Hari yang Menyenangkan Tetapi Melelahkan

715 views

Jam weker pun berbunyi kriiiiiiiiiing……..kriiiiiiiiing…..kriiiiiiiiiiiing….. itu  berarti menunjukan pukul 03.00  tandanya aku  harus bangun  dari tidurku. Aku pun segera mandi. Setelah mandi aku sholat thajud dan membaca al-qur’an. Setelah selesai aku  membersihkan tempat tidurku yang kecil dan berantakan. Setelah rapi aku pun sholat subuh. Setelah sholat subuh aku  pergi ke dapur. Untuk membantu umi menyiapkan sarapan.

“Assalamu’alaykum”aku memberi salam kepada umi

“Wa’alaikumusallam”jawab salam  umi aku

“Ada yang bisa Ana bantu mi?”aku bertanya kepada umi

” Ada ! Ana, tolong bantu umi ya  bikin susu dan teh”kata umi

“Iya mi”kata aku

“Setelah itu tolong tarohkan di meja makan ya !”umi minta tolong kepada aku

“Iya mi”kata aku sambil membikin susu dan teh

“Assalamu’alaykum Rafa April ayo de  makan kata umi”kata aku sambil memangil adik-adikku

“Wa’alaikumusallam !Ya, kak !!! Tunggu sebentar” kata Aprilia

“Segera”kata aku sambil  mau menuju ke meja makan

“Iya”kata mereka

“Mana adikmu Ana?”kata umi sambil bertanya

“Masih dikamar mi” kata aku sambil mengambil roti

“Assalamu’alaykum”kata adik-adikku

“Wa’alaikumusallam”kata aku ,umi dan abi

“Kemana aja kok  jadi lama sekali? “abi bertanya kepada adik-adikku

“Maaf abi, tadi aku dan Rafa lagi beresin buku soalnya berantakan!”kata mereka berdua

“Ya sudah , makan dan segera  pergi kesekolah! “ kata abiku

“Iya abi “ kata April dan Rafa

“Umi , abi  Ana pergi dulu ya kesekolah ?” aku berpamitan kepada umi dan abi

“Iya.Hati-hati ya ! Belajar yang benar “abi menasehati aku

“Iya. Assalamu’alaykum” aku memberi salam kepada umi dan abi

“Wa’alaikumusallam” umi dan abi  menjawab salamaku

Aku berjalan kaki menuju kesekolah.Saat dijalan tiba-tiba….

“ Assalamu’alaykum”Fitri dan Syara mengagetkan aku

Aku pun kaget  dan aku bersegera.Mengucapkan “Astaghfirullahhalazim”mengagetkan aku

“Ya Allah iiih kalian ngaget – ngagetin ajah iiih usil” kata aku sambil terengah-engah .

“heeheheheheheh maaf ya “ mereka pun meminta maaf .

“iya iya, ayo kita pergi ke sekolah nanti telat   looo!  oh iya, aku belum jawab salam kalian wa’alaikumusallam” kata aku sambil bercepat-cepat ke sekolah .

Kami pun segera pergi ke sekolah .Setelah kami sampai ke sekolah.Kami pun bertemu dengan Tasya, Nisa, Mita, Alya, Murni, Lia, Muna dan Putri. Mereka pun memberi salam kami men gucapkan

“Assalamu’alaykum” kata mereka

“Wa’alaikumusalam  “ kami menjawab salam mereka

“ Ana kamu sudah mengerjakan PR Matematika belum? “kata Tasya bertanya kepada aku

“Insya Allah sudah “ kata aku menjawab pertanyaan dari Tasya

“Kamu sudah ?” kata aku balik bertanya kepada Tasya

“Alhamdulillah selesai”kata Tasya

“Alhamdulilah “ kata aku

“Ayo semuanya siap-siap ustadzah mau datang” kata ketua kelas yang bernama Adam

Assalamu’alaykumwarahmatulahiwabarakatu”kami mengucapkan salam  kepada ustadzah

“Wa’alaikumusalamwarahmatulahiwabarakatu”ustadzah nabyla menjawab salam

Kami pun membaca doa bersama-sama. Ustadzah Nabyla pun memeriksa tugas kami .Alhamdulilah aku mendapatkan nilai 10.Setelah di periksa ustadzah Nabyla memberikan kami tugas aljabar.Setelah selesai kami mengumpulkan tugas-tugas itu.Dan waktunya istirahat …….

“Kekantin yo….” kata syara

“Ayo…..”aku dan fitri senang hati

“ Emmmm duduk di mana ?” kata Syara

“Itu di sana kosong “ kata aku

“Oh ya … ayooo”kata Fitri

“Ana pesan apa biar aku pesanin tapi bayar sendiri ya……” kata Syara nawarin aku

“Emmm kentang goreng 2{dua} ajah ya !!”kata aku

“Iya,tapi bayar sendiri ya!!!!!!”kata  Syara ngeledek aku

“siip.! “ kata aku sambil mengacungkan  jempol jari ku

“Kamu apa Fit??”Syara nawarin Fitri lagi

“Aku nasgor ajah dech” kata Fitri  memesan nasgor

“Bu Lina………nasgor  1 {satu} miegor 1{satu} kentang goreng 2{dua}” Syara sedang memesan makanan

“Iya “ kata ibu kantin itu

Setelah makan kami membayarnya masing-masing.Tiba-tiba bel pun berbunyi teeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttttt…………………..“kok istirahatnya  sebetar aja sih” kata Fitri sambil bingung

“Iya .Tidak sampai 15 menit deh kan sering 30 menit kok cuma 15 menit ”kata Syara

“Tunggu kayanya ada pengumum tuh!”Kata aku sambil mendengarkan.

 “Assalamu’alaykumwarahmatulahiwabarakatu pengumuman hari ini para murid di pulangkan  lebih cepat dari pada biasanya.Karena ada rapat dewan guru  Wa’alaikumusalamwarahmatulahiwabarakatu” Kata wakil sekolah bu Nisa

“oooohhh” kata kami semua .

“alahamdullilah kita bisa ke toko As-Sidiqq dong” kata aku dengan kegembiraan

“iya..iya..iya…”kata Syara

“Ayo kita pulang ganti baju dan pamitan kepada orang tua kita masing-masing “kata Fitri yang bersemangat .

“oh iya .Kita ngumpulnya di mana ?”kata Syara sambil binggung .

“Di rumah Ana aja.Gimana ?”kata Fitri

“Ide bagus .” kata Syara

“iya iya iya “ kata aku

Kami pun langusung pergi kerumah masing-masing.Dan  berkumpul di rumah ku .

“Sudah semuanya “ kata aku

“Assalamu’alaykum”kata aku mengucapkan salam

“Wa’alaikumusalam”Kata  umiku

 

“Umi habis ini Ana mau ke toko As-sidiqq yah!!!!!!”kata minta ijin kepada umiku

“Iya, pulangnya jangan lama-lama sebelum maghrib ya…”kata umi nasehati aku

“Iya mi”kata aku sambil menuju kamar ingin menganti baju

Beberapa jam kemudian sudah pada ngumpul

“Sudah semuanya “ kata aku

“Sudah” kata Syara   dan  Fitri

“ayo  berangkat “ kata aku

“Ayo” kata Syara   dan  Fitri

“Umi … Ana pergi dulu ya…” kata berpamitan

”Ya umi Syara dan Fitri  juga “ merka pun berpamitan kepada umi ku

“Iya…. Assalamu’alaykum hati-hati jangan lupa baca basmalah”kata umi

“Iya..” kata kami mengucapkan salam

“Wa’alaikumsallam”kata umiku menjawab salamku

Kami pun  berjalan kaki ke depan komplek. Setelah di depan kompelek kami bertemu dengan ka Mustika .ka Mustika adalah orang yang penyayang kepada adek-adeknya , cantik dan solehah .

“Mau kemana” kata ka Mustika

“Mau ke toko As-Sidiqq” kata kami

“Oohh”kata ka Mustika

“Kaka mau kemana ? “ kata aku

“mau ke As-Sidiqq”kata kaka Mustika

“Sama dong !” kata Fitri

“Mau bareng ga????”kata ka Mustika

“boleh “ kata kami Syara

“Ayo itu ada angkot ! cepat – cepat !”kata Syara

“Iya ……” kata aku

Kami pun naik angkot . menuju As-Sidiqq.

“Iiiih supirnya serem tau” kata ka Mustika

“hehehehehheheheheheh” kata aku

Setelah itu kami melewati pasar ahad . Supir itu berhenti supir itu memanggil penumpang . Ketika itu preman naik iiiih aku takut ya udah kami beri deh uang takutttt…

“Kumpulkan uangnya “ kata ka Mustika

“Iya kak “ kata kami

Setelah beberapa menit aku pun sampai di toko As-Sidiqq

“Kiri kiri kiri kiri “ kata ka Mustika

“Ayo,ayo turun “ ka Mustika menyuruh turun

Kami pun melalui penyebrangan jalan.

“Tunggu ni kaka ingatin  jaga barang – barang tas taroh di depan ya “kata  ka Mustika  dengan waspada .

“Iya kak”kata kami

Kami pun menyebrangi jalan.Banyak sekali pengemis minta padahal, aku mau sekali menberi tapi kata om aku jangan beri karena para pengemis itu cuma pura-pura mereka itu Cuma malas saja .

“Allahamdulilah sudah sampai”kata kak Mustika

“Iya kak allahamdulilah kak”kata kami

“Itu kakanya Kavira “ kata kak Mustika memberitahukan kami .

“Ohhh itu”kata Syara

“Itu kaos kaki  Syara ! kan kamu mau beli kaos kaki”kata aku menunjukkan tempatnya.

“Di atas aja lebih banyak kok “kata kak Mustika

“Iya.ayo..”kata Syara

“Itu kaos kaki” kata Syara

“Mba….. ada kaos itu lagi “kata Fitri

“Ada tunggu ya ???”kata emba karyawan itu

“Iya” kata Fitri sambil liat-liat yang lain

“emmm aku mau beli apa ya bingung” kata aku

“Kenapa Ana ?”kata ka mustika kepada ku

“Ana bingung mau beli apa mau semua di beli ka..”kata aku sabil bingung

“oooohhh”kata ka mustika

Akhirnya aku cuma beli kaos tangan doang ……Syara beli kaos kaki. Fitri membeli buku.Dan ka Mustika membeli kerudung.

Setelah memilih-milih saatnya bayar.. jangan tidak lupa bayar ya…….Ketika di luar

“Panas juga ya harinya”kak mustika kepanasan   pun langsung jalan

“Beli minum yoo.. haus…”kata aku

“Ayoo…..”kata Syara

“sudah”kata ka Mustika

“Oh…. aku mau beli roti unyil dulu yah!!!!”kata Fitri

“Jangan lama yahh!!!!!”kata syara

“Iya” kata Fitri

Setelah beli roti unyil kami

“Ayo…. “kata kami

Kami pun ke MALL mau ambil uang ATM .Eh…. kelanjutan ke MALL kami pun jalan –jalan.Kami pun belanja lagi tetapi kami belanja roti saja dan minuman. Setelah beli roti dan minuman,aku dan ka Mustika  pun ke Gramedia kata ka mustika ada yang ingin di beli . Sedangkan Syara dan Fitri ke permainan.

Setelah selesai ke Gramedia kami mencari Syara dan Fitri keliling kami mencarinya sampai-sampai kecapean.Setelah ketemu mereka berdua, kami pun mencari tempat duduk untuk makn roti dan minum ada lagi satu lagi  kami berfoto-fotoan .

“Sholat yooo “ kata ka Mustika sambil mengmbil tasnya

“ayoo”kata aku mau   ngambil tas juga

Aku  dan ka mustika pun mencari mushola .

“Di mana ya mushola terdekat ?”kata ka Mustika ambil bertanya kepada pa satpam MALL

“Di  dekat tempat parkir mobil”kata pa satpam sambil menunjukan arah jalan.

“Ooh makasih “ ka Mustika mengucapkan terima kasih.

“Iya sama-sama” kata pa satpam .

Kami pun  menuju mushola. Kami wudhu dan sholat selesai kami pun pulang.

“Ayo pulang “ kata ka Mustika

“Ayooo “kata kami.

Kami pun keluar dari mol .Dan mencari angkot. Setelah naik angkot lama sekali . Setelah 20 menit di dalam angkot .kami pun behenti di depan komplek kami sedangkan ka Mustika terus.aku pun berjalan kaki kerumah. Sampai di rumah

“Assalamu’alaykum”kata aku mengucapkan salam sambil kelelahan

“Wa’alaikumsallam” umi menjwab salam ku

“Umi Ana kecapean mi”kata aku mengadu kepada umi

“Ya udah mandi sholat as’ar  dan makan setelah itu tidur ya!!!!” kata umi menyarankaku

“Iya mi “aku sambil menuju ke kamar

Aku pun memasuki kamar ku .

“Assalamu’alaykum”kata aku mengucapkan salam

“Ya Allah cape banget hari ini “gumamku dalam hati sambil menghidupkan AC

Saatnya mandi dan aku mengambil pakaian aku ….Selesai aku pun sholat ashar.Setelah itu aku makan.

“Assalamu’alaykum” kata aku meyapa bi Uli

“Walaikumusalam” eh Ana

“Iya bi makanannya masih ada ga?”aku bertanya kepada bi Uli

“Ada, itu sudah bibi siapin di meja makan!!”kata bi Uli

“Makasih yah !! aku mengucapkan terimakasih

Selesai makan aku pun segera  kekamar.Dan aku pun tertidur lelap.Sampai-sampai mau maghrib Ya …… Allah……

Aku pun sholat berjamaah dengan abiku,umiku dan adik-adiku .Setelah selesai sholat aku belajar bahasa arah yaitu shorof . Setelah belajar aku pun sholat Isya.Seesai sholat isya aku makan malam dengan abi,umi dan adik-adikku

“ Ana habis makan langsung wdhhu ,sikat gigi baca do’a dan tidur ya !” kata abiku memperingatkanku.

“Iya bi “ aku pun dengan mata mau tidur

“Assalamu’alaykum “ aku memeberi salam kepada abi , umi dan adik-adiku sebelum

“Wa’alaikumusalam”keluargaku menjawab salamku

Aku pun langsung kekamar mandi untuk wdhu dan sikat gigi.Setelah itu aku mengambil jam weker kesayanganku pemberian pamanku dan  langsung aku tertidur pulas![Saknah Reza Putri, Santriwati Pesantren Media, jenjang 1 SMP]

Catatan: Tugas membuat cerpen di Kelas menulis Kreatif

Komentar Instruktur:

Cerpen yang ditulis Putri (nama panggilan Saknah Reza Putri) masih tergolong pasaran. Namun sudah cukup bagus untuk ukuran penulis pemula dan baru kelas 1 SMP. Penulisan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) juga masih banyak salah tulis. Namun untuk sementara masih ditoleransi. Insya Allah dengan terus-menerus berlatih menulis, karyanya akan lebih bagus lagi di masa mendatang [O. Solihin]

cerpen fiksi santri

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait

  1. author

    lebih semangat lagi anak muslimin, aminn yarabbal allamin …

  2. author
    Ikha6 tahun agoBalas

    🙂
    Teruskan dek yah latihan menulisnya.. agar bisa menghasilkan karya yg lebih bagus lagi!
    sering2 aj bawa2 nama teteh.. hehe

Tinggalkan Balasan ke erwin sosanto Batalkan balasan