Diary; Review Kegiatan Liburan

128 views

Hari/Tanggal   :           Ahad, 31 Januari 2017

Nama              :           Fathimah Nurul Jannah Leboe

Kelas               :           12 (SMA)

 

Liburan tinggal hitungan hari lagi. Untuk diriku yang tidak meninggalkan asrama selama liburan, 12 hari terakhir ini, terhitung dari tanggal 20 Desember 2017, terasa sangat panjang. Setiap harinya aku mencoba untuk menghitung sisa hari libur. Yah, walaupun kalau dipikir-pikir sekarang, agaknya 12 hari kemarin sangat tidak terasa. Loh, jadi bingung, kan.

Agar tidak ‘berjamur’ di asrama karena kekosongan waktu pelajaran, aku tentu saja mencari-cari ruang untuk mengisi hari liburku agar lebih bermanfaat. Jika aku menilai diriku sendiri, aku menganggap bahwa diriku adalah orang yang teratur. Aku terbiasa membuat konsep harianku sendiri. membuat jadwal-jadwal dan mengerjakannya sesukaku. Hehehe.. Apanya yang teratur? Begitu, lah. Sebenarnya bingung juga bagaimana menjelaskannya. Yah, kalian tidak harus mengerti, sih. Hihihi..

Kali ini, aku akan menceritakan apa saja kegiatan-kegiatan yang kulakukan untuk melewati waktu liburan. Siap? Ini dia!

Membersihkan kamar

Bukan artinya kamarku tidak bersih. Tetapi membersihkan kamar setiap pagi membuatku merasa telah memulai pagi hari dengan baik. Setelah melipat selimut dan kasur, kemudian menyimpannya dengan rapi, aku menyapu kamar dan halaman. Aku bahkan menyikat kamar mandi. Aku juga menyusun ulang meja dan buku-buku. Aku bahkan mendekorasi ulang kamar. Sebenarnya kamarku itu milik bersama. Dengan 2 orang teman sekamar. Tetapi karena liburan kali ini aku akan sendiri di kamar, maka aku membuat ruangan yang nyaman untukku.

Membersihkan kamar bagiku terasa lebih menyenangkan ketika liburan. Atau lebih tepatnya ketika sendiri. Kenapa? Aku juga bertanya-tanya kenapa. Mungkin karena ketika hari-hari sekolah, kegiatan pagi cenderung lebih sibuk. Sehingga waktunya sempit untuk membersihkan kamar lebih detil.

Ketika kamarku sudah bersih, rapi, dan nyaman, maka liburanku di asrama pun bisa kumulai tanpa risau. Heh?

Mengerjakan soal matematika

Mengerjakan soal-soal matematika adalah kegiatan yang kulakukan seminggu pertama liburan. Karena setelahnya aku sudah sedikit mual dan merasa harus meliburkan diri sementara dari melihat soal-soal. Tentu saja, aku harus mengejar ketertinggalanku untuk ujian kesetaraan. Dan pelajaran matematika adalah satu yang kuutamakan.

Seminggu pertama, aku terus-menerus membuka-buka buku dan mencorat-coret kertas sampai aku merasa mual. Bahkan ada satu malam setelah aku mengerjakan matematika, aku tidak ingin makan apapun karena mual. Di situlah aku memutuskan untuk meliburkan diri sementara dari matematika.

Membaca komik

Perlu kutekankan, bahwa aku juga membutuhkan penghiburan. Penghiburan utamaku pada liburan ini adalah membaca komik. Aku membaca komik digital di laptop. Komik yang kubaca adalah Detective Conan. Aku terbilang sangat kuat membaca komik sampai berjam-jam. Yang tentu saja karena aku tidak sadar akan jam.

Biasanya, aku menghibur diri dengan menonton film di laptop. Tetapi entah mengapa di liburan kali ini, aku lebih memilih membuka file komikku.

Memainkan musik

Penghiburanku yang lain adalah bermain musik. Aku tidak bisa memainkan keyboard karena keyboard yang tutsnya tidak lengkap. Dan aku tidak nyaman memainkannya. Aku menghabiskan waktuku untuk menjentikkan jariku di gitar dan membunyikan biola. Akhir-akhir ini, aku sangat suka memainkan biola. Apalagi jika moodku sedang bagus. Aku akan mendengarkan beberapa lagu, kemudian kugubah dengan biola. Tentu saja permainan kunikmati sendiri.

Membuat karya visual

Kalau inspirasi sedang datang, aku tidak akan menyia-nyiakannya. Fotografi, tulisan, desain, atau video. Dengan bahan dan peralatan seadanya, aku akan berusaha mengeluarkan hasil dari inspirasi yang datang itu. Alhamdulillah, saat ini aku memiliki alat-alat yang memuaskan. Walau pun bukan peralatan profesional, tetapi aku bisa memanfaatkannya untuk menciptakan karya. Karya-karya biasanya kubagikan di dunia maya.

Pergi ke luar asrama, aku membawa smartphone. Foto-foto pun bisa disimpan. Akhir-akhir ini, aku bersemangat membuat karya-karya video. Aku sedang mempelajari suatu software. Kegiatan ini membuatku lupa akan kebosanan di hari libur.

Waktu bersama Umi

Waktu libur tentu saja kusempatkan untuk menghabiskan waktu bersama Umi. Terkadang, aku datang ke kamar Umi untuk sekedar mengobrol. Umi juga beberapa kali mengajakku untuk pergi berbelanja ke pasar. Tentu saja aku merasa senang. Walau pun pergi berbelanja kebutuhan bersama Umi adalah hal yang sangat sederhana, tetapi itu adalah satu kebahagiaan kecil buatku.

Bermain bersama kucing

Coki adalah teman liburanku. Kerjaannya memang hanya tidur dan meminta makan. Tetapi aku merasa kesepian jika ia tidak ada di kamar. Aku akan mencarinya. Yah, walau pun jarang sekali. Karena Coki selalu terlihat sedang tidur di kamar.

Saking hanya ada Coki yang aku perhatikan di kamar, galeri foto di hpku banyak terlihat foto si Coki. Hihihi..

Liburanku terasa sebentar jika aku melihat kembali ke 12 hari kemarin. Padahal masih banyak yang ingin aku lakukan. Selain mengasah rohani, aku juga perlu menyegarkan jasmani. Selama liburan ini, aku ingin berolahraga. Tetapi aku sepertinya dalam kondisi kurang nyaman untuk itu.

Tentu saja kegiatan-kegiatan wajib tidak pernah kutinggalkan. Aku membiasakan untuk muroja’ah perhari. Sehabis shubuh dan maghrib masing-masing 5 halaman. Sulit sekali ketika tidak ada teman-teman yang sama-sama melakukannya. Karena biasanya ada waktu sendiri yang dijadwalkan pesantren, maka tidak terlalu sulit bagiku. Namun begitu membiasakan diri sendiri. rasanya sulit sekali. Banyak sekali rasa malas yang datang. Semoga Allah SWT memudahkan.

 

[Fathimah NJL, Kelas 3 SMA, Pesantren Media]

@fathimahnjl bogor cerita diary Inspirasi karya santri liburan media menulis perjalanan pesantren pesantren media reportase santri santri media tips tulisan

Penulis: 
author
Santriwati Pesantren Media, angkatan ke-5 jenjang SMA. Sudah terdampar di dunia santri selama hampir 6 tahun. Moto : "Bahagia itu Kita yang Rasa" | Twitter: @FathimahNJL | Facebook: Fathimah Njl | Instagram: fathimahnjl

Posting Terkait