Diary

162 views

MINGGU KE-1

Hari Kamis tanggal 31 Mei adalah hari hari kepulanganku alias jadwal liburan Kenaikan kelas plus jadwal libur puasa ramadhan, hari itu adalah hari yang ditunggu-tunguu oleh para santri karena kita para santri akan kembali pulang ke rumah yang ditinggali orangtuanya. Dan itu adalah sesuatu moment yang paling WAAHH!, aku pulang ke rumah pada hari itu juga ketika sesi pembagian rapor sudah selesai akan tetapi para santri tidak membawa rapornya pulang dikarenakan nilan ujian para santri belum semua dimasukkan kedalam rapor.
Aku pulang pada pukul sekitar jam 7 lewat, dan aku adalah santri ikhwan yang pertama berangkat menuju rumah. Aku menuju ke rumah dengan angkot, ya…meskipun macet aku tetap sabar menunggu bus yang ingin masuk sekolah borces yang penting aku sedang dalam perjalan pulang untuk menemui keluargaku. Setibanya aku di rumah, di rumahku itu sedang tidak ada yang menghuninya alias nggak ada orang. Dan setelah aku mengabari ibuku “aku sudah sampai di rumah” barulah jelas, ternyata ibuku sedang berada di Paud bersama dengan adik-adikku. Kemudian ibuku meminta tolong adikku untuk memberikan kunci kepada aku(Hanan)yang berada dirumah.
Sesudahnya aku masuk ke dalam rumah, aku langsung menuju kamar yang sering aku pakai tidur ketika pulang dan aku langsung tepar dikasur lalu tertidur sampai mau adzan dzuhur. Sesudahnya aku dari mushola aku langsung menyapa teman-temanku lalu bermain dirumah teman saya, sesudah bermain sampai ashar salah satu temanu mengajakku tadarus dimushola. Tetapi aku ngerasa gimana gitu ya…masa tadarusnya udah lama diadain aku baru ikut sekarang. Yaudah deh jadi aku gak ikut tadarus dulu hari besoknya baru ikut tadarus. Keesokan harinya saya pergi ke tukang cukur lalu pulang ke rumah untuk mandi, habis itu aku baru nyusulin ibu aku ke bazar yang berada di masjid al-ikhlas. Dan hari selanjutnya sampai jum’at diisin sama yang gitu-gitu aja (tidur,maen,makan,sholat,ngaji) dan pada hari jum’at sekitar jam setengah duaan Rafi datang kerumahku untuk memberikan charger laptop. Niatnya Rafi habis ashar ingin baik kerumahnya lagi tetapi cuaca lagi tidak bersahabat, ya sudah ibuku menyarankannya untuk menginap sampai besok pagi. Malamnya aku dapat kabar bahwa hari sabtu itu jadwal keluargaku mudik, saya jadwal mudiknya pagi hari. Jadi sebelum aku dan keluargaku berangkat, Rafi lebih dulu berangkat menuju rumahnya. Sehabis Rafi sudah berangkat pulang, tak lama kemudian aku dan keluargaku langsung berangkat menuju kampung halaman.
Kami berangkat pada pukul sekitar setengah tujuh dan kami baru sampai di semarang pada pukul setengah enam kurang dan kami berhenti di masjid jami’ baiturrahman simpang lima semarang untuk berbuka puasa, sholat, dan istirahat. Rencananya kami ingin langsung menuju Sidoarjo tetapi orangtuaku lebih memilih untuk berhenti dulu di blora (rumah orangtua dari ayah), ya sudah kami melanjutkan perjalanan dipagi hari dari semarang ke blora terlebih dahulu. Dan kami sampai blora pada malam hari sekitar jam sembilan lewat. Lalu kami langsung bersalaman dengan mbah yang ada disana kemudian mandi lalu tidur. Besoknya aku hanya melakukan kegiatan yang sama seperti dirumah sampai waktu berbuka puasa, dan besok paginya kami berangkat menuju Sidoarjo karena sudah direncanakan untuk sholat ied di Sidoarjo. Akan tetapi kami mampir terlebih dahulu kerumah pakdeku yang berada di Gresik sampai habis ashar, Lalu habis melaksakan sholat ashar kami langsung berangkat lagi menuju Sidoarjo dan perjalanannya lumayan cepat, jadi kami sampai di Sidoarjo sekitar jam lima. Kemudian kami berjabat tangan dengan mbah, lalu menaruh-naruh barang dikamar, mandi, dan dilanjut dengan beristirahat sampai menjelang berbuka.
MINGGU KE-2
Di minggu kedua ini, aku hanya melakukan hal-hal yang biasanya aku lakukan dirumah setiap hari dan di minggu ke-2 ini aku memperbanyak membaca qur’an dengan alasan ingin mengkhatamkan qur’an di bulan Ramadhan tahun ini. Yaaa…di minggu ke-2 ini aku tidak bisa menuliskan kegiatanku di Sidoarjo dikarenakan mmm…yaa Cuma gitu-gitu adjah tidur-sahur-mandi-sholat-makan-main-ngaji-mandi lagi-tidur lagi-buka puasa. Udah. Gitu-gitu aja sampai hari Raya Idul Fitri, nah begitu sudah selesai sholat ied kami pun kembali rumah mbah untuk makan dan ketika sedang makan tetangga-tetangga mbahku banyak berdatangan dengan tujuan silahturahmi dan mengucapkan mohon maaf lahir batin. Tak lama kemudian kami berangkat lagi menuju Blora jawa tengah sebelum itu kami berpamitan, berpelukan, dan berfoto bersama. Sehabis itu baru deh kami berangkat menuju Blora, dan kami sampai di Blora pada malam hari nah…disitu ternyata sudah ada saudara yang datang ke rumah mbah, jadi ada temen deh :v.
Hari sabtu di Blora aku isi dengan bermain bersama saudara dan mengerjakan tugas, pada siang harinya aku dan saudaraku merasa lapar jadi saudaraku mengajakku beli makanan di alun-alun Blora dan akhirnya kami berdua hanya dapat membeli 2 mie indomie jumbon + pop ice sachetan karena buanyak jajanan yang harganya tidak bersahabat sekali. Kemudian sehabis beli makanan langsung deh kami masak mienya dan kami seduh pop ice lalu makan dengan selahap-lahapnya.
Hari sabtu pun sudah kulewati, berganti hari minggu yang aku isi dengan hal yang sama dengan hari sebelumnya ditambah menunggu saudara yang dari Gresik datang kemari yang ujung-ujungnya datang pada malam hari sekitar jam 23.00 lewat. Dan besoknya aku melakukan kegiatan yang sama juga tetapi pada hari senin itu pakdeku mengajak jalan-jalan ke waduk ntah dimana, tetapi aku, 2 sepupu, dan ibuku saja yang ikut. Pada saat mereka ke waduk aku dan salah satu sepupuku mengisi waktunya dengan NOBAR (nonton bareng) dan waktu berjalan dengan sangat cepat rasanya baru jam setengah 2 siang eeh malah sudah terdengar suara adzan ashar. Sesudahnya sholat ashar dirumah, tak lama kemudian yang tadi berangkat jalan-jalan pun sudah tiba, dan setelah itu banyak deh yang ikut NOBAR.
Dan pada malam nantinya adalah jadwal kepulangan aku dan keluargaku kembali ke Bogor hadeuh,,,gimana gitu rasanya udah mau balik ke Bogor aja rasa gak siap apa lagi balik ke Pesantren, memang waktu itu berjalan sangat-sangat cepat dan tidak bisa diulang atau diberhentikan. Ya sudah deh aku ikut aja apa kata orangtuaku nanti malam habis isya siap-siap pulang ke Bogor.
Sesudah lama bersiap-siap akhir kami berpamitan dengan saudara-saudara yang ada disana dan juga berpamitan dengan mbah tentunya, setelah kami semua berpamitan dengan saudara-saudara dan mbah ami pun pun langsung berangat dengan tujuan Bogor. Kali ini ada salah satu saudaraku yang ikut ke rumah, saudaraku yang seumuran dengan adik ke-2.
MINGGU KE-3
Dan singkat cerita kami sampai di rumah besok sorenya pada hari selasa pukul 15.30 sekitar itulah, setelah sampai kemudian aku membantu ayahku menurunkan barang-barang yang teah dibawa selama mudik dan dilanjut dengan mandi. Sehabis mandi kami semua persiapan sholat maghrib alias menunggu adzan maghribnya, kemudian setelah sholat kami lanjut dengan makan lalu sehabis makan seperti biasa menunggu waktu sholat isya dengan tilawah dan muroja’ah al-quran. Kegiatanku mulai sama seperti biasanya,tidur>bangun>sholat>makan>main>mengerjakan tugas>sholat>tidur>bangun>sholat daaan seterusnya sampai pada MINGGU KE-4 kegiatan yangku lakukan hanya seperti itu saja. Sampai disini saja diary yang saya ketik untuk tugas.

Penulis: 
    author
    Santri kelas 2 jenjang SMP (masuk tahun 2016).

    Posting Terkait