Dilema antara Kuliah atau Kerja

588 views

Guys, tulisan saya kali ini emang agak beda. Ngomongin kuliah atau kerja. Wihh… ini mah pas banget buat kalian yang udah ujian beberapa waktu lalu. Alias anak SMA/SMK. Hasil ujiannya juga udah keluar kan? Wah… selamat ya buat kamu yang lulus. Tiga tahun belajar di SMA/SMK nggak sia-sia. Kalian yang rajin belajar, udah kerja keras ngisi soal UN malah sampe keringat dingin misalnya,  nggak nyontek kanan-kiri, PD sama jawaban yang dianggap bener pasti akan lebih content and happy.  Tapi ingat, kalian harus bersyukur kepada Allah Swt karena semua itu nggak lepas dari kuasa-Nya. Alhamdulillah…

Sebaliknya, buat kalian yang belum/tidak lulus tetep semangat dong. Rasa sedih dan kecewa udah pasti kalian rasakan. Mungkin kali ini kamu gagal. Mungkin usaha kalian belum cukup. Tapi buktikan bahwa tahun berikutnya kamu musti harus end kudu lulus. Kegagalan yang kamu alami saat ini harusnya memotivasi kamu untuk berusaha lebih giat lagi. Lebih rajin belajar lagi. Ready?

Nah, buat yang lulus pasti udah punya rencana dong mau ngapain. Right? Mau kuliah kah, kerja kah atau jangan-jangan mau menikah. Ciyee…

Pastinya udah mulai lirik tempat kuliah atau tempat kerja mana yang cocok dong. Yang pas sama minat kamu. Atau malah udah ada yang nyentol di hati. Atau ada yang masih bingung mau kuliah atau kerja di mana. Istilahnya galau nih. Hmm…

Guys, beruntung buat kalian yang bisa kuliah atau dapet kerja. Walaupun pake uangnya orangtua. Atau malah ada yang pake uang hasil kerja keras sendiri. Salut deh! Tapi Guys, ternyata di luar sana banyak juga loh yang dilema. Kenapa? Mereka mau kuliah, tapi kita tahu kan biaya kuliah sekarang yang melejit banget. Mau di PTN atau PTS nggak beda jauh. Terus mau kerja, tapi nggak punya skill khusus. Jadi bingung mau kerja apa dan di mana. Jadi dilema deh! Padahal waktu UN udah mati-matian ngerjain. Terus gimana ya?

Guys, keadaan ini emang beda banget kan dibandingin kalian yang bisa kuliat atau kerja? Saudara-saudara kita yang lain kesulitan. Nggak kuliah karena nggak punya biaya, terus nyari kerja juga susah, nggak punya skill. Belum lagi kalo surat lamarannya ditolak melulu. Terus gimana nih?

Meski kamu udah lulus sekolah dan nggak ngelanjutin kuliah, tetapi belajar nggak boleh berhenti dong. Pastinya. Belajar nggak harus di sekolah kok. Belajar apa aja yang sekiranya bisa bikin kalian jadi ahli. Misalnya belajar sama orang lain atau baca buku-bukunya orang sukses. Siapa tahu abis baca buku mereka, tentang pengalaman mereka, kalian termotivasi. Jangan pernah ngebayangin kalo belajar itu susah, mahal, harus serius. Nggak juga kok. Sebenernya belajar itu mudah dan murah. Inget, belajar nggak harus di sekolah.

Bagi kalian yang nggak nerusin kuliah atau belum dapet pekerjaan, jangan putus asa. Jangan juga bengong mikirin nasib, misalnya “Aduh, mungkin ini takdir kali ya kalo saya emang nggak bisa kuliah. Lamaran juga ditolak mentah-mentah”. Nah, yang kayak gini jangan dilakuin ya. Udah gitu bengongnya di bawah pohon mangga lagi. Apa hubungannya ya?  ><

Percaya deh, Insya Allah masih banyak kok peluang usaha lain untuk bisa sukses. Kalo surat lamaran kerjanya ditolak melulu, kamu kudu tetep berusaha. Inget, jangan menyerah dan putus asa. Bikin surat lagi kirim lagi. Kalo ditolak ya cari lowongan lagi. Nyari kerja itu emang nggak gampang. Nggak gampang kayak ngebalikin telapak tangan. Pastilah ada ujiannya. Tapi apa pun ujian itu, apa pun kesulitan yang kamu hadepin,  jangan sampe bikin kamu mundur. Bikin kamu takut, nggak PD. Percaya deh, di balik kesulitan itu ada kemudahan. Firman Allah:

94:5

94:6

“Maka sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan. Dan sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan.”

(QS al-Insyirah [94]: 5-6)

Guys, kalo kalian ngerasa kesulitan ketahuilah bahwa Allah akan menggantikannya dengan dua kebaikan (kemudahan).

Selain jangan putus asa, kalian juga harus berdo’a. Barengin setiap usaha dengan do’a. Kenapa? Karena apa pun yang kalian lakukan dan usahakan, sebenernya itu ada dalam kuasa Allah Ta’ala. Dia-lah yang berhak nentuin gimana hasil usaha kita. Sukses atau nggak.

Guys, walaupun nggak kuliah, belum kerja, sebenernya kalian bisa ngelakuin hal-hal lain. Hidup nggak cuma buat kuliah kan? Kalo ada hal lain kenapa nggak? Misalnya, kalian yang tadinya belum punya skill, sekarang coba deh gali. Atau skillnya ada cuma belum optimal, ya asah lagi. Bisa juga loh ikut kursus-kursus. Kursus komputer, masak, jahit dan lain-lain. Atau ikut bisnis sama temen atau saudara yang berwirausaha.

Bisa juga nyoba bikin usaha baru. Nggak mesti pake modal yang gede. Ya, misalnya bikin kerajinan dari barang-barang bekas. Dari botol minuman, plastik bekas bungkus detergen dan lain-lain. Banyak juga loh orang yang sukses karena usaha kerajinan dari barang bekas. Misalnya bikin hiasan lampu dari botol minuman, ada juga tas jing-jing dari bungkus sabun, kopi dan lain-lain. Nah, ini bisa dikembangin jadi usaha. Jual produk  dari barang bekas plus ngurangin sampah. Keren kan?

Atau yang seneng bikin kue, bisa tuh dikembangin. Dibuat usaha. Siapa tahu nanti jadi pengusaha kue yang sukses. Buka cabang di mana-mana. Di tiap kota ada. Atau sampe keluar negeri. Wow! Ya, mungkin contoh-contoh tadi bisa bikin kalian jadi pengusaha baru yang bisa nopang kehidupan keluarga dan para pegawai kalian nanti. Gimana?

Buat yang suka nulis misalnya nulis artikel, novel atau cerpen coba deh kirim naskahnya ke penerbit. Siapa tahu diterima dan tulisan kalian bisa diterbitkan. So, kalian bisa menjadi seorang penulis. Apalagi penulis profesional. So cool!

Nah, Guys, jadi intinya, kalo nggak kuliah atau belum dapet kerja, jangan diem aja. Jangan terlalu larut dalam kegalauan atau dilema. Orang yang galau adalah mereka yang nggak maju dan nggak punya rencana masa depan. Jangan putus asa. Tetap belajar dan barengin setiap usaha dengan do’a. Are you ready? i will support you! Hamasah! ^^

[Siti Muhaira, santriwati kelas 2 jenjang SMA, Pesantren Media]

anak sekolah belajar dilema doa kerja kuliah lulus ujian usaha

Penulis: 
author
Santriwati Pesantren Media, angkatan kedua jenjang SMA. Blog : http://santrilucu.wordpress.com/ Twitter : @az_muhaira email : iraazzahra28@ymail.com Facebook : Muhaira az-Zahra. Lahir di Bogor pada bulan Muharram.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan