Filosofi Jam Dinding

811 views

Kenapa baterai jam dinding dilepas saat akan habis ? Awalnya kita pasti berpikir karena memang sudah habis kemudian dilepas dan diganti. Seapatis dan sesederhana itu. Namun, ada makna dibalik hal itu.

Baterai jam dinding disaat kritis akan membuat mesin bekerja di luar batas maksimalnya, supaya jarum jam tetap bergerak ke arah kanan. Jika dibiarkan bisa membuat mesin jam rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Beberapa tanda yang bisa dilihat jika baterai berada dalam keadaan kritis adalah berdetak ke kanan dengan lambat atau berdetak pada posisi yang sama. Seharusnya saat melihat hal ini, pemilik jam segera melepas baterai jam dan menggantinya dengan baterai baru sebelum baterai ‘sekarat’ itu merusak mesin jam dengan perlahan.

Lalu apa filosofinya? Yaitu, jika kita ingin melakukan suatu hal jangan sampai memaksakan diri  karena terlalu fokus pada satu pencapaian atau ambisi, sehingga lupa batas kemampuan kita. Contohnya saja kita sebenarnya hanya sanggup mengangkat beban 1 kg, jangan sampai hanya karena suatu ambisi kita memaksa diri buat mengangkat 75 kg.

Tapi bukan berarti kita tidak mengasah kemampuan kita, kita hanya perlu belajar secara bertahap. Belajar, bekerja, dan berusahalah sesuai kemampuan diri, berambisi itu perlu tetapi tidak dengan mengorbankan ‘mesin utama’ nya setuju?

Chbioka (Zulfa AR kelas 2 SMA)

@Chbioka artikel filosofi karya santri santri media

Penulis: 
    author

    Posting Terkait