Matematika “Makin Tekun Makin Mematikan”, Apa Iya?

552 views

Ketika kita mendengar kata”MATEMATIKA” pasti yang terlintas di benak kita adalah angka-angka yang  dihitung yang berhubungan dengan tanda jumlah, kurang, kali, dan bagi seperti misalnya 1+1=2 atau 3×3=9. Tidak sedikit siswa sangat “MEMBENCI” pelajaran ini.  Menurut mereka, pelajaran yang berhubungan dengan rumus-rumus, trigonometri, logaritma atau penghitungan inilah yang memusingkan dan pelajaran yang paling ditakuti mereka. Nah, apakah benar matematika “MAKIN TEKUN MAKIN MEMATIKAN”. Yuk simak artikel yang satu ini!

 Pada kehidupan sehari-hari Matematika sangat digunakan bagi orang yang biasa sekali pun. Pedagang sayur, tukang bangunan, tukang parkir mereka menggunakan ilmu Matematika untuk menghitung uang untuk membeli atau kembalian.

Matematika sebenarnya adalah patokan dari semua pelajaran sains, baik itu Fisika, Ekonomi, dan Kimia. Dari semua pelajaran tersebut tidak akan bisa dipahami kalau saja kita belum belajar dasarnya yaitu Matematika. Tapi yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana agar kita dapat menguasai pelajaran Matematika dan kita tidak membenci pelajaran Matematika ini? Kita juga perlu mengingat kalau tidak ada cara mudah untuk menguasai Matematika tapi yang ada adalah bagaimana cara yang benar dalam mempelajari Matematika. Berikut ini tips agar kita dapat menguasai Matematika:

  1. Luruskan niat

Dalam kita belajar matematika janganlah kita berharap mendapatkan nilai yang bagus ataupun hanya sebagai syarat kelulusan saja karena jika kita memiliki niat seperti itu kalau kita sudah melewati tes/ujian maka kita akan cepat melupakan pejaranan yang sudah lewat diujikan tadi kita niat belajar matematika adalh untuk menambah pengetahuan.

2.    Kenali,pahami lalu cintai keindahan matematika

Mencintai matematika tapi bagaimana kita bakal mencintai/menyukai kalau kita tidak mengenal matematika maka sebelum kita mencintai kita harus mengenal dulu apa fungsi matematika bagi kehidupan sehari-hari.dan tanamkan pada pikiran kita bahwa matematika adalah hal yang indah, menarik dan sebagai teka-teki yang menyenangkan untuk di pecahkan.

3.  Berdoa

Sebaiknya sebelum kita memulai belajar matematika ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar semua materi yang akan kita pelajari di berikan kemudahan untuk memecahkan semua persoalan yang di berikan oleh guru.

4.   Banyak latihan dan belajar

Dari ketiga tips diatas tidak aka nada gunanya jika tidak banyak latihan dengan KONSISTEN dan belajar. Ada masa-masa kita sedang giat-giatnya belajar tapi ada juga masa-masanya kita malas belajar karena itulah kita butuh ke disiplinan dan kekonsistenan dalam mempelajari matematika. Dalam satu hari kita tidak usah meluangkan waktu banyak-banyak  cukup konsisten waktu belajar saja.karena jika kita semakin giat berlatih kita akan semakin mahir.

Sebenarnya bukan karena susah pelajaran matematikanya, tetapi tergantung kitanya jika kita mau berusaha dan terus berusaha  maka kata” MAKIN TEKUN MAKIN MEMATIKAN” tidak akan pernah ada di dalam benak kita. Karena barang siapa orang yang bersungguh niscaya akan mendapatkan hasil yang manis dari kesungguhannya.

Dan dalam kehidupan kita tidak akan pernah lepas dari hitung-hitungan karena hampir semua kegiatan akan menggunakan matematika sekecil apapun itu. Semakin kita membenci dan menjahuinya  matematika tidak akan pernah menjauh dari hidup kita.[Chairunisa, santriwati angkatan ke-2 jenjang SMA, kelas 2 di Pesantren Media]

 

feature karya santri matematika

author
Chairunisa Bayu Parameswari | Santriwati Pesantren MEDIA, angkatan ke-2, kelas 3 SMA.

Posting Terkait