Karena Satu Visi dan Misi

1185 views
Kebersamaan Santri PM

Kebersamaan Santri PM

Arti teman buat remaja sangat berarti. Biasanya mereka lebih memilih cerita ke teman dari pada ke orang tua. Karena merasa aman dan nyaman. Terasa lebih nyambung karena satu pemikiran dan karakter. Begitulah anggapannya.

Konflik yang terjadi dalam pertemanan itu memang sudah biasa. Apalagi kalau pertemanannya dengan banyak orang, akan tambah besar konflik yang ada. Hal sepele biasanya yang dipermasalahkan. Misalnya nggak ditungguin, piring punya temannya nggak dicuci, menyembunyikan makanan dll.

Tinggal di pesantren punya ruang sendiri yang sangat berbeda. Dalam satu kamar itu biasanya ada aja yang jadi pembuat masalah tapi pasti ada yang bisa melerainya, ada yang nggak mau berbagi tapi ada juga yang memberi tanpa dimintai, ada yang cuek tapi ada juga yang sangat perasa, ada yang garing tapi ada juga pelawak sejati.

Belajar semuanya dari arti kebersamaan, saling berbagi, saling melengkapi dan saling mengisi. Wajar kalau awalnya merasa nggak nyambung. Karena yang namanya tinggal di pesantren pasti yang tinggal di sana adalah orang rantauan semua. Ada yang masih satu daerah tapi beda kabupaten, ada yang masih satu pulau tapi beda provinsi dan malah ada yang beda pulau.

Beda tempat tinggal ini yang mewarnai hari-hari, karena berbeda karakter dan cara berkomunikasi. Ada yang bilang orang sunda nggak suka sama orang batak karena watak mereka keras kayak marah-marah kalau ngomong. Begitupun sebaliknya orang batak menganggap orang sunda terlalu lembut nanti salah ngomong.

Tapi yang berbeda itu akhirnya bisa sama, bisa menyatu, bisa nyambung bisa menerima karena islam yang membuatnya seperti itu. Karena aqidah yang sama itulah akhirnya semuanya bisa saling mengerti dan saling memahami. Karena tujuan yang sama itulah akhirnya bisa menguatkan dan saling menyempurnakan. [Ilham Raudhatul Jannah, santriwati angkatan ke-1, kelas 3 SMA Pesantren Media]

feature sahabat santri teman

Penulis: 
author
Ilham Raudhatul Jannah, biasa disapa Neng Ilham | Santriwati Pesantren MEDIA angkatanke-1, jenjang SMA | Alumni tahun 2014, asal Menes, Banten | Twitter: @senandungrindu1

Posting Terkait