Matahari

778 views

Matahari merupakan salah satu benda angkasa ciptaan Allah. Ukurannya sangat besar sekali. Matahari juga mempunyai sinar yang sangat terang  yang bisa menerangi bumi di siang hari sehingga manusia bisa melakukan segala aktifitasnya di siang hari. Panas yang dimiliki oleh matahari juga luar biasa panasnya.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an mengenai matahari, yang artinya:

“Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah Timur) dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahari itu,” ( Q.S Al Kahfi [18]: 90 )

Kalau di SD dulu saya pernah belajar Sains dan di buku sains itu menjelaskan, kalau matahari itu terbuat dari gas helium dan gas hidrogen yang terbentuk selama ratusan juta tahun. Tapi untuk kebenarannya ya Wallahu a’lam.

Matahari terbit dari arah timur ke barat. Jika matahari terbitnya dari barat kemudian ke timur, itu adalah tanda-tanda kalau kiamat sudah semakin dekat.

Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan, yaitu untuk memperkuat pertumbuhan tulang. Sinar matahari juga mampu menyembuhkan penyakit kuning pada bayi. Tapi, kadang kita malah takut terhadap sinar matahari itu sendiri, alasannya bermacam-macam, mulai takut hitam, takut kulit gampang kering dan lain-lain. Lalu apa yang terjadi jika kita kekurangan sinar matahari? Berikut ini akan dijelaskan tentang orang-orang yang kekurangan sinar matahari.

  • Yang pertama kita akan kekurangan vitamin D.
  • Imunitas tubuh kita menurun, reseptor juga terdapat pada organ imunitas. Oleh sebab itu, mereka yang jarang terkena sinar matahari mudah terserang penyakit flu dan juga bronchitis.
  • Akan mudah depresi dan mempengaruhi mood. Sinar matahari juga mempengaruhi kinerja otak. Akibat aliran darah yang kurang terstimulasi, maka depresi akan kerap dialami oleh orang yang jarang terkena sinar matahari.
  • Mempengaruhi hypothalamus, yaitu pusat yang mempengaruhi pembentukan sel-sel hormon. Reseptor pada hyppthalamus dapat mempengaruhi usus, tulang, ginjal, otak dan kelenjar seks.
  • Akan memicu berlebihnya hormon parathyroid, yang mempengaruhi kandungan kalsium pada tubuh. Dan yang lebih bahaya lagi dapat merangsang sel tumor.

Matahari juga memiliki manfaat yang lainnya diantaranya.

  1. Cahayanya bisa menerangi bumi sehingga manusia bisa melakukan aktifitasnya di siang hari.
  2. Sebagai penanda waktu shalat.
  3. Bisa mengeringkan pakaian yang dijemur.
  4. Bisa mengerikan makanan.
  5. Bisa membantu proses fotosintesis.
  6. Panas matahari di pagi hari bagus untuk kesehatan kulit.

Demikian sekilas informasi tentang matahari dan manfaatnya. Artikel ini juga ada beberapa masukan yang di dapat dari internet. [Cylpa Nur Fitriani, santriwati angkatan ke-1, jenjang SMA, Pesantren Media]

Catatan: tulisan ini bagian dari tugas menulis di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

KOMENTAR: Cylpa sudah memperbaiki tulisan ini–yang sudah disetornya pekan kemarin. Setelah dikoreksi dan ditanggapi sebelumnya, sekarang ditulis menjadi lebih bagus. Terus berlatih dan tetap semangat menulis!

O. Solihin
Instruktur Kelas Menulis Kreatif

==

*Gambar dari sini

matahari menulis pesantren media santri

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait