Jika Hujan Melanda

463 views

Bogor memang dikenal sebagai kota hujan. Bukan cuma hujan biasa, tapi terkadang juga di sertai dengan angin kencang dan petir yang sangat mengerikan. Walaupun sudah memasuki musim kemarau, di Bogor ini terkadang masih sering di guyur hujan dengan curah hujan tinggi.

Hujan ini bisa menyebabkan air sungai meninggi dan dampaknya bisa menyebabkan pemukiman yang berada di sekitar sungai Ciliwung terkena banjir. Bukan hanya itu, longsor juga akan mengancam pemukiman yang tinggal di daerah rawan longsor. Seperti salah warga komplek Laladon Permai yang bagian belakang rumahnya hilang akibat terkena longsor. Untung saja tidak sampai menyebabkan korban jiwa. Bocor juga menjadi salah satu masalah jika hujan melanda. Jika kawasan yang bocor di rumah anda lumayan luas, ini bisa mengakibatkan rumah menjadi banjir.

Tidak semua hujan yang terjadi, mengakibatkan kerugian. Tapi juga ada keuntungannya. Contohnya:

  1. Setelah hujan, udara lebih terasa segar karena semua gas-gas beracun yang ada di udara telah hilang terbawa hujan.
  2. Oksigen lebih banyak tersedia.
  3. Sungai yang tadinya kering kembali terisi.
  4. Tumbuhan mendapatkan air yang banyak, sehingga buah-buahnya akan tumbuh dengan lebat dan itu adalah sebuah rezeki yang dilimpahkan oleh Allah kepada hamba-Nya.

Ada salah satu ayat di Al Qur’an mengenai hujan, yang artinya:

“Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan Yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-ja]an, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam.” (Q.S Thaahaa [20]: 53)

Supaya anda lebih siap untuk menghadapi hujan, berikut ini adalah beberapa tips jika hujan melanda.

–          Pertama, ketika kita ingin berpergian, sediakan payung atau jas hujan di dalam tas anda. Walaupun saat pagi cuaca terlihat cerah, karena  kemungkinan untuk hujan di siang hari atau sore hari pasti ada.

–          Jika hujan di sertai dengan petir, cabutlah semua aliran listrik di rumah anda kecuali lampu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya arus pendek listrik.

–          Sebaiknya, hindari tinggal di kawasan yang rawan terkena banjir dan longsor.

–          Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin supaya tubuh tetap sehat.

Itulah kira-kira yang bisa saya tuliskan mengenai hujan. Walaupun hanya sedikit, semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya. Terima Kasih.

[Cylpa Nur Fitriani, santriwati angkatan ke-2, jenjang SMP, Pesantren Media]

bogor hujan

Penulis: 
author
Santriwati Pesantren Media, angkatan ke-5 jenjang SMA. Sudah terdampar di dunia santri selama hampir 6 tahun. Moto : "Bahagia itu Kita yang Rasa" | Twitter: @FathimahNJL | Facebook: Fathimah Njl | Instagram: fathimahnjl

Posting Terkait