Hari-hari Menjelang Lebaran

770 views

Senin, 13-08-2012

 Innalillahi wainnailahi rojiun, tadi maghrib sodara aku yang di jawa telfon, katanya kakek aku meninggal. Tahun ini nenek dari ibu aku meninggal waktu tanggal 15 maret dan sekarang kakek aku dari bapa meninggal. Nyesel banget kakek sakit aku ga sempet ke sanah, sampe meninggalnya pun aku ga ada di sanah. Hehehe…

Padahal sebelum berangat mondok bapak aku ke jawa dulu, tadi nya mau ikut ke jawa tapi aku males soalnya naik kereta ke jawanya. Bapak aku ud ada di jawa aku malah pengen ke sanah. Nyesel banget waktu itu aku ga ikut, coba kalu ikut mungkin itu yang terakhir kalinya aku bisa liat kakek aku.

***

Selasa, 14-08-2012

Jauh-jauh hari buka barang ini sudah di rencanakan akhir nya hari ini datang juga, buka barang teman-teman SMP. Pagi-pagi aku sudah sibuk membeli bahan-bahan untuk buka barang nanti, dari zuhur aku sudah mulai masak dan menyiapkan bumbu-bumbu untuk masak nanti.

Pukul 15.00 teman aku sudah mulai berdatangan, karena masaknnya belum beres akhirnya aku di bantu teman aku masak untuk buka nanti. Karena banyak yang bantu aku jadi bingung sendiri apa yang mau aku kerjain .. ?!!

Waktu Azan maghrib masih lama, teman-teman aku pun belum datang semuah, makannanpun sudah selesai, es buah sedang di buat. Pukul 17.00 teman aku sudah berdatangan, makannan dan minuman sudah ada di meja makan. Sambil menunggu azan maghrib teman aku mengisinya dengan guyonan, cerita-cerita dengan sekolah barunya.

Allahhuakbar …. Allahhuakbar …. Allahuakbar … azan maghrib pun sudah berkumandang, do’a berbuka puasa sudah di pimpin mantan ketua kelas. Dengan rasa lapar dan haus teman-teman aku pun langsung mengambil es buah dan makannan yang tadi sudah di siapkan.

Setelah selesai minum dan makan kami sholat maghrib berjamaah. Setelah selesai kami merasa kekenyangan berkumpullah kami di ruang tamu, sambil menunggu rasa kenyang ini ilang, ade aku membawa petasan jadi pada mainin petasan deh. Satu demi satu teman-teman aku pulang, mereka di suruh orang tua nya ga boleh pulang malam-malam tapi di rumah aku masih banyak yang belum pulang.

Di tengah-tengan kami bermain petasan ada 3 orang teman aku ngilang, di sms katanya lagi ada di rumah nya bentar balik lagi. Lama di tunggu-tunggu , pas datang mereka bawa kado buat aku Karena hari ini kebetulan aku ulang tahun. Matakun pun berkaca-kaca rasanya seneng, teman aku ingat ulang tahun aku.

Pukul 21.00 teman aku pamit pulang, satu demi satu mereka di antar dan ada yang nebeng. Aku juga merasa sudah ngantuk dan cape, mereka pulang aku pun langsung tidur. Heheh.

***

Rabu, 15-08-2012

Bangun pagi-pagi liat ke dapur cucian banyak, rumah belum di beresin. Heuuuuuh liat nya ajah udah malas gimana mau ngerjainnya yah. 🙂

Akhirnya satu satu aku beresin dengan di bantu uwa aku. Hehe

Semalam memang senang-senang tapi sekarang menderita, tapi ga apa-apa deh yang penting barang teman-teman SMP. 🙂

Sampai zuhur pekerjaan baru beres, setelah sholat zuhur aku ke rumah uwa yang tidak jauh dari rumah aku. Azan asar aku pulang untuk sholat abis sholat aku tidur sampe-sampe buka puasa ajah ke lewat, akhirnya aku Cuma minum setelah itu sholat maghrib lalu brangakat traweh deh. Pulang dari teraweh aku ke rumah uwa lagi soalnya di rumah aku ga ada siapa-siapa, ade-ade aku ajah ada di rumah uwa aku. Di rumah uwa aku aku makan rujak, terus makan di sanah deh. Setelah makan aku pulang bawa ade-ade aku.

***

Kamis, 16-08-2012

Hari ini aku buka barang lagi, kali ini Cuma ber tiga aku, Yuli dan Regi. Menunya pecel lele minumnya es kelapa. Tadinya janjian jam 17.00 ekhh pada datang jam 17.30, aku jemput mereka di Gg H. mansyur sola nya kalau jalan dari Gg sampai rumah aku jauh bangat. Ga lama aku nunggu akhirnya mereka datang langsung lah kami beli pecel lele, setelah itu langsung beli es buah. Sampai di rumah ga lama maghrib, langsung deh kamu buka puasa.

Setelah buka puasa dan sholat maghrib teman aku mengajak aku ke Pasar Malam (PM), sebenarnya sih aku malas itu juga aku ud bilang ga mau mereka pada maksa ya udah aku ke sanah. Sampenya di sanah mereka juga merasa BT dan ga ada yang asik ya udah kita pulang lagi.

***

Jum’at, 17-08-2012

Menjelang lebaran di pasar bogor sangat ramai, jalan pun susah untuk melangkah. Di sanah sinih banyak pedagang yang menawarkan dagangannya. Karena ini bulan ramadhan mungkin mereka merasa kelelahan jadi di pasar aku banyak liat orang-orang yang minum dan makan.

Aku pergi ke pasar bogornya bareng uwa ama anaknya uwa biasa aku bilang nya teteh. Di sanah aku cuma nganter uwa ama teteh, aku sih ke sanah ga beli apa-apa hehehe.

***

 

Sabtu, 18-08-2012

Malam ini malam takbiran, gema takbir pun sudah terdengan dari maghrib datang. Terliat banyak motor dan mobil melewati jalannan rumaha aku, petasan kembang api ikut memeriahkan malam ini.

Jalanan macet apa lagi ada Pasar Malam. Di sinih ada 3 tempat pasar malam, di ci bereum, ci manglid ama kebon jati. Ada yang bilang sih ada 5 Pasar Malam. Heuuuuuuh …. Harus banyak uang nih .. hhe

Aku ke pasar malam cuma sekali, waktu ama teman aku ajah. Sekarang mah maen ke Pasar Malam perasaan malas, kaya anak kecil .. hhe

Tapi di pasar malam ada kebut maut, pengennnn banget aku liat. Waktu kecil biasa nya aku liat sama bapa aku, ud beberapa tahun ini ga ada. Ekhh tahun ini ada, pengen liat tapi belum kesampaian sampai sekarang.

***

 

Ahad, 19-08-2012

Alhamdullilah tahun ini aku masih bisa merasakan hari yang fitri ini, aku bangun subuh langsung mandi, sholat subuh terus siap-siap berangkat sholat idul fitri. Aku sholat di tempat dulu aku ngaji, jamaah yang datang pun banyak. Pukul 07.00 sholat pun di mulai, di awali dengan sholat-sholat sunat sholat idul fitri pun di mulai.

Selesai sholat aku dengan jamaah lainnya saling bermaaf-maafan, setelah itu langsung ke rumah uwa aku untuk maaf-maafan juga. Pulang dari rumah uwa, aku dan keluarga aku makan ketupat dan sayurnya. Setelah makan, keluarga aku dan keluarga uwa aku pergi ke rumah nenek yang ada di tegal mannga. Setiap tahun selalu kumpul di rumah nenek aku, namun sekarang terasa kurang karena nenek aku sudah meninggal.

Tidak lama di rumah nenek ibu aku dan kakak-kakaknya pergi berziara ke makam nenek aku, aku pun ikut. Sampai di pemakamman di sanah sudah banyak orang yang berziarah ke makan sanak saudarany.

Pulang berziarah di rumah nenek aku sudah di siapkan makannan, tanpa menunggu lama aku dan saudara-saudara pun langsung menyantapnya. Namun kami tidak makan ketupat dan sayurnya atau pun makannan lebaran lainya melainkan kami makan-makannan khas sunda, seperti sambal, ikan asin dan lalapan nya .

Setelah selesai makan THR pun di bagikan. Heheh

Biasanya yang bagiin THR saudara yang sudah kerja atau yang sudah berkeluarga. Setelah acara selesai keluarga aku dan uwa aku pulang, kami pulang sore sekitan pukul 03 an. [Holifah Tussadiah, santriwati Pesantren Media, Kelas 1 SMA]

Catatan: tulisan ini sebagai tugas menulis diary di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

diary menulis

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait