan dalam pembangunan, serta berupaya mengangkat citra Kabupaten Cilacap. Selain dilombakan antarkecamatan, lagu itu tiap tahun juga dinyanyikan dalam acara protokoler ulang tahun Kabupaten Cilacap.

Salah satu wisata pegunungan di kabupaten cilacap yang paling terkenal dan banyak diminati adalah lokawisata “curug mandala”, yang terletak di Desa Mandala Kecamatan Jeruklegi

 

 

Tempat LP :

Nusa Kambangan adalah nama sebuah pulau di Jawa Tengah yang lebih dikenal sebagai tempat penjara para pengguna narkoba,pembunuh,pencuri,dan penjahat-penjahat lainnya amrozi juga pernah lo di hukum di sana, makanya di sana juga di sebut kampung napi loh ? karena penjual-penjual di sana setengahnya adalah para napi(nara pidana) kalau kita mau menuju nusakambangan kita harus menyebrangi pantai teluk penyu kesananya naik perahu kecil (sampan) Cuma hanya 10000 aja setiap satu orangnaya ,selain itu pulau ini berstatus juga sebagai cagar alam juga disana untuk latian militer juga tempat di mana pohon-pohon langka tapi banyak di tebang secara liar yang tersisa hanya tumbuhan perdu atau semak adalah suatu kategori tumbuhan berkayu yang dibedakan dengan pohon karena cabangnya yang banyak dan tingginya yang lebih rendah, biasanya kurang dari 5-6 meter. Dan belukar taukan belukar?.Selain itu juga Nusakambangan juga ada tempat wisatanya yaitu pasir putih

Pantai Pasir Putih

Untuk menuju Pantai Pasir Putih Cilacap ini wisatawan harus berjalan kaki menelusuri jalan yang sudah dibangun trap – trap dari paving blok sepanjang 600 m dari Pantai Permisan naik ke arah timur dan turun sampai pantai pasir putih dengan jarak 1 km. Gugusan batu karang di Pantai Pasir Putih yang membujur ke timur diselimuti ombak nan putih menambah indahnya panorama alam pantai pasir putih.

Aku tidak begitu banyak tau tentang cilacap karena aku lahir di tangerang ,tinggal di cilacap hanya sampai kelas enam itu pun aku tidak pernah keluar rumah jadi aku tidak begitu mengenal.Ada juga Teluk Penyu itulah pantai yang gampang di jangkau oleh masyarakat atau orang yang mau main ke pantai , Teluk Penyu merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, utamanya sepanjang pesisir dari Kecamatan Cilacap Selatan yang lokasinya tidak langsung berhubungan dengan Samudera India atau Indonesia karena dikelilingi oleh Pulau Nusakambangan.lokasinya Pantai Teluk Penyu berjarak 2 Km ke arah timur dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Teluk ini cukup memiliki pemandangan yang indah dengan luas kira-kira 14 ha.

 

Area Teluk Penyu yang biasa dikunjungi oleh para pengunjung biasanya adalah penduduk sekitar yang ingin rferesing, biasanya mulai dari pelabuhan sampai bibir pantai yang biasa disebut Areal 70, areal 70 adalah areal dimana para wisatawan atau pengunjung bisa melihat langsung Pulau Nusakambangan dari bibir pantai.di sekitar Teluk Penyu ini Terdapat beraneka kerajinan kerang dan souvenir lainnya yang dijual di sepanjangjalan masuk menuju kolasi pantai teluk penyu . Kawasan wisata ini ramai dikunjungi pada waktu pagi dan sore hari oleh para penduduk Kota Cilacap sedangkan pada siang hari lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal, utamanya pada masa-masa libur sekolah atau pada hari-hari besar/libur. Di Teluk Penyu juga ada kulinernya loh?, Di sepanjang pantai yang tertata rapi, terutama dari arah pintu masuk area wisata Pantai Teluk
Penyu, banyak berdiri kios-kios/warung yang menjajakan ikan asin kering serta ikan-ikan segar/basah yang siap langsung dibakar atau dimasak sesuai dengan keinginan pengunjung.

 

 

Di cilacap beciri khaskan dengan alat musik jawa seperti, gamelan yaitu seperangkat alat musik yang terdiri dari : saron, rebab, bonang, kendang, gender, gong.

Kondisi masyarakat cilacap saat ini kalau di lihat dari sisi anak mudanya beda sekali dengan anak muda jaman ayah dan ibu kita .Mereka tidak peduli dengan sekelilingnya mereka lebih mementingkan diri sendiri .Apalagi gaya mereka sekarang mengikuti gaya artis yang mereka idolakan meraka . Apalagi disana anak lulus SD sudah bekerja di jakarta menjadi PRT biasanya kendala uang yang tidak mampu membayar uang sekolah atau anak yang tidak mau sekolah dan lebih memilih kerja dari pada sekolah katanya”pusing sekolah mikir mulu”. disana banyak orang yang buta huruf karena itu putus sekolah pada kelas 1,2,3 dan paling besar kelas 5 itulah Cilacap dengan minimnya pengetahuan tentang sekolah yang mereka anggap membuat mereka pusing saja.jika di lihat dari perekonomian cukup rata ada yang jadi nelayan ,petani,dan pegawai .mencintai daerah sendiri itu harus ,apalagi jika banyak panorama yang indah dan damai itualah yang aku suka dari daerah ku ke indahan pantai yang tidak bisa tergantikan.aku ingin jika aku sudah mapan aku ingin menyumbangkan sebagian untuk membantu warga yang tidak bisa sekolah jadi bisa sekolah walau hanya sedikit dengan begitu daerahku akan tambah maju dan berkembang menjadi daerah yang besar ,makmur damai,dan sejaterah karena masyarakatnya yang cerdas.itulah sekilas tentang daerahku bangalah dengan daerah sendiri .itu cerita daerahku mana cerita daerahmu?.

diary karya santri nusakambangan kampung paranapi...

author
Chairunisa Bayu Parameswari | Santriwati Pesantren MEDIA, angkatan ke-2, kelas 3 SMA.

Posting Terkait