Mengukir Prestasi di Masa Muda

621 views

Guys, bicara  tentang masa muda. Apa sih masa muda itu? Masa muda adalah masa transisi yang pasti dialami manusia. Masa di mana seseorang mencari jati dirinya. Tidak hanya itu. Masa muda merupakan masa keemasan bagi setiap orang untuk mengukir prestasi. Suer deh!

Deretan nama pemuda telah terukir dalam tinta emas sejarah Islam. Mereka telah berhasil mengisi lembaran hidupnya dengan prestasi gemilang sehingga mendapatkan kemuliaan di sisi Allah Swt dan di hadapan manusia. Bayangkan, di awal sejarah Islam saja telah tercatat pemuda-pemuda pilihan seperti Mush’ab bin Umair, Abu Ubaidah bin Jarrah, Ali bin Abu Thalib dan masih banyak lagi.

Guys, masa muda itu sangat penting. Masa ini akan mempengaruhi kehidupan di masa berikutnya. Masa muda adalah perahu untuk menuju kesuksesan di hari tua. Jika kalian ingin cerdas maka gunakan masa muda untuk menuntut ilmu. Jika ingin kaya rajinlah bekerja. Jika ingin masuk surga maka tempuhlah jalan yang sudah Allah tetapkan. Jangan cuma berkata: muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga. Sementara tak ada usaha untuk menempuhnya. Justru aneh jika ada yang ingin sukses tapi tidak mau menempuh jalannya. Imam Syafi’i berkata: “Engkau menghendaki kesuksesan namun engkau tidak menempuh jalannya.”

Ibarat perahu, ia berjalan di atas air. Bukan di padang pasir. Seseorang yang tidak mau menempuh jalan untuk mencapai apa yang ia cita-citakan sama saja seperti perahu yang berjalan di atas padang pasir. Rasulullah Saw bersabda: “Gunakanlah lima perkara sebelum terjadi lima perkara, yaitu… masa mudamu sebelum tiba masa tuamu…” (HR. Al Hakim)

Guys, sangat disayangkan, tak sedikit mereka yang telah menghancurkan hidupnya dengan menyia-nyiakan waktu yang telah Allah berikan. Mereka kehilangan jati diri dan ujung-ujungnya menyesal di masa tua. Mereka hanya berangan agar hidupnya bahagia namun tanpa perjuangan.

Jangan mudah tertipu sehingga tenggelam dalam syahwat dunia apalagi zaman sekarang ini dimana godaan syahwat begitu besar. Jagalah masa muda kalian. Ketahuilah bahwa kita akan ditanya tentang setiap hal yang kita kerjakan selama hidup di dunia. Rasulullah Saw bersabda:

“Tidak akan bergeser kedua kaki manusia pada hari kiamat sampai selesai ditanya tentang empat perkara: … tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan…” (HR. At-Tirmidzi)

Guys, waktu adalah nikmat dari Allah. Sayangnya, banyak yang menyepelekan dan melalaikannya. Rasulullah Saw bersabda: “Ada dua nikmat yang dilalaikan oleh manusia, manusia tertipu dengan nikmat tersebut yaitu nikmat sehat dan waktu luang. (HR. Al-Hakim yang telah dishahihkan Syeikh al Albani dalam kitab Al-Jami’)

So, gunakanlah kesempatan yang telah diberikan Allah Swt. Hiasilah hari-hari dengan ibadah kepada-Nya. Beramal sholih seperti belajar, membaca al Quran dan mengkajinya, berdakwah dan lainnya. Siapkanlah bekal untuk di akhirat kelak. Di antara bekal itu adalah ilmu. Carilah ilmu seluas-luasnya. Kenapa? Karena ilmu akan menerangi kehidupan kita. Isilah masa muda dengan mencari ilmu. Jangan sibuk dengan hal-hal yang tidak bermanfaat dan melalaikan dari ibadah kepada-Nya. Tetaplah berjuang dan bersabar. Ketika mencari ilmu kita akan mengalami berbagai hal yang mungkin tidak pernah diduga sebelumnya. Tapi tetap optimis! Yakinlah bahwa Allah akan menolong kita. Siap untuk mengukir prestasi? Hamasah! ^^

[Siti Muhaira, santriwati kelas 3 jenjang SMA, Pesantren Media]

isnpirasi masa depan prestasi

Penulis: 
author
Santriwati Pesantren Media, angkatan kedua jenjang SMA. Blog : http://santrilucu.wordpress.com/ Twitter : @az_muhaira email : iraazzahra28@ymail.com Facebook : Muhaira az-Zahra. Lahir di Bogor pada bulan Muharram.

Posting Terkait