138 total views,  1 views today

bbbb

Meski pamornya di dunia smartphone internasional sudah surut dan bahkan beberapa perusahaan sudah membanned-nya sebagai ‘bukan smartphone’, namun nyatanya ia masih menduduki posisi penjualan di urutan pertama di tanah air.

Hai para BlackBerry users, kali ini saya ingin sedikit sharing tentang cara memaksimalkan smartphone tersebut. Sebenarnya saya menuliskan tulisan ini bukan dalam rangka ingin pamer sebagai BB user, toh BB saya sendiri saja adalah Storm 9530 yang sudah sangat tidak zaman lagi dan masih menggunakan BB OS5. Tapi saya merasa miris melihat anak-anak muda yang ramai-ramai membeli BB hanya ingin dipakai untuk BlackBerry Messenger, Facebook, dan Twitter. Padahal, BB bisa melakukan yang lebih dari itu. Dan dikarenakan BB users yang tidak ‘sepintar’ BBnya, maka timbullah opini bahwa BB tidak bisa dikategorikan sebagai smartphone. Lho?

Nah, saya ingin membagikan hal-hal ‘pintar’ apa saja yang dilakukan oleh ‘Si Beri Hitam’. Jadi, semoga tips-tips berikut ini dapat bermanfaat bagi kalian, BB users!

1. BlackBerry sebagai penerima e-Mail tercepat.

Oke, bagi kalian BB users yang masih remaja, e-Mail tentunya bukan suatu yang begitu diperlukan. Namun kemudian jika dipertemukan dengan tugas-tugas yang membutuhkan e-Mail dengan mobilitas tinggi, maka BB yang sudah dalam genggaman bisa menjadi solusi. Tahukah teman-teman, bahwa BB itu memiliki push mail yang dapat mengirim, mengedit, serta menerima e-Mail dengan begitu cepat, bahkan secepat mengirim SMS?

Bayangkan saja jika kita dikirim e-Mail penting, namun kita masih mengandalkan e-Mail web yang mengharuskan kita masuk dulu ke bowser agar dapat mengakses e-Mail, kemudian log in, barulah bisa membaca e-Mail, bayangkan saja sudah berapa banyak waktu yang terbuang percuma hanya untuk membuka sebuah e-Mail penting yang bisa jadi jika kita telat membukanya maka kita akan kehilangan sesuatu yang berharga?

Nah, sebaiknya pertimbangkan untuk mengaktifkan fitur ini jika kalian membutuhkannya.  Cara mengaktifkannya, masuk menu utama, setup wizard, kemudian pilih Email setup (dari BB OS5) dan ikuti petunjuk yang ada hingga selesai. Selamat, push e-Mail kamu sudah aktif!

2. BB sebagai modem.

Kalau kita tidak memiliki modem, tahukah kalian bahwa BB juga bisa dijadikan modem? Namun, sebelumnya perlu diperhatikan bahwa jika ingin menggunakan BB sebagai modem, kalian harus membeli data lagi dari operator, karena modem BB tidak bisa menggunakan BlackBerry Internet Service (BIS).

Caranya, setelah kalian sudah membeli paket data, hubungkan BB ke computer menggunakan kabel data, lalu buka BlackBerry Desktop Software (yang biasanya sudah disertakan di CD bawaan BB, atau bisa juga aplikasi ini didownload secara gratis di situs resmi RIM). Tunggu sejenak sampai Desktop Software mendeteksi BB kalian. Tanda bahwa BB kalian sudah terdeteksi adalah akan muncul tulisan Sinkronkan Semua dan terlihat foto BB kamu di layar komputer. Masuk ke tools/alat, lalu pilih mobile internet options/setelan internet seluler. Pilihlah pengaturan operator yang sedang kamu pakai. Masuk kembali ke menu utama Desktop Software, kemudian klik internet seluler di pojok kiri bawah. Selamat, kamu sudah terhubung ke internet menggunakan BB kamu!

Untuk para BB OS7 users, kalian tidak perlu repot-repot mengaktifkan fitur ini karena bisa langsung menggunakan WiFi yang dipancarkan dari BB kalian.

3. BB sebagai asisten pribadi.

BB kalian itu sebenarnya juga bisa dijadikan asisten pribadi lho! Asisten yang mengingatkan kalian tugas-tugas (menggunakan tasks yang sudah terinstal secara default di BB), tempat kalian menuliskan catatan-catatan kecil (menggunakan notes), mengingatkan acara-acara seperti ulang tahun dan pertemuan yang sudah kamu susun di Facebook atau di BBM, dan masih banyak lagi.

Salah satunya adalah BB sebagai alat mengerjakan tugas. Nah, daripada kalian repot-repot buka Microsoft Office untuk mengerjakan tugas-tugas menulis atau presentiasi, lebih baik kalian menggunakan BB yang sudah ada! Gimana caranya? Gampang kok. Buka AppWord, kemudian search aplikasi documents to go. Kalau ketemu, langsung deh diinstal. Kalau tidak ketemu, kamu juga bisa mencarinya di Google. Di beberapa BB aplikasi ini sudah terinstal secara default dari pabrik.

Masalah kemudian muncul saat ternyata documents to go hanya dapat membuka file-file Office namun tidak mempu mengeditnya. Bagi kalian yang punya banyak uang di kartu kredit, itu bukan masalah besar. Nah yang nggak punya?

Ups, sebenarnya ini cara membajak, ya. Kalian cari saja di Google: “documents to go registration key”, pasti ketemu. Nah, masukkan kode tadi ke menu registrasi di aplikasi documents to go. Berhasil! Sekarang BB kamu sudah bisa digunakan untuk mengedit dan membuat file Word, Power Point, dan Excel secara mudah. Bahkan nanti kamu akan diberi bonus aplikasi PDF to go yang bisa didowload di situs resmi mereka. Penulis sudah mencobanya, dan berhasil!

4. BB sebagai penghibur paling ampuh.

Sebagaimana smartphone lainnya yang juga didesain untuk hiburan, BB juga tidak kalah menarik. Kalian dapat menginstal aplikasi-aplikasi yang menarik hati kalian di AppWorld. Well, meski di AppWorld memang sudah kalah jumlah aplikasinya dari Google Play Store dan App Store (halo Android & iPhone boy!) dan menyedihkannya banyak aplikasi yang harus berbayar. Tapi, kalian masih bisa memanfaatkan yang gratisan kok.

Nah, untuk medianya, jangan lupa memasukkan music-musik  serta video favorit kalian ke BB agar sewaktu-waktu kalian merasa jenuh, kalian dapat memutar dan memainkannya agar tidak mati gaya.

Salah satu yang sering dikeluhkan oleh para BB user adalah tidak adanya radio di BB. Tenang saja, kalian tidak perlu risau karena kalian dapat menginstall aplikasi tambahan untuk mendengarkan radio. Tidak menggunakan sinyal FM, melainkan streaming melalui BIS sehingga kalian tidak perlu takut akan kehabisan pulsa. Kalian bisa streaming sepuasnya, dan hebatnya lagi pilihan channel radionya sangatlah banyak, bahkan hingga radio luar negeri. Saya sendiri sangat suka mendengarkan Kerrang! Radio UK, siaran radio music rock dari Inggris.

Kalian dapat menemukan aplikasi ini di AppWorld, tinggal search saja NuxRadio.

5. Alat berbagi dan penghubung tercepat.

Dengan terpasangnya aplikasi-aplikasi jejaring social seperti Facebook, Twitter, Foursquare, dan lainnya, maka BB kamu dapat dijadikan alat berbagi tercepat. Bayangkan saja jika kamu suatu saat melihat kejadian penting (contoh: UFO turun ke Bogor), kamu tinggal menjepretnya, lalu membagikannya melalui Facebook dan Twitter, maka seluruh dunia pun seketika tahu kejadian tersebut hanya dalam hitungan detik. Beberapa waktu yang lalu saya juga sempat menemukan aplikasi Kompas Citizen Report, tempat untuk melaporkan kejadian-kejadian yang dialami rakyat biasa yang tertarik untuk menjadi wartawan.

Atau jika kamu suka menulis, maka jangan lupa untuk memasang aplikasi blogging seperti WordPress dan Blogger, kamu pun bisa nge-blog dengan lebih simpel, lebih mudah, dan tentunya lebih cepat.

Dan aplikasi chatting, jangan hanya terpaku dengan BBM yang hanya bisa chatting-an dengan sesame BB users. Sudah banyak aplikasi chatting lintas smartphone, seperti WhatsApp, LINE, Viber, dan masih banyak lagi yang dapat dicoba, agar kamu juga bisa terhubung dengan para pengguna Android, Windows Phone, iPhone, dan Symbian.

Jangan lupa bagi para pengguna BB OS6 ke atas, update BBM kalian ke update terbaru yang memungkinkan kita menelpon pengguna BBM lain dalam jangkauan WiFi.[1]

[Hawari, santri kelas pertama SMA di Pesantren Media]
Catatan: tugas ini adalah sebagai tugas menulis feature kelas menulis kreatif.


[1] Belum tersedia untuk BB OS5 ke bawah.

By Hawari

Hawari, santri angkatan ke-2 jenjang SMA di Pesantren Media | Blog pribadi: http://downfromdream.tumblr.com | Twitter: @hawari88

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *