Mengambil Hikmah dari Kesalahan

908 views

Setiap orang pasti pernah ngelakuin kesalahan. Mau kecil atau pun gede. Entah salah nilai orang, salah ngelakuin sesuatu misalnya becanda berlebihan sampe ngebuat temen marah, salah waktu lagi sholat misalnya nggak rukuk dulu malah langsung sujud, salah milih jalan jadinya nyasar dan lain-lain.

Tapi banyak loh orang yang nggak nyadar kalo dia udah buat kesalahan. Malah, ada yang gengsi ngakuinnya. Kok bisa? Ya bisa. Itu karena dia nggak paham sama hakikat maaf dan sikap tulus dari kesalahan yang udah dia lakuin. Banyak loh yang udah jelas-jelas bikin salah tapi nggak mau minta maaf. Mau sama temen, orang tua atau sama adik kelas misalnya. Karena ngerasa lebih tua, lebih gede tingkatnya, jadi gengsi minta maaf sama adik kelas atau sama bawahannya. Atau kalo lagi marahan sama temen nggak mau minta maaf duluan. Padahal yang mulia itu yang duluan nyapa dan minta maaf walaupun dia nggak salah.

Banyak loh orang yang nggak mau minta maaf.  Tapi kalo dipikir-pikir emang apa sih susahnya minta maaf? Wong kita yang salah ya harus minta maaf. Kenapa mesti gengsi? Padahal kalo minta maaf citra diri kita nggak bakal rusak kok. Yang bener itu kita harus ngakuin kesalahan yang udah kita buat. Nggak usah deh malu. Siapa tahu kalo kita minta maaf temen yang tadinya marah jadi baik lagi. Kalo lagi punya problem sama orang lain, udah deh omongin aja. Kalo kita punya salah ya minta maaf.

Tiap orang emang nggak sempurna. Ada kesalahan yang pernah dilakuin mau disengaja ataupun nggak. Tapi kesalahan itu harusnya jadi motivasi kita biar nggak ngulangin kesalahan yang sama. Jadiin pelajaran. Buat ke depannya mesti gelakuin yang lebih baik. Kalo buat kesalahan harusnya ngebuat kita sadar kalao kita itu nggak selamanya ngelakuin kebaikan tapi kesalahan juga. Kita emang nggak sempurna. Sewaktu-waktu bisa ngelakuin kesalahan. Makanya, intropeksi dan renungin deh.

Rasulullah Saw. bersabda: “Jangan kamu saling dengki dan iri, dan jangan pula mengungkit keburukan orang lain. Jangan saling benci dan jangan saling bermusuhan, serta jangan saling menawar lebih tinggi atas penawaran yang lain. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara muslim yang lainnya, dengan tidak mendzaliminya, tidak mengecewakannya, tidak membohonginya, dan tidak merendahkannya. Letak takwa ada di sini (Nabi saw menunjuk ke dada beliau, sampai diulang tiga kali). Seorang patut dinilai buruk bila merendahkan sudaranya yang muslim. Seorang muslim haram menumpahkan darah, merampas harta, dan menodai kehormatan muslim lainnya” (HR Muslim)

So, jadikan kesalahan kita sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih baik lagi. Jangan lupa kalo pernah buat salah sama orang lain kita minta maaf. Siap? HAMASAH! ^^

[Siti Muhaira, santriwati kelas 2 jenjang SMA, Pesantren Media]

Hikmah kesalahan minta maaf

Penulis: 
author
Santriwati Pesantren Media, angkatan kedua jenjang SMA. Blog : http://santrilucu.wordpress.com/ Twitter : @az_muhaira email : iraazzahra28@ymail.com Facebook : Muhaira az-Zahra. Lahir di Bogor pada bulan Muharram.

Posting Terkait