Kebaikan membawa arti

130 views

Ada sebuah keluarga yang kehidupannya serba cukup, apa-apa harus kerja untuk mendapatkan uang untuk kebutuhan makan sehari-hari. Dan salah satu anak dari mereka bekerja sebagai ojek payung padahal anak itu baru berusia 8 tahun, anak itu selalu bekerja dan terus bekerja untuk membantu orangtuanya mencari uang untuk kebutuhan sehari-hari.
Kemudian saat hari ditemani hujan deras anak itu bekerja menjadi ojek payung, anak itu melihat seorang bapak yang sedang menunggu hujan reda lalu anak itu menghampirinya dan bertanya “bapak tidak apa – apa? Soalnya saya liat tadi bapak kayak gelisah banget” kemudian bapak itu menjawab “bapak ditunggu anak saya di warung tegal dipinggir sana, bapak ingin pulang ke rumah dan sudah ditunggu anak saya, tadi anak saya ingin langsung kesini tetapi hujannya deras sekali dan lama sekali berhenti” lalu anak itu berbicara “owh…ya sudah pak saya antar bapak ke warung tegal pak, sayakan ojek payung.” Lalu bapak itu menjawab lagi “kamu ojek payung?! Tetapi bapak tidak punya duit lagi, duitnya baru dipakai untuk kebutuhan kantor bapak.” Lalu anak tersebut menjawab “Tidak apa-apa pak, GRATIS, yuk pak saya antar ketempat anak bapak berteduh.” Bapak itu berbicara lagi “sungguh?! Gratis?! Alhamdulillah ya allah…makasih ya dek kamu antar bapak ke tempat anak saya berteduh.” “iya pak sama-sama”.
Beberapa lama kemudian ayah anak tersebut jatuh sakit dan langsung dibawa kerumah sakit. Pada saat itu keluarga mereka belum memikirkan biaya, setelah dokter mengucapkan “maaf bu bila suami ibu ingin cepat sembuh kami harus menjalankan operasi.” “lakukan saja yang terbaik dok terhadap suami saya.” “baik bu kami akan melakukan yang terbaik semampu kami, dan silahkan diurus adrimistrasinya ya bu.” Disitulah ibu anak itu memikirkan biayanya.
Kemudian ada seorang bapak yang mendatangi keluarga anak itu, anak itu bilang “bapak?!” lalu bapak tersebut menjawab “iya, kamu masih ingat bapak dek?! Kamu kenapa ada disini?” kemudian anak itu menjawab “iya pak saya ingat, ini saya baru saja mengantar ayah saya ke rumah sakit ini, ayah saya tiba-tiba jatuh sakit dan perlu dioperasi pak. Dan masalahnya kami tidak punya biaya untuk adrimistrasinya. Bapak sedang apa disini?” lalu bapak itu bilang “lho bapak ini pemilik rumah sakit ini dek” “benarkah?” dan bapak itu bilang lagi ke anak tersebut “tadi kamu perlu biayakan untuk operasi ayah kamu, nanti bapak deh yang urus biayanya, gimana?, mungkin ini cukup untuk membalas kebaikan kamu satu bulan yang lalu kalau kamu tidak ada pasti saya akan telat pulang kerumah untuk menemui seseorang untuk masalah pekerjaan.” “Alhamdulillah ya allah Alhamdulillah…”.Setelah beberapa bulan kemudian sang bapak kembali sehat dan akhirnya keluarga itu hidup bahagia…

Penulis: 
    author
    Santri kelas 2 jenjang SMP (masuk tahun 2016).

    Posting Terkait