Kita Harus Bangga

476 views

url

Siapa ilmuwan yang kamu ketahui? Albert Einstein? Itu lagi itu lagi. Adakah yang lain? Sebagai seorang muslim seharusnya kita bangga punya ilmuwan-ilmuwan yang luar biasa. Orang-orang kafirpun mengakuinya, sampai-sampai mereka mengubah nama-nama ilmuwan muslim kita menjadi nama dalam bahasa mereka. Mungkin supaya kita tidak tahu kalau yang menemukan aljabar itu adalah ilmuwan muslim.

Berikut ini beberapa ilmuwan muslim sampai daulah abbasiyah yang saya ketahui:

  1. Al-Khawarizmi. Ia adalah seorang ilmuwan muslim yang menemukan aljabar. Selain itu, ia juga ahli geografi dan ahli membuat tabel astronomi.
  2. Al-Battani. Ia adalah seorang ahli astronomi yang berhasil mengukur panjang tahun dengan teliti, 365 hari 5 jam 46 menit 24 detik. Dalam matematika ia memperkenalkan jib (sinus) yang lebih mudah dipahami daripada cara orang Yunani, yang menggunakan busu, serta zhil (tangens) sebagai fungsi geometri.
  3. Ibnu Sinna. Umur 10 tahun ia sudah hafal Al-Quran dan pada umur 18 tahun menguasai semua ilmu yang ada pada kala itu. Ia juga ahli kedokteran yang menulis Qanun Fi At-Thibb selama 5 abad menjadi buku pegangan di universitas-universitas Eropa. Selain itu ia memiliki karya-karya ilmiah di bidang logika, matematika, astronomi, fisika dan mineralogi. Lalu ia juga menulis ekonomi dan politik.
  4. Ibnu Hayyan. Ia adalah filosuf dan ahli logika yang bekerja di bidang fisika dan kedokteran tapi karya utamanya ada di bidang kimia. Ia sangat mahir dalam kristalisasi, sublimasi, distilasi, kalsinasi dan sebagainn=ya. Ia berhasil membuat bermacam-macam jenis asam.
  5. Al-Kindi. Ia adalah seorang filosuf, ahli geografi. Bekerja di bidang kedokteran dan matematika, dalam fisika ia membahas tentang optika geometris, gelombang bunyi serta musik. Ia termasuk tokoh yang tidak percaya pada ajaran mesir kuno tentang kemungkinan transmutasi logam-logam menjadi emas.
  6. Ibnu Qurroh. Ia seorang ahli astronomi dan matematika, ia menulis juga di bisang kedokteran dan bekerja dalam bidang fifika dan filsafat.
  7. Ibnu Nafis. Ia adalah seorang ahli kedokteran yang mendahului Harvey beberapa abad, mengungkapkan sistem peredaran darah dalam tubuh manusia dan menguraikan struktur bronchial pada paru-paru, serta interaksi pembuluh darah, udara dan darah dalam organ tersebut.
  8. Al-Idrisi. Ia adalah orang yang berpengetahuan luas tentang flora dan fauna serta ahli dalam tetumbuhan yang berkhasiat.
  9. Al-Khayyam. Ia adalah seorang ahli astronomi dan kedokteran. Ia juga memiliki karya besar dalam bidang matematika. Ia menemukan koefisien-koefisien binomial jauh sebelum pascal memperkenalkan segitiganya dan memecahkan persamaan-persamaan kubik.
  10. 10. Al- Bairuni. Ia adalah ilmuwan muslim yang ahli di bidang geografi, matematika dan fisika. Selain itu ia juga ahli mineralogy. Orang pertama yang mempersoalkan perputaran bumi mengelilingi sumbunya dan menyatakan universalitas hukum alam dengan mengatakan bahwa gravitasi di bumi sama dengan gravitasi di langit.

 

Wah hebat-hebat ya! Makanya kita harus bangga menjadi seorang muslim. Ada tidak ya muslim yang sekarang seperti ini?

[Neng Ilham Raudhatul Jannah,  santri kelas 3 jenjang SMA, Pesantren Media]

ilmuwan muslim iptek khilafah pendidikan

Penulis: 
author
Noviani Gendaga | Santriwati angkatan ke-2, jenjang SMA, kelas 3 | Asal Samarinda, Kalimantan Timur

Posting Terkait