Infographic #1

111 views

Assalamualaikum, buat kalian yang lagi liat postingan ini :3.

Kali ini, saya akan membagikan Ilmu yang saya punya seputar dunia Design, yaitu tentang Infografis.

Infografis sendiri, sebenarnya digunakan untuk membuat suatu penyajian data, menjadi lebih atau bahkan sangat menarik. Kenapa infografis dibutuhkan? Because that, kita sekarang hidup di zaman yang rata-rata instan­. Mie instan, kopi instan, segalanya serba instan. Makanya ketika kita diarahkan untuk mengolah suatu data, atau minimal menganalisis suatu data, pastilah mata dan pikiran kita akan pusing begitu melihat angka-angka atau teks-teks yang suangat buanyak. Karena itu, dibuatlah teknik Infografis.

Infografis sendiri, adalah kependekan dari Grafis Informasi, yang artinya, kita menyajikan suatu data (Pemilihan suara pilkada misalnya, atau sensus penduduk) dan kita tambahkan dengan visualisasi yang menarik. Infografis sebenarnya sudah berkembang dari zaman 1855-an, ketika kala itu sebuah infografis yang berdasarkan penelitian Florence Nightingale yang berjudul “Diagram of the Causes of Mortality” atau bisa disebut “Diagram angka penyebab kematian”. Cara penyampaiannya, menggunakan infografis yang simple, namun signifikan untuk membuat orang yang melihatnya tidak pusing.

Singkatnya, infografis itu adalah menyatukan data-data hasil analisis, pencarian, atau hasil wawancara ke dalam teknik design, tentunya dengan komposisi dan feel yang sesuai dengan apa yang sedang kita ingin sampaikan ke audience.

“Hmm, kayanya susah deh. Butuh waktu lama untuk mempelajarinya.”

Of course tidak mudah. Apalagi jika tidak mengetahui dasar-dasar dalam Design seperti; Filosofi warna, filosofi bentuk, penataan, komposisi, dan lain-lain. Jadi saya sarankan, sebelum kalian mempelajari Infografis, ada baiknya kalian belajar dasar-dasarnya dulu. Agar nanti tidak kagok ketika memilih warna. Jangan sampai, ketika anda disuruh untuk membuat infografis tentang ‘Data penduduk lansia di suatu daerah’, anda malah memakai warna yang cerah ketimbang warna yang monochrome. Tidak cocok.

Umm, mungkin cukup segitu dulu untuk sekarang, karena saya juga harus belajar lebih banyak lagi, agar bisa nge-share ilmu juga sebanyak-banyaknya J

Thanks buat yang udah baca, u’r the
bintangihsan, Pesantren MEDIA

@bintangihsan_ Design how to infografis infographic

Penulis: 
    author

    Posting Terkait