Metode Menghafal Cepat

1377 views

boy-reading-quran-flick-cc

Inilah metode cepat menghafal al-Qur’an yang saya gunakan, terbukti telah membawa saya hingga hafal beberapa juz al-Qur’an.

Untuk tugas menulis kreatif minggu ini masih sama dengan minggu-minggu sebelumnya, yaitu membuat sebuah tulisan feature. Awalnya aku bingung, rasanya sudah kehabisan akal untuk membuat tulisan feature. Belum selesai memikirkan tugas feature ini, keesokan harinya Ustad Rahmatullah juga memberika tugas tahfidz kepada kami yaitu untuk mencari atau membuat tulisan mengenai metode cepat menghafal al-Qur’an. Dua tugas sudah menunggu.

Hingga tinggal satu hari sebelum deadline yaitu Hari Rabu, aku belum saja menemukan ide untuk membuat feature, sedangkan pada Hari Kamisnya tugas tahfidz juga sudah menunggu.

Tiba-tiba timbul ideku untuk menggabung kedua tugas ini menjadi satu buah tulisan. Nah akhirnya aku pun membuat sebuah tulisan feature mengenai Metode menghafal Cepat ini, sehingga untuk tugas pada Hari Kamis nanti, aku tidak perlu lagi membuat tulisan. Dan inilah hasil tulisanku.

Ini adalah sebuah tulisan mengenai salah satu metode menghafal al-Qur’an dengan cepat. Tulisan ini dikarang sendiri oleh saya, Ahmad Khoirul Anam. Dan metode yang akan saya tulis ini adalah metode yang sering saya gunakan dalam proses menghafal al-Qur’an, dan terbukti selama saya menghafal al-Qur,an , saya merasa nyaman dan merasa mudah menggunakan metode ini, meskipun saya akui proses menghafal saya ini tidak terlalu cepat, tapi bagi saya ini adalah sebuah metode yang cukup nyaman digunakan untuk menghafal al-Qur’an. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Dan langsung saja, apa itu metodenya? Saya memberi nama metode ini  METODE PENGULANGAN. Kenapa saya menyebutnya metode pengulangan, karena metode yang akan saya tulisan ini adalah sebuah cara menghafal al-Qur’an dengan tekhnik mengulang-ulang. Memang sih kalau yang namanya menghafal itu pasti diulang-ulang, tapi untuk metode ini akan membuat kita lebih fokus dengan ayat yang akan anda hafal itu, dengan mengulangnya hingga benar-benar lancar.

Nah, sebenarnya metode ini adalah metode yang pernah diajarkan oleh guru Tahfidz saya saat di Kalimantan, dan hingga saat ini masih saya gunakan, alhamdulillah dengan metode ini saya sudah berhasil menghafal sekitar 3 Juz al-Qur’an.

Dalam menggunakan metode ini, ada beberapa tahap yang harus kalian lewati, sebelum masuk ke dalam Metode yang akan saya berikan. Dan untuk mempermudah kalian dalam membaca dan memahami isi tulisan ini, saya akan membuatnya secara terperinci. Dan inilah tahap-tahap awal yang harus kalian lakukan seelum memulai menggunakan metode yang akan saya berikan nanti.

  • Menentukan target

sebelum kalian mulai menghafal ayat atau surah dalam al-Qur’an, terlebih dahulu kalian harus menargetkan berapa baris/berapa ayat yang akan kalian hafalkan nanti, dan usahakan target yang kita tentukan itu semaksimal mungkin, jangan terlalu sedikit. Misalkan kalian menargetkan hari ini akan menghafal sebanyak 8 baris, jangan tanggung-tanggung dalam menentukan target.

Dan petanyaannya Mengapa perlu adanya target? Karena dengan target yang kita tentukan ini, insya Allah akan membuat kita menjadi semangat dan berusaha keras untuk dapat mencapai target itu, dan akan melatih kita untuk tetap konsisten dengan target yang sudah kita tentukan, anggap saja target tersebut adalah sesuatu yang harus kalian capai.

  • Meyakinkan Diri

Nah setelah kalian telah berhasil menentukan target yang akan dihafal, kalian juga harus percaya bahwa kalian mampu mencapai target itu. Karena sering saya temui, banyak orang yang merasa tidak yakin dapat berhasil menghafal beberapa baris al-Qur’an dalam waktu tertentu. Nah, dengan keyakinan yang sudah kalian bentuk ini, kalian harus percaya bahwa Allah pasti akan memudahkan kalian dalam mengahafalnya. Karena jika kita berpersangka sulit dalam menghafal al-Qur’an, maka Allah akan benar-benar menyulitkan kalian, begitu pula sebaliknya.

  • Mengulang sebelum menghafal

Nah pada tahap ini, barulah proses pengulangan dilakukan. Setelah kalian sudah menentukan target dan meyakinkan diri seperti yang sudah saya tuliskan di atas, langkah selanjutnya adalah menuju ke tahap membaca dengan mengulang-ulang.

Tapi tidak langsung menghafal. Sebelum kalian mulai menghafal, terlebih dahulu kalian harus membaca ayat yang sudah kalian targetkan tadi dengan melihat/membaca al-Qur,an, dan usahakan bacaanya pas dengan Tajwid, jangan terburu-buru. Ulangi bacaan itu sebanyak 20 kali.

Misalkan target kalian tadi adalah 8 baris, maka kalian harus membaca 8 baris ayat al-Qur’an itu dengan diulang-ulang sebanyak 20 kali, tapi dengan melihat al-Qur’an. Tujuannya adalah agar bacaan al-Qur’an itu sedikit-sedikit mulai terekam oleh otak kalian sehingga akan memudahkan kalian dalam menghafal ayat tersebut nantinya. Semakin banyak diulang maka semakin lekat di otak.

  • Mnghafal dengan Metode Pengulangan

Setelah kalian mengulang 20 kali dengan melihat al-Qur’an, barulah kalian mulai menghafal ayat tersebut sedikit demi sedikit, kata demi kata. Caranya sama, ayat yang akan kalian hafal itu diulang sebanyak 20 kali, jika ayat nya terlalu panjang, maka bisa setengah atau seperempat terlebih dahulu, sesuaikan saja dengan kemampuas.

Kemudia setelah kalian sudah selesai mengulang ayat tersebut sebanyak 20 kali, maka insya Allah ayat itu otomatis akan mulai terekam di otak, dan kali ini kalian harus mencoba melafalkan ayat yang telah kalian ulang sebanyak 20 kali itu tanpa melihat al-Qur’an. Insya Allah kalian akan hafal ayat itu. Jika pun belum, ulang terus ayat itu sambil konsentrasi dan memusatkan pikiran.

Begitu seterusnya, stiap ayat diulang sebanyak 20 kali atau lebih. Jika anda sudah berhasil menghafal hingga 4 baris atau lebih, Maka ulang kembali 4 baris itu sebanyak 20 kali atau lebih tanpa melihat al-Qur’an, agar hafalannya semakin lekat dan tidak mudah hilang.

Seandaninya kalian telah berhasil menghafal 4 baris itu hingga benar-benar lancar dan sudah diulang-ulang. Kalian dapat melanjutkannya dengan menghafal ayat baru dengan cara yang sama seperti di atas, yaitu mengulang ayat hingga 20 kali atau lebih. Dan jika sudah berhasil  4 baris lagi, maka ulang lagi 4 baris itu sebanyak 20 kali.

Nah, jika target 8 baris yang telah kalian tentukan itu sudah berhasil dihafal, maka ulang lagi 8 baris itu sebanyak 20 kali atau lebih agar benar-benar ingat, tidak tersendat-sendat, dan bacaannya pas. Dan Hingga akhirnya selesailah target 8 baris itu. semoga kalian paham maksudnya.

Itulah metode cara menghafal al-Qur’an yang dapat saya bagikan kepada kalian, untuk menggunkan metode ini memang dibutuhkan kesabaran dan waktu yang lama, karena harus terus mengulang-ngulang ayat. Tapi insya Allah dengan metode ini hafalan kalian tidak mudah hilang alias akan lebih betah dan tahan lama untuk tinggal di otak kalian, sehingga tidak mudah lepas.

Oya, ada beberapa tips lagi agar kalian lebih mudah menghafalnya. Yang pertama adalah usahakan kalian membaca al-Qur’an itu dengan suara yang lantang dan nyaring, karena menurut pengalaman saya dalam menghafal al-Qur’an, suara nyaring dapat mempermudah otak dalam peniramaan suara, karena suara nyaring itu juga pasti akan terdengar oleh telinga sehingga akan lebih mudah hafal. Nggak tau juga sih teori pastinya, yang pasti saya sendiri lebih mudah menggunakan suara nyaring.

Tips yang lain adalah, usahakan anda juga mengerti atau memahami sidikit-sedikit arti kata atau ayat al-Qur’an yang kalian hafal tersebut. Syukur-syukur jika benar-benar paham bahasa arab, karena dengan mengerti artinya, insya Allah dapat mempermudah dalam menghafal.

Nah itulah metode nya, semoga bermanfaat. Dan sebelum saya mengakhiri tulisan ini, saya akan memberi sedikit tambahan untuk menjawab pertanyaan ini.

“Mengapa saya memilih metode pengulangan?”

Nah, pertanyaan yang sangat bagus. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Kalian juga harus memikirkan kenapa saat ini kalian bisa berbahasa Indonesia. Padahal kalian tidak pernah kursus Bahasa Indonesia untuk bisa ngomong bahasi Indonesia. Nah itulah jawabannya, mungkin kalian sudah tahu.

Lalu timbul peryataan baru. “Bahasa Indonesia kan beda dengan Bahasa Arab, Bahasa Arab lebih sulit.”

Mungkin pernyataan itu benar, dan bisa juga salah. Coba kalian pikirkan kembali, anak-anak bangsa arab saja bisa berbahasa arab, apakah bagi mereka sulit? Bagi mereka Bahasa Indonesia bahkan jauh lebih sulit daripada Bahasa Arab yang menurut kita sangat sulit.

Anak kecil dari bangsa arab bisa berbahasa arab karena setiap hari dia mendengarkan orang disekitarnya berbicara menggunakan bahasa arab, dan kemudian ia berusaha mengucapkannya berkali-kali hingga akhirnya ia bisa berbahasa arab. Meski pertama salah-salah tapi akhirnya bisa lancar. Begitu pula dengan anak Indonesia yang bisa berbahasa Indonesia.

Itulah mengapa mengulang adalah cara yang paling ampuh dalam menghafal. Menghafal tidak akan berhasil tanpa pengulangan.

Mungkin cukup sekian tulisan singkat yang dapat saya bagikan kepada kalian, semoga bermanfaat bagi kalian dan saya pribadi.

Wassalamualaikum wr.wb.

[Ahmad Khoirul Anam, santri angkatan ke-2 jenjang SMA, Pesantren Media]

Catatan: tulisan ini sebagai tugas menulis feature di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

al-quran menghafal metode

Penulis: 
author
Farid Abdurrahman, santri angkatan ke-1 jenjang SMA (2011) | Blog pribadi: http://faridmedia.blogspot.com | Alumni Pesantren MEDIA, asal Sumenep, Jawa Timur

Posting Terkait

  1. author
    Hawari5 tahun agoBalas

    Sangat membantu untuk menghafal!

  2. author
    Qais5 tahun agoBalas

    Boleh juga Metodenya!

  3. author
    Anam5 tahun agoBalas

    Tetap saja, setiap orang lebih mengetahui bagaiamana cara terbaik bagi dirinya untuk menghafal.

Tinggalkan pesan