Diskusi Aktual: Flat Earth

277 views

ee

Pada tanggal 21 September bertepatan dengan hari Rabu, seperti biasa Pesantren Media mengadakan diskusi mengenai berita terhangat. Kala itu PM mengangkat tema yang berkaitan dengan teori “Flat Earth”. Pada jam 20.00, diskusi dimulai. Sebelum dimulainya diskusi, Ustad Oleh Sholihin memutar sebuah video terkait teori flat earth sebagai refrensi tambahan untuk dibahas di diskusi kali ini.

Pertanyaan;

  1. Abdullah: Klo misalnya bumi itu bulat, mengapa di bumi dibagi bagi seperti, barat, timur, dll?

Jawab:

Fathur: Klo dilihat dari kompas, berbeda beda. Jadi tergantung persepsi.

Fathimah: Pasti kalo bumi itu datar, kutub utara pasti ada. Jadi klo bumi dibagi bagi seperti orang barat dll, emg itu cara pandang orang yang berbeda.

 

  1. Zadia: Gimana cara menjelaskan kapal yang sedang berlayar ke lautan jika sedang berlayar lama kelamaan tidak kelihatan Jika bumi itu flat earth?

Jawab: sudah terjawab oleh video tadi.

  1. Kak Fathimah: Berarti inti bumi itu gk ada? Klo misalnya kita gali terus apa akan tembus ke luar angskasa, Atau di dalam tanah ada kehidupan. Gimana orang yang menjelaskan bumi itu datar??

Jawab: Karena tidak ada yang menjawab pertanyaan ini, Ustad Oleh pun memutarkan video yang berjudul Kok Bisa tentang Flat Earth. Dan pertanyaan ini terjawab sudah oleh video tadi.

  1. Mas Abdullah: Misalkan bumi itu diukur. Jika sudah diukur, meterannya tetap lurus atau melengkung?

Jawab: Ustad Oleh: Mana mungkin ada yang mau mengukur. Bisa saja diukur kalau ada partisipasi dari seluruh rakyat dunia. Dan pengukurnya itupun pasti sulit untuk dicari.

  1. Kak Zulfa: Apakah kisah Neil Amstrong itu nyata, bedasarkan video barusan dijelaskan bahwa tidak ada yang bisa menembus atsmosfer sekalipun nuklir, itu benar atau tidak??

Jawab: Karena tidak ada yang menjawab pertanyaan ini, Ustad Oleh pun memutarkan video yang berjudul Kok Bisa tentang Flat Earth. Dan pertanyaan ini terjawab sudah oleh video tadi.

  1. Amilah: Jadi yang didalam Surat Adz-Dzariyyat ayat 48 tentang bumi itu dihamparkan, itu bagaimana penjelasannya?

Jawab: Karena tidak ada yang menjawab pertanyaan ini juga, Ustad Oleh pun memutarkan video yang berjudul Kok Bisa tentang Flat Earth. Dan pertanyaan ini terjawab sudah oleh video tadi.

 

Kali ini partisipasi santri tidak terlalu banyak karena mungkin tema yang diangkat cukup berat dan santri kurang refrensi. Dan kesimpulan yang didapat adalah bahwa bumi itu bulat dan “ Flat Earth ” itu hanya karena pandangan manusia terbatas dan karena bumi tu sangat luas serta kita para manusia sangatlah kecil. Kesimpulan lainnya juga bahwa orang yang percaya Flat Earth itu hanya di bohongi saja.[M.Fadlan Adzhim kelas 3 jenjang SMP Pesantren Media]

diskusi aktual

Posting Terkait

Tinggalkan pesan