Masjid Nurul Iman

644 views

Asslamu’alikum teman-teman. Kali ini Putri bakalan certain tentang Mesjid Nurul Iman. Yang terletak di Komplek Laladon Permai, Ciomas Bogor. Di sinilah warga Laladon Permai atau bukan warga Laladon Permai mengerjakan  ibadah kepada Allah SWT. Mesjid ini juga tepat kami berlajar. Tempat kami berduskusi, dan banyak deh manfaatnya. Mesjid ini lumayan besar. Dan juga termasuk mewah. Tapi, sayang mesjid ini banya kotoran cicak dan tikus.

       Sejarah Mesjid Nurul Iman

Yang saya baca dari WordPressnya DKM Nurul Iman. Mesjid di kirakan dibangun pada tahu 80-an. Atau lebih tepatnya tahun 1987. Awalnya Mesjid Nurul Iman ini bukan mesjid melainkan musholla. Mesjid di belakangnya ada pembuangan. Aku tidak habis piker, kok bisa sih di belakang mesjid saah. Gak logis banget. Kami sering kebauan akibat bau  sampah itu. Nah terus, kan kalo bau sampahnya buat orang tidak khusu Sholatnya. Apakah tidak tempat lain untuk membuang sampah itu? Hem, entahlah mungkin pengurus-pengurusnya lagi memikirkannya. Semoga!

Kenapa Yah Di Namakan Nurul Iman ?

Kalo dilihat di wordpress  DKM Nurul Iman. Katanya gak tau siapa yang mencetuskan kata Nurul Iman. Mungkin bapak-bapak pembuka mesjid itu. Atau mungkin dari ketua DKM mesjid itu. Entahlah, Putri tidak terlalu memahami.

Em, kalo kita bahas meesjid emang tau apa itu mesjid. Nah, kalo gak tau Putri jelasin yah! Buat yang udah tau Putri ingatin lagi yah!

Pengertian Mesjid

Mesjid adalah rumah tempat Ibadah orang muslim. Mesjid itu artinya tempat sujud. Kalo misalnya yang berukuran kecil itu sering disebut langgar, musholla dan surau. Selain tempat Ibadah, mesjid juga pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan – kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Mesjid. Mendirikan Mesjid pahalanya besar lho. Contohnya hadistnya :

Barangsiapa mendirikan satu mesjid, walaupun sebesar lubang yang digali oleh burung ayam untuk bertelur, pasti Allah mendirikan untuknya satu rumah yang sepadan di surga.”9Hadist Riwayat Ahmad)

Teman-teman, ternyata di mesjid juga ada adabnya lho! Mau tau nggak apa aja adab-adab di mesjid Putri sebutin yah. Tapi, gak semuanya yah??:

  • Kalo kita ingin masuk Mesjid. Kita harus suci terus wangi. Misalnya, kalo kamu habis makan jengkol  , lalu kamu tidak sikat gigi. Gimana? Kasihan yang di sampingnya kebauan. Maknya kita dianjurkan buat suci dan wangi.
  • Membaca sholawat atas nabi dan berdoa ketika hendak masuk ketika telah sampai pada pintunya. Dan juga membaca do’a:
  • اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“Ya Allah ya Tuhan kami, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku ” .

Kemudian ketika keluar membaca :

  • اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“Ya Allah ya Tuhan kami , sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dari keutamaan -Mu“.

Atau membaca doa-doa yang terdapat di dalam hadits-hadits shahih yang lainnya .

  • Kalo memasuki Mejid sebaiknya medahulukan  Kaki Kanan. Dan keluar mendahulukan kaki kiri.

 

Nah, teman-teman Bumi juga tempat sujud. Allah menjadikan bumi untuk tempat sujud umat muslim. Sudah dulu yah! Penjelasanya, terimakasih semoga bermanfaat!

[Saknah Reza Putri, santriwati angkatan ke-2, jenjang SMP, Pesantren Media]

DKM Masjid Nurul Iman

Penulis: 
author
Santriwati Pesantren Media, angkatan ke-5 jenjang SMA. Sudah terdampar di dunia santri selama hampir 6 tahun. Moto : "Bahagia itu Kita yang Rasa" | Twitter: @FathimahNJL | Facebook: Fathimah Njl | Instagram: fathimahnjl

Posting Terkait