Menulislah, Terus Menulis!

TypingAlhamdulillah, sejak pekan kemarin (tanggal 24 November 2013) blog PesantrenMEDIA.Com yang merupakan sarana bekreasi para santri mulai ramai. Memang, masih banyak di antara tulisan-tulisan para santri yang ‘berantakan’ dan ‘ancur’ dari sisi ejaan (kata dan kalimat) dan penulisan tanda baca, namun saya–sebagai guru menulis mereka–masih mentolerirnya (terutama bagi para santri baru). Pada kesempatan pelajaran menulis, biasanya dibahas beberapa tulisan yang ‘aneh’ dengan harapan para santri belajar dari kesalahan tersebut. Lain waktu, saya memberikan komentar secara langsung pada tulisan-tulisan yang ‘bermasalah’ secara teknis tersebut.

Jadi, tetaplah menulis dan terus menulis. Bagi santri pemula dalam menulis cara seperti ini insya Allah memberikan tambahan kepercayaan diri bahwa karya mereka bisa dibaca oleh orang lain, meski secara teknis masih kurang bagus. Namun, selama isinya bermanfaat, maka teruslah menulis untuk memberi inspirasi kepada orang lain.

Ayo menulis dan teruslah menulis!

Salam,

O. Solihin
Instruktur Kelas Menulis Kreatif, Pesantren MEDIA

*gambar dari sini

About the author

O. Solihin adalah instruktur kelas Menulis Kreatif, Pengenalan Blog dan Website, serta Problem Anak Muda di Pesantren Media | Menulis beberapa buku remaja | Narasumber Program Voice of Islam | Blog pribadi: www.osolihin.net | Twitter: @osolihin