Malas, Jalan Menuju Penderitaan

653 views

catlazy

Malas, adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh manusia. Padahal, sebenarnya malas itu merupakan kunci menuju kegagalan. Bayangkan saja. Misalnya, jika kita mempunyai pr (pekerjaan rumah) yang di berikan oleh guru-guru kita di sekolah tapi, kita malas untuk mengerjakannya. Setiap hari pr yang kita miliki selalu ditunda karena kemalasan kita. Akhirnya, ketika sudah tiba salah satu pelajaran atau bahkan semua pelajaran yang ada pr nya hari ini, tapi pr belum juga belum dikerjakan, sudah pasti kita akan di hukum oleh guru yang mengajar pelajaran tersebut. Jika setiap hari kita terus seperti itu, kemungkinan besar tidak akan bisa untuk naik kelas. Dan pastinya kita akan malu banget sama teman-teman yang lainnya. Iya kan?!

Itulah salah satu contoh kemalasan yang dimiliki oleh manusia. Sebenarnya, masih ada lagi sih contoh kemalasan yang dimiliki oleh manusia. Tapi berikut ini ada firman dari Allah SWT. yang berhubungan dengan malas. Yang artinya:

“Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan RasulNya dan mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan. ( Q.S At Taubah [9]: 54 )

Berikut ini adalah beberapa contoh malas.

  1. 1.       Malas makan

Biasanya, kalau kita lagi sibuk atau lagi bad mood pasti kita akan malas, termasuk malas makan. Misalnya, ketika di ajak makan oleh teman, biasanya kita akan bilang ‘Iya, nanti aku nyusul’ atau  ‘Duluan aja’. Kadang, sampai kita selesai makan dan kembali lagi ke kelas atau ke tempat kerja teman yang kita ajak tadi belum pergi makan juga. Ya pasti lama-kelamaan jadi nggak makan. Dan akhirnya pasti nanti akan terkena penyakit maag. Nah lho, menderitakan!

  1. 2.       Malas belajar

Hampir setiap hari pasti diantara kita ada yang malas belajar, termasuk saya sendiri. Biasanya, kita akan rajin belajar jika mau ada ujian nasional, ulangan harian atau ulangan yang lainnya, baru deh rajin belajar. Nah, kalo udah kaya gitu belum tentu juga kita akan konsen belajar dan dapat nilai bagus. Pasti kita juga yang akan menderita karena stress memikirkan ulangan yang akan dihadapi. Kena derita lagi deh!

  1. 3.       Malas mandi

Malas mandi kalo menurut orang jaman sekarang, mungkin udah dianggap biasa sama sebagian orang. Apalagi lagi kalo musim ujan, weitss pasti tambah males lagi mandinya. Gimana nggak males, kalo musim hujankan biasanya dingin apa lagi kalo pagi-pagi. Tambah males lagi deh mandinya. Udah gitu berangkat sekolah, tapi belum mandi. Pasti, teman-teman yang ada di sekitar kita akan keganggu karena badan kita yang bau karena belum mandi. Biasanya, kalo udah kaya begitu biasanya pasti akan di ledekin sama temen sekelas. Derita lagi dah!

Nah, itulah kira-kira beberapa contoh sifat malas yang dimiliki oleh manusia. Semoga ini bisa membuat kita setidaknya bisa mengurangi rasa malas dan semoga bisa bermanfaat.

[Cylpa Nur Fitriani, santriwati angkatan ke-1 jenjang SMP, Pesantren Media]

Catatan: tulisan ini sebagai tugas menulis di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

artikel malas rugi

Penulis: 
author
Farid Abdurrahman, santri angkatan ke-1 jenjang SMA (2011) | Blog pribadi: http://faridmedia.blogspot.com | Alumni Pesantren MEDIA, asal Sumenep, Jawa Timur

Posting Terkait